Cara Membuat Angka Derajat Pada Excel

Pengetahuan dalam menggunakan perangkat lunak seperti Microsoft Excel atau Word menjadi penting dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari terutama pada bidang administrasi, keuangan, atau akuntansi.

Salah satu keahlian yang dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam menggunakan kedua perangkat tersebut adalah bagaimana cara membuat simbol derajat dan menampilkan angka di tengah kolom pada Excel atau Word. Kedua teknik ini sangat berguna terutama ketika bekerja dengan data suhu atau angka, sehingga Anda dapat menyajikan informasi dengan lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Cara Membuat Simbol Derajat di Excel atau Word

Simbol derajat (°) umumnya digunakan untuk menunjukkan suhu dalam satuan Celsius atau Fahrenheit. Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membuat simbol derajat di Excel atau Word:

  1. Pastikan kursor berada pada tempat di mana Anda ingin menambahkan simbol derajat
  2. Tekan tombol ALT dan ketik angka 0176 pada numpad (numpad harus aktif)
  3. Simbol derajat akan muncul pada kursor Anda

Anda juga dapat menggunakan simbol derajat dalam formula Excel dengan cara mengetik “=” dan memasukkan rumus matematika, misalnya: =2*PI()*A2/360, di mana A2 adalah sel yang berisi nilai sudut dalam derajat.

Jika Anda tidak memiliki numpad pada keyboard Anda, maka Anda dapat menggunakan menu simbol di Excel atau Word:

  1. Klik pada Insert tab di menu ribbon
  2. Pilih Simbol di grup Simbol
  3. Pilih Simbol Derajat pada daftar simbol
  4. Klik OK

Cara Menampilkan Angka di Tengah Kolom pada Excel atau Word

Mungkin Anda pernah mengalami kebingungan dalam menampilkan angka di tengah kolom Excel atau Word, terutama ketika Anda ingin membuat tabel atau laporan keuangan. Berikut ini adalah cara mudah untuk menampilkan angka di tengah kolom:

  1. Pilih sel atau kolom di mana angka akan ditampilkan
  2. Klik kanan dan pilih Format Cells
  3. Pilih tab Alignment
  4. Pilih Center pada Horizontal da Vertical alignment
  5. Klik OK

Maka angka Anda akan ditampilkan di tengah kolom dengan rata kiri dan kanan. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan simbol mata uang atau persentase pada angka tersebut dengan memilih kategori Number pada menu Format Cells.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa itu simbol derajat dalam Microsoft Excel atau Word?

Simbol derajat (°) digunakan untuk menunjukkan suhu dalam satuan Celsius atau Fahrenheit. Simbol ini dapat digunakan dalam formula Excel untuk menghitung sudut dalam radian atau dalam pengolahan data suhu dalam sebuah dokumen Word.

2. Mengapa penting untuk menampilkan angka di tengah kolom pada Excel atau Word?

Menampilkan angka di tengah kolom sangat penting terutama ketika membuat tabel atau laporan keuangan. Dengan menampilkan angka di tengah kolom, tabel atau laporan yang dihasilkan akan lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca. Selain itu, menampilkan angka di tengah kolom juga membuat tampilan dokumen lebih estetis dan profesional.

Baca Juga :  Cara Membuat Jadwal Harian Terukur Excel

Video Tutorial: Cara membuat Simbol Derajat di Excel dan Word