CARA MEMASUKAN FILE DALAM EXCEL

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara memasukan file Excel ke dalam berbagai platform, seperti PDF, Word, PowerPoint, dan Blog. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memasukan file Excel ke dalam platform tersebut. Beberapa cara tersebut dapat dilakukan secara online, offline, atau dengan menggunakan aplikasi khusus.

Cara Convert Excel ke PDF Online / Offline / Android

Salah satu cara yang paling umum dilakukan untuk memasukan file Excel ke dalam berbagai platform adalah dengan mengubahnya menjadi file PDF. Mengubah file Excel menjadi PDF dapat dilakukan dengan beberapa cara, baik secara online dengan menggunakan situs web khusus atau langsung melalui program Microsoft Excel.

Cara Convert Excel ke PDF Online

Untuk mengubah file Excel ke PDF secara online, Anda dapat menggunakan situs web seperti SmallPDF atau Adobe PDF Online. Anda hanya perlu mengupload file Excel yang ingin diubah menjadi PDF dan mengikuti instruksi yang diberikan. Setelah itu, Anda dapat mengunduh file PDF yang telah terbentuk.

Cara Convert Excel ke PDF Offline

Jika Anda tidak ingin menggunakan layanan online, Anda dapat menggunakan program Microsoft Excel untuk mengubah file Excel menjadi PDF. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka file Excel yang ingin diubah, kemudian pilih “File” > “Export” > “Create PDF/XPS document”. Setelah itu, pilih lokasi penyimpanan dan nama file untuk file PDF yang baru, lalu tekan “Publish”.

Cara Convert Excel ke PDF dengan Aplikasi Android

Jika Anda menggunakan smartphone atau tablet Android, Anda dapat mengubah file Excel menjadi PDF dengan aplikasi khusus seperti “OfficeSuite” atau “WPS Office”. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut dan mengupload file Excel yang ingin diubah. Kemudian pilih “Export” > “PDF”, dan pilih lokasi penyimpanan untuk file PDF yang baru.

Cara Memasukan File Excel ke dalam Microsoft Word

Selain mengubah file Excel menjadi PDF, Anda juga dapat memasukan file Excel ke dalam program Microsoft Word. Hal ini dapat dilakukan untuk memperkaya dokumen Word Anda dengan chart dan tabel yang telah dibuat di Excel.

Cara Memasukan File Excel ke dalam Microsoft Word secara Online / Offline

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk memasukan file Excel ke dalam Microsoft Word, yaitu secara online dan offline. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan fitur “Insert Object” pada program Microsoft Word. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka dokumen Word yang ingin diisi dengan file Excel, kemudian pilih “Insert” > “Object” > “Create From File”. Setelah itu, pilih file Excel yang ingin dimasukan, lalu tekan “OK”.

Cara kedua adalah dengan menyisipkan tabel Excel ke dalam dokumen Word. Caranya juga sangat mudah, Anda hanya perlu membuka file Excel yang ingin dimasukan, kemudian memilih tabel atau bagian dari tabel yang ingin dimasukan ke Word. Setelah itu, tekan “Ctrl+C” untuk menyalin tabel tersebut. Kemudian buka dokumen Word yang ingin diisi dengan tabel tersebut, lalu tekan “Ctrl+V” untuk menempelkan tabel tersebut di dokumen Word.

Cara Memasukan File Excel ke dalam Microsoft PowerPoint

Selain ke dalam Microsoft Word, file Excel juga dapat dimasukan ke dalam Microsoft PowerPoint. Hal ini dapat dilakukan untuk memperkaya presentasi Anda dengan chart dan tabel yang telah dibuat di Excel.

Cara Memasukan File Excel ke dalam Microsoft PowerPoint secara Online / Offline

Cara memasukan file Excel ke dalam Microsoft PowerPoint juga ada dua cara, yaitu secara online dan offline. Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur “Link to File” pada program Microsoft PowerPoint. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka presentasi PowerPoint yang ingin diisi dengan file Excel, kemudian pilih “Insert” > “Link to File” > “Create From File”. Setelah itu, pilih file Excel yang ingin dimasukan, lalu tekan “OK”.

Cara kedua adalah dengan menyisipkan tabel Excel ke dalam presentasi PowerPoint. Caranya juga sangat mudah, Anda hanya perlu membuka file Excel yang ingin dimasukan, kemudian memilih tabel atau bagian dari tabel yang ingin dimasukan ke PowerPoint. Setelah itu, tekan “Ctrl+C” untuk menyalin tabel tersebut. Kemudian buka presentasi PowerPoint yang ingin diisi dengan tabel tersebut, lalu tekan “Ctrl+V” untuk menempelkan tabel tersebut di presentasi PowerPoint.

Baca Juga :  Cara Membuat File Excel Agar Tidak Bisa Di Edit

Cara Memasukan File Excel ke dalam Blog

Bagi Anda yang memiliki blog, memasukan file Excel ke dalam blog dapat memberikan keuntungan dalam hal visualisasi data dan informasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memasukan file Excel ke dalam blog, baik dengan menyisipkan file Excel langsung ke dalam blog atau dengan menyertakan screenshot dari file Excel.

Cara Memasukan File Excel ke dalam Blog dengan Menyisipkan File Excel

Cara yang pertama adalah dengan menyisipkan file Excel langsung ke dalam blog. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan program atau plugin khusus yang dapat diunduh dari internet. Salah satu plugin yang dapat digunakan adalah “Excel Web Access” yang disediakan oleh Microsoft SharePoint. Setelah diinstal, plugin tersebut akan memungkinkan Anda untuk menyisipkan file Excel secara langsung ke dalam blog.

Cara Memasukan File Excel ke dalam Blog dengan Menyertakan Screenshot

Cara kedua adalah dengan menyertakan screenshot dari file Excel ke dalam blog. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka file Excel yang ingin diambil screenshot-nya, kemudian memilih area yang ingin disertakan dalam screenshot tersebut. Setelah itu, tekan “Ctrl+C” untuk menyalin screenshot tersebut. Kemudian buka blog Anda dan tekan “Ctrl+V” untuk menempelkan screenshot tersebut ke dalam blog.

FAQ

Q: Bagaimana cara memasukan file PDF ke dalam Excel?
A: Cara memasukan file PDF ke dalam Excel adalah dengan menggunakan aplikasi khusus seperti “Adobe Acrobat Pro DC”. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut dan memilih “File” > “Create PDF”. Setelah itu, pilih file PDF yang ingin dimasukan ke dalam Excel, lalu tekan “OK”. Setelah itu, Anda dapat membuka file Excel baru yang telah diisi dengan data dari file PDF tersebut.

Q: Apakah ada aplikasi yang dapat digunakan untuk mengubah file Excel menjadi format lainnya tanpa perlu menginstall program Microsoft Office?
A: Ya, ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengubah format file Excel tanpa perlu menginstall program Microsoft Office. Salah satu aplikasi tersebut adalah “Google Sheets” yang dapat diakses secara online melalui browser. Anda hanya perlu mengupload file Excel yang ingin diubah, kemudian memilih “File” > “Download As” > “PDF” atau format lainnya yang diinginkan.