CARA MEMBUAT AKUNTANSI DI EXCEL

Apakah Anda pernah merasa kesulitan dalam membuat laporan keuangan? Tentu saja, banyak orang yang mengalami hal yang sama. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir lagi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat laporan keuangan menggunakan Excel. Dengan menggunakan Excel, Anda dapat membuat laporan keuangan secara efisien dan menyeluruh. Selain itu, Excel juga memiliki berbagai fitur yang dapat membantu Anda dalam menyusun laporan keuangan.

Gambar 1

CARA MEMBUAT AKUNTANSI DI EXCEL

Gambar 1: Aplikasi Excel Akuntansi

Sebelum kita mulai, pastikan bahwa Anda memiliki Microsoft Excel yang telah terinstall di komputer Anda. Jika belum, Anda dapat melakukan unduh pada situs Microsoft.

Gambar 2

Jurnal Umum Tabel Akuntansi Dasar

Gambar 2: Jurnal Umum Tabel Akuntansi Dasar

Selanjutnya, kita akan membahas tentang langkah-langkah membuat laporan keuangan menggunakan Excel:

Langkah 1: Buatlah daftar akun untuk perusahaan Anda

Membuat daftar akun adalah langkah pertama dalam menyusun laporan keuangan. Daftar akun mencakup daftar semua akun-akun yang digunakan oleh perusahaan Anda. Ini termasuk biaya, piutang, hutang, dan lain sebagainya.

Cara membuat daftar akun :

  1. Buatlah daftar dari semua jenis akun yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda.
  2. Buatlah kode untuk setiap jenis akun. Kode tersebut akan membantu Anda dalam mengorganisasi dan memetakan akun ke dalam kategori tertentu.
  3. Tuliskan nama akun dan kode akun pada kolom yang tersedia.

Untuk melihat cara pembuatan daftar akun secara detail, Anda dapat melihat tutorial pada Gambar 1.

Gambar 3

Cara membuat laporan neraca

Gambar 3: Cara membuat laporan neraca

Langkah 2: Buatlah laporan neraca

Laporan neraca adalah informasi akuntansi yang menyajikan posisi keuangan dari perusahaan pada suatu titik waktu tertentu. Laporan neraca berisi dua sisi, yaitu aset dan kewajiban.

Cara membuat laporan neraca :

  1. Masukkan seluruh data keuangan perusahaan Anda ke dalam Microsoft Excel.
  2. Kemudian, buat tabel neraca dengan meletakkan aset di sebelah kiri dan kewajiban di sebelah kanan.
  3. Isi tabel dengan data keuangan perusahaan Anda dan hitung total aset dan total kewajiban.
  4. Setelah itu, hitung selisih antara total aset dan total kewajiban. Jika hasilnya positif, artinya perusahaan Anda memiliki kelebihan aset. Namun, jika hasilnya negatif, artinya perusahaan Anda memiliki kewajiban yang lebih besar dari pada aset.

Anda dapat melihat tutorial pada Gambar 3 untuk lebih jelasnya cara membuat laporan neraca.

Gambar 4

Aplikasi Laporan Keuangan Excel

Gambar 4: Aplikasi Laporan Keuangan Excel

Langkah 3: Buatlah laporan arus kas

Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang memberikan informasi tentang arus masuk dan keluar kas pada perusahaan Anda selama suatu periode waktu tertentu.

Cara membuat laporan arus kas :

  1. Buatlah tabel dengan tiga kolom: arus kas dari operasi, arus kas dari investasi, dan arus kas dari pendanaan.
  2. Isi tabel dengan semua data keuangan perusahaan Anda dan hitung total arus kas untuk setiap kolom.
  3. Tentukan apakah arus kas perusahaan Anda positif atau negatif.
  4. Terakhir, letakkan arus kas perusahaan Anda dalam konteks yang lebih besar. Evaluasi laporan keuangan selama beberapa periode untuk melihat tren arus kas dan bagaimana perusahaan Anda mengelolanya.

Anda dapat melihat tutorial pada Gambar 4 untuk lebih jelasnya cara membuat laporan arus kas.

Setelah melakukan ketiga langkah tersebut, Anda sudah dapat menyusun laporan keuangan dengan menggunakan Excel. Namun, masih banyak fitur Excel yang bisa membantu Anda dalam mengoptimalkan laporan keuangan perusahaan. Di bawah ini adalah dua pertanyaan seputar penggunaan Excel dalam menyusun laporan keuangan:

Baca Juga :  cara membuat link di excel antar cell Majalah tren

FAQ

Pertanyaan 1: Apa saja fitur Excel yang dapat membantu dalam menyusun laporan keuangan?

Jawaban: Excel memiliki berbagai fitur yang dapat membantu Anda dalam menyusun laporan keuangan, seperti:

  • Pivot Table: Fitur ini memungkinkan Anda untuk menganalisis data dalam berbagai cara. Anda dapat menggunakan pivot table untuk menyajikan informasi keuangan yang spesifik dan membuat laporan keuangan yang lebih mudah dibaca dan dipahami.
  • Conditional Formatting: Fitur ini memungkinkan Anda untuk menonjolkan data yang penting dalam tabel Anda. Dengan menggunakan conditional formatting, Anda dapat membuat tabel keuangan yang lebih menarik dan mudah untuk dipahami.
  • Charts dan Graphs: Excel memiliki berbagai jenis chart dan graph yang dapat Anda gunakan untuk menyajikan data keuangan Anda secara visual. Dengan menggunakan chart dan graph, Anda dapat membantu audiens untuk lebih mudah memahami laporan keuangan Anda.

Pertanyaan 2: Apakah ada tutorial video tentang penyusunan laporan keuangan menggunakan Excel?

Jawaban: Ya, ada banyak tutorial video di YouTube yang membahas cara membuat laporan keuangan menggunakan Excel. Salah satu contohnya dapat ditemukan pada Gambar 1 yang membahas pembuatan aplikasi Excel akuntansi.

Dengan panduan lengkap dan fitur-fitur Excel yang sangat membantu dalam menyusun laporan keuangan, Anda dapat membuat laporan keuangan perusahaan Anda dengan mudah dan efisien. Ingatlah untuk selalu melakukan evaluasi laporan keuangan secara berkala untuk memastikan bahwa perusahaan Anda tetap berada pada jalur yang benar.