CARA MEMASUKKAN DATA SECARA OTOMATIS DI EXCEL

Excel merupakan salah satu software yang sangat berguna bagi pekerja kantor dan mahasiswa. Keberadaannya sangat membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas yang terkait dengan pengolahan data. Salah satu tantangan dalam pengolahan data adalah menginput data secara otomatis. Hal itu sangatlah penting mengingat data yang diolah bisa saja sangat banyak dan memakan waktu apabila dilakukan secara manual. Nah, kali ini kita akan membahas cara untuk meng-input data otomatis di Excel menggunakan beberapa cara yang berbeda.

Cara Memasukkan Data Secara Otomatis di Excel dengan Input Form

Cara pertama yang akan kita bahas adalah dengan menggunakan input form pada Excel. Input form ini berguna untuk memudahkan proses penginputan data pada Excel. Proses penginputan tersebut akan lebih cepat dan efisien. Nah, untuk menggunakan input form ini, kita bisa mengikuti beberapa tahap berikut:

  1. Buka Excel pada komputer atau laptop mu. Kemudian buka halaman Excel yang akan digunakan untuk pengolahan data.
  2. Pertama, kita harus membuat form terlebih dahulu. Untuk itu, klik Developer tab pada tool bar Excell. Apabila Developer tab belum muncul, kamu bisa mengaktifkannya pada Excel options > Customize Ribbon.
  3. Setelah Developer tab muncul, klik icon Insert, dan pilih Form untuk membuat form.
  4. Pada bagian Create Form, klik Add untuk menambahkan data field ke dalam form. Isi nama field yang ingin di input data dan klik OK.
  5. Silahkan tambahkan field kolom data yang ingin di input data pada form tersebut.
  6. Setelah field-data telah ditambahkan pada form, klik close untuk menyelesaikan pembuatan form.
  7. Sekarang, kamu sudah berhasil membuat form di Excel. Selanjutnya, kamu bisa langsung menggunakan form tersebut untuk menginputkan data yang diinginkan.
Baca Juga :  CARA EDIT FILE EXCEL DI DROPBOX

Cara Membuat Hari Otomatis di Excel dengan Rumus

Setelah memahami cara membuat input form pada Excel, kali ini kita akan membahas cara membuat hari otomatis di Excel. Untuk itu, kita akan mengolahnya dengan cara menggunakan rumus pada Excel. Nah, untuk melakukan hal itu, ikutilah langkah-langkah berikut:

  1. Buka Excel pada komputer atau laptop mu. Kemudian buka halaman Excel yang akan digunakan untuk pengolahan data.
  2. Kemudian, kita harus membuat kolom untuk menampilkan hari. Untuk itu, silahkan klik kanan pada kolom ekstra, kemudian pilih Insert. Lalu, pilih kolom yang berisi daftar tanggal.
  3. Setelah itu, silahkan klik kanan pada sel pertama kolom yang baru, dan pilih Format Cells.
  4. Pada format cells, pilih kategori Custom, Kemudian pada Type, silahkan ketikkan “dddd” .
  5. Sekarang, setiap kali kamu mengetikkan tanggal pada kolom pertama data sheet, Excel akan menampilkan nama hari pada kolom yang baru itu.

Cara Membuat Timestamp Input Data Otomatis di Excel dengan VBA

Cara terakhir yang akan kita bahas adalah menggunakan VBA atau Visual Basic Application. VBA berguna untuk memudahkan proses pengolahan data pada Excel dan terkadang memiliki step-by-step yang sangat membantu pengguna. Nah, untuk membuat Timestamp Input Data Otomatis, ikuti tahapan berikut:

  1. Buka Excel pada komputer atau laptop mu. Kemudian buka halaman Excel yang akan digunakan untuk pengolahan data.
  2. Selanjutnya, silahkan klik Developer pada toolbar di Excel. Lalu pilih View Code.
  3. Sekarang, akan muncul sebuah form coding yang akan membantu kita membuat VBA di Excel.
  4. Silahkan copy paste coding berikut-
  5. Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)

    If Not Application.Intersect(Range(“A1:Z999”), Target) Is Nothing Then

    Application.EnableEvents = False

    Target.Offset(0, 1).Value = Now()

    Application.EnableEvents = True

    End If

    End Sub

  6. Sekarang, VBA telah berhasil dibuat pada Worksheet pada Excel yang digunakan.
  7. Selanjutnya kamu bisa mencoba untuk mengetikkan data pada Excel, dan lihat pada kolom di samping sel-data tersebut, akan ditampilkan Timestamp otomatis.
Baca Juga :  CARA MEMASUKKAN FILE PDF KE EXCEL

FAQ (Frequently Asked Question)

1. Apa itu Excel?

Excel adalah sebuah software pengolah dokumen yang biasa digunakan untuk mengolah data-data dalam jumlah yang besar. Microsoft Excel adalah software yang sangat populer digunakan terutama oleh perusahaan-perusahaan yang bergelut di bidang keuangan, perbankan, dan lainnya.

2. Apa saja kegunaan dari Excel?

Excel sangat berguna dalam pengolahan data karena Excel memungkinkan pengguna untuk mengatur data dalam sebuah tabel atau lembar kerja. Selain hal tersebut, kegunaan dari Excel yakni bisa digunakan sebagai metoda pengambilan keputusan, analisa data, perhitungan matematika, dan bisa digunakan sebagai alat visualisasi data.

Demikianlah beberapa cara untuk meng-input data otomatis di Excel. Dengan mengetahui cara-cara tersebut, proses pengolahan data yang memakan waktu akan berjalan dengan lebih mudah dan efisien. Selain itu, kelebihan dari Excel adalah adanya plugin-plugin yang dapat membantu proses pengolahan data. Sehingga, Excel dapat menjadi software yang sangat berguna bagi semua orang.