CARA MEMBERI PASSWORD DI FILE EXCEL

Melindungi File Excel dari Akses Tidak Sah dengan Password

File Excel yang berisikan informasi penting atau rahasia kerap menjadi target sasaran dan dapat diambil oleh orang yang tidak berwenang. Nah untuk menghindari akses tidak sah pada file tersebut, maka satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan memasukkan password. Lalu, bagaimana cara memberi password pada file Excel 2007? Berikut adalah langkah-langkahnya.

Langkah-langkah Memberi Password Pada File Excel

Berikut adalah cara mudah untuk memberikan password pada file Excel Anda:

1. Buka File Excel yang Ingin Diberi Password

Pertama, tentu saja buka terlebih dahulu file Excel yang ingin diberi password.

2. Klik Office Button

Setelah itu, pilih menu “Office Button” yang terletak di pojok kiri atas lembar kerja Excel.

CARA MEMBERI PASSWORD DI FILE EXCEL

3. Klik “Prepare”

Selanjutnya, pilih menu “Prepare” dan klik opsi “Encrypt Document”.

Prepare

4. Masukkan Password Baru

Memberikan password pada file excel akan menuliskan password secara otomatis oleh excel. Masukkan password baru yang ingin Anda gunakan kemudian klik OK.

5. Konfirmasi Password

Kemudian, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi password. Ketik ulang password yang telah Anda buat sebelumnya kemudian klik OK. Terakhir, klik tombol Save agar setiap kali file dibuka, akan meminta password untuk diakses.

Konfirmasi Password

Cara Meningkatkan Keamanan File Excel

Tidak hanya memberikan password pada file Excel saja, ada beberapa cara lain untuk meningkatkan keamanan file Excel. Berikut adalah beberapa cara tersebut.

1. Buatlah Password yang Kuat

Usahakan untuk selalu menggunakan password yang kuat dan susah ditebak, terutama jika file Excel anda memuat informasi yang amat penting. Sebaiknya password terdiri dari gabungan huruf besar-kecil, angka dan simbol khusus.

2. Batasi Akses pada Orang-orang yang Dapat Mengakses File

Anda dapat membatasi akses pada orang-orang tertentu saja pada file Excel yang memuat informasi resmi perusahaan. Caranya adalah cukup dengan membagikan file Excel secara spesifik pada orang yang Anda izinkan saja menggunakan opsi “Share Workbook”.

3. Hapus Metadata

Metadata adalah detail atau informasi lain yang tersimpan pada file Excel, namun tidak kelihatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghapus metadata dari file Excel secara teratur untuk mencegah informasi rahasia Anda tersebar. Untuk melakukan hal ini, buka file > Office Button > Prepare > Inspect Document dan pastikan metadata sudah dihapus.

FAQ

1. Apa yang Dilakukan Jika Password File Excel Lupa?

Jika Anda lupa password dari file Excel, maka Anda tidak bisa mengakses file tersebut lagi. Ada beberapa cara untuk mengembalikan password file Excel yang lupa, salah satunya adalah dengan menghubungi vendor Microsoft Excel tersebut.

Baca Juga :  Cara Membuat Angka Berpangkat Pada Excel

2. Apakah Seseorang Dapat Membuka File Excel tanpa Password?

Pada umumnya, Orang tidak dapat membuka file Excel yang telh dilindungi dengan password. Namun, ada beberapa teknik yang biasa digunakan untuk melakukan hal ini, misalnya dengan menggunakan software yang dapat membuka/membaca file Excel yang diberi password.

Video Tutorial Memberikan Password Pada File Excel

Berikut adalah video tutorial yang dapat Anda lihat untuk memberikan password pada file Excel yang Anda miliki.