Cara Lengkap Membuat Kwitan Di Excel Dan Ada Laporannya

Salah satu aplikasi perkantoran yang populer saat ini adalah Microsoft Excel. Selain sebagai aplikasi spreadsheet yang mudah digunakan, Excel juga memiliki banyak fitur yang sangat berguna untuk membantu pekerjaan di kantor. Salah satu fitur Excel yang sering digunakan adalah otomatisasi hari dan tanggal. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat hari dan tanggal otomatis di Excel.

Cara Membuat Hari dan Tanggal Otomatis di Excel

Pertama, kita perlu menentukan lokasi sel untuk menampilkan hari dan tanggal. Misalnya, kita ingin menampilkan hari dan tanggal di sel A1. Kita perlu mengetikkan formula berikut di sel A1:

=TODAY()

Setelah itu, tekan tombol Enter. Excel akan menampilkan hari dan tanggal saat ini di sel A1. Selain itu, Excel juga akan secara otomatis memperbarui tanggal setiap kali file Excel dibuka.

Jika kita hanya ingin menampilkan hari atau tanggal saja, kita bisa menggunakan formula berikut:

=TEXT(TODAY(),”dddd”)

=TEXT(TODAY(),”dd MMMM yyyy”)

Formula pertama akan menampilkan nama hari, sedangkan formula kedua akan menampilkan tanggal dalam format tertentu. Kita bisa mengganti format tanggal sesuai dengan keinginan kita menggunakan kode format yang berbeda.

Begini Cara Membuat Akta Kelahiran Terbaru Lengkap Dengan Excel

Excel tidak hanya berguna untuk membuat laporan keuangan atau menghitung data, tetapi juga bisa digunakan untuk membuat dokumen lain seperti akta kelahiran. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat akta kelahiran terbaru lengkap dengan Excel.

Pertama, buka file Excel kosong dan beri nama file sesuai dengan keinginan kita. Kemudian, kita bisa menambahkan header dan footer untuk memberikan informasi tambahan seperti judul dokumen dan nomor halaman. Header bisa ditambahkan di bagian atas halaman, sementara footer bisa ditambahkan di bagian bawah halaman.

Setelah itu, kita bisa mulai menulis isi dokumen. Kita bisa memulainya dengan mengetikkan informasi umum seperti nama bayi, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, dan sebagainya. Kita juga bisa menambahkan foto bayi untuk mempercantik dokumen.

Setelah itu, kita bisa menambahkan informasi lain seperti informasi kelahiran seperti tinggi dan berat bayi. Kita juga bisa menambahkan informasi tentang keluarga seperti alamat dan pekerjaan orang tua.

Setelah semua informasi sudah ditambahkan, kita bisa menambahkan tanda tangan orang tua dan petugas yang bertanggung jawab atas pembuatan akta kelahiran. Kita bisa menggunakan fitur gambar di Excel untuk menambahkan tanda tangan.

Setelah itu, dokumen akta kelahiran sudah siap untuk dicetak. Kita bisa menyesuaikan ukuran dan tata letak dokumen sebelum mencetaknya.

Cara Membuat Format Kwitansi Dengan Excel Dan Word – Inigadgets

Kwitansi adalah salah satu dokumen penting dalam bisnis. Kwitansi digunakan untuk mencatat transaksi antara dua pihak dan sebagai bukti pembayaran. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat format kwitansi dengan Excel dan Word.

Pertama, kita perlu memutuskan format kwitansi yang akan dibuat. Kita bisa memilih format yang sudah ada atau membuat format sendiri. Setelah itu, buka Excel dan pilih template kosong.

Setelah template dibuka, kita bisa mulai menambahkan elemen-elemen dari kwitansi, seperti nama pembeli, tanggal, jumlah total pembayaran, dan sebagainya. Kita juga bisa menambahkan logo perusahaan atau perusahaan dari pembeli untuk membuat kwitansi terlihat lebih profesional.

Kemudian, kita bisa memformat kwitansi secara keseluruhan untuk membuatnya terlihat rapi dan mudah dibaca. Kita bisa memilih jenis font yang sesuai dan menyesuaikan format teks pada sel-sel tertentu.

Setelah kwitansi sudah lengkap, kita bisa menyimpannya dalam format Excel atau menyimpannya sebagai file PDF atau Word. Jika kita ingin mengedit kwitansi lagi di kemudian hari, kita bisa membukanya kembali dan mengeditnya.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT GRAFIK 3 GARIS DI EXCEL

Cara Lengkap Membuat Kwitan Di Excel Dan Ada Laporannya – Hongkoong

Kwitansi adalah salah satu dokumen penting dalam bisnis. Kwitansi digunakan untuk mencatat transaksi antara dua pihak dan sebagai bukti pembayaran. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat kwitansi di Excel beserta laporannya.

Pertama, kita perlu membuat struktur data dari kwitansi. Struktur data ini berfungsi untuk menyimpan informasi yang diperlukan dalam kwitansi seperti nomor kwitansi, tanggal transaksi, nama pembeli, jumlah pembayaran, dan sebagainya. Kita bisa menggunakan fungsi tabel di Excel untuk membuat struktur data ini.

Setelah struktur data sudah dibuat, kita bisa mulai menambahkan data ke dalam tabel. Kita bisa menambahkan data dengan mengetikkan secara manual atau mengimpor data dari format file lain seperti CSV.

Setelah data sudah diinputkan, kita bisa mulai membuat kwitansi. Kita bisa membuat kwitansi dari tabel data yang sudah ada atau dari nol. Jika kita ingin membuat kwitansi dari tabel data, kita bisa menggunakan fitur PivotTable untuk mengolah data.

Setelah kwitansi sudah dibuat, kita bisa membuat laporan dari data kwitansi. Laporan ini akan membantu kita untuk memantau transaksi dan arus kas dalam bisnis kita. Kita bisa menggunakan fitur Chart di Excel untuk membuat laporan ini.

Setelah laporan sudah dibuat, kita bisa menyimpan semua data dan dokumen dalam format Excel. Dokumen-dokumen ini bisa digunakan sebagai referensi di kemudian hari atau digunakan untuk membuat laporan keuangan yang lebih komprehensif.

FAQ

Bagaimana cara mengatur tampilan gambar dalam konten Excel?

Untuk mengatur tampilan gambar dalam konten Excel, kita bisa mengklik gambar dan memilih opsi yang tersedia di menu.

Bisakah Excel digunakan untuk membuat presentasi?

Excel tidak dirancang untuk membuat presentasi seperti PowerPoint, tetapi kita masih bisa menggunakan Excel untuk membuat slide sederhana dan melakukan tampilan data dalam format yang lebih menarik.

Itulah beberapa tips dan trik dalam menggunakan Excel. Excel memang bisa sedikit rumit pada awalnya, tetapi dengan berlatih dan memahami fitur-fiturnya, kita bisa menjadi ahli dalam menggunakan Excel dan meningkatkan produktivitas kerja kita.