CARA MEMBUAT APLIKASI AKUNTANSI DI EXCEL

Excel merupakan salah satu program komputer yang paling banyak digunakan di dunia bisnis, khususnya dalam bidang akuntansi. Dengan Excel, programer dan akuntan dapat membangun aplikasi akuntansi yang dapat membantu mereka dalam mengelola keuangan. Di sini saya akan membahas beberapa cara untuk membuat aplikasi akuntansi secara detail dengan Excel 2007.

Membuat Aplikasi Akuntansi Dengan Excel 2007

Pertama-tama, Anda perlu menentukan tujuan dari aplikasi akuntansi yang Anda ingin buat. Anda harus memahami bagaimana cara mengelola keuangan dengan Excel, sehingga Anda dapat membuat alur kerja yang terorganisir dan efisien. Untuk membuat aplikasi akuntansi dengan Excel 2007, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buatlah daftar akun yang akan digunakan untuk pencatatan keuangan. Anda dapat membuat daftar akun dengan mengklik “Insert” lalu pilih “Table”. Dalam tabel tersebut, pilih kolom “Account Name” dan “Account Number”. Isi kolom “Account Name” dengan nama akun seperti kas, Bank atau piutang. Isi kolom “Account Number” dengan kode akun.
  2. Buatlah laporan keuangan seperti laporan laba rugi, neraca dan laporan arus kas. Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mengklik “Insert” lalu pilih “Chart”. Pilih jenis tampilan grafik yang Anda inginkan, misalnya, grafik garis.
  3. Tentukan jenis transaksi yang akan Anda buat untuk pencatatan keuangan, misalnya, transaksi penjualan atau pembelian. Anda dapat membuat transaksi dengan mengklik “Insert” lalu pilih “Form”. Dalam form tersebut, pilih kolom “Transaction Date”, “Account Name”, “Amount” dan “Memo”. Isi kolom tersebut dengan data yang diperlukan.
  4. Gunakan function SUM untuk membuat total pendapatan dan biaya. Anda dapat menggunakan function SUM pada cell yang berisi nilai pendapatan atau biaya. Function SUM akan menjumlahkan nilai dari kolom tersebut.
  5. Ciptakanlah format yang user-friendly. Format yang mudah dipahami oleh pengguna akan membuat pengguna lebih mudah dalam mengoperasikan aplikasi tersebut. Anda dapat menggunakan warna-warna yang menarik dan mudah dibaca pada setiap cell yang Anda buat.
  6. Tambahkan formula untuk menghitung total saldo bisnis. Anda dapat menggunakan formula di Excel untuk menghitung jumlah saldo bisnis, misalnya, =SUM(A2:A10)-SUM(B2:B9). Formula tersebut akan menghasilkan nilai saldo.

Cara Membuat Pilihan di Excel dengan Mudah

Cara membuat pilihan di Excel dapat membantu pengguna untuk memilih data yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat. Oleh karena itu, Anda perlu memahami proses tersebut agar dapat membuat aplikasi Excel yang efisien dan mudah digunakan. Berikut adalah cara mudah untuk membuat pilihan di Excel:

  1. Buka dokumen Excel dan buatlah tabel. Tabel tersebut harus memuat data yang ingin Anda pilih.
  2. Pilih sel di mana pilihan akan di masukkan. Setelah itu, klik pada ribbon Excel, kemudian pilih “Data Validation”.
  3. Pilih jenis pilihan yang ingin Anda buat. Untuk memilih data dari tabel, pilih “List” pada menu “Allow”.
  4. Isi kolom “Source” dengan referensi tabel. Refrensi tersebut harus merujuk pada tabel yang telah Anda buat sebelumnya.
  5. Setelah semua data telah dimasukkan, Anda dapat mengeklik OK dan pilihan akan muncul pada sel yang telah Anda pilih sebelumnya. Anda dapat memilih data yang Anda butuhkan dengan mudah dan cepat.

Cara Membuat Daftar Pilihan di Excel

Daftar pilihan di Excel sangat berguna untuk mengurangi kesalahan data pengguna. Dengan daftar pilihan, pengguna hanya dapat memilih data yang telah ditentukan, sehingga data yang dimasukkan akan tepat dan akurat. Berikut adalah cara mudah untuk membuat daftar pilihan di Excel:

  1. Buatlah tabel dengan kolom-kolom yang dibutuhkan dalam aplikasi Excel yang ingin Anda buat.
  2. Pada cell pertama di kolom yang diinginkan, ketik data penggunaan yang akan ditampilkan dalam daftar pilihan.
  3. Klik pada cell yang telah Anda beri nama dan pilih seluruh isinya. Setelah itu, tekan tombol “CTRL+C” untuk menyalin data tersebut.
  4. Pada Excel, pilih cell yang akan ditampilkan daftar pilihan. Kemudian, klik pada menu “Data”, pilih “Data Validation” dan pilih jenis pilihan “List”.
  5. Dalam “source”, klik pada sel pertama di atas kolom Anda, lalu tekan tombol “CTRL+V” untuk menempelkan data tersebut. Pastikan untuk menambahkan tanda dolar pada sisi kolom dan baris sehingga formula akan terus bekerja ketika digunakan dalam sel yang berbeda.
  6. Setelah semua data telah dimasukkan, Anda dapat mengeklik OK dan daftar pilihan akan muncul pada cell yang telah Anda pilih sebelumnya. Anda dapat memilih data yang Anda butuhkan dengan mudah dan cepat.
Baca Juga :  Cara Menghitung Jumlah Kelompok Umur Di Excel

FAQ

1. Apa keuntungan membuat Aplikasi Akuntansi dengan Excel?

Membuat aplikasi akuntansi dengan Excel memungkinkan Anda untuk mengelola keuangan bisnis secara lebih efektif dan efisien. Excel menyediakan berbagai alat yang dapat membantu Anda menghitung, menetapkan anggaran, dan melacak pengeluaran. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi Excel, bisnis Anda dapat menghemat waktu dan uang serta meningkatkan efisiensi.

2. Apakah Excel mudah digunakan untuk membuat Aplikasi Akuntansi?

Meskipun Excel menawarkan banyak fitur dan perangkat yang terkadang membingungkan dan memakan banyak waktu, tetapi menggunakan Excel untuk membuat aplikasi akuntansi cukup mudah. Anda perlu memiliki pengetahuan tentang pengelolaan keuangan dan pemrograman di Excel, tetapi setelah itu, Anda dapat membuat aplikasi akuntansi yang efisien dengan mudah.

Video Cara Membuat Aplikasi Excel Akuntansi Secara Detail Seri 1 – Daftar Akun