Cara Install Windows Lewat Cmd

Belajar komputer kini semakin mudah dengan internet. Anda dapat menemukan informasi dan tutorial tentang instalasi sistem operasi Windows, cara melakukan shutdown lewat cmd, serta cara aktivasi Windows 10 secara permanen. Berikut ini adalah rangkuman tutorial-tutorial tersebut.

Instalasi Windows 7

Cara Install Windows Lewat Cmd

Windows 7 masih digunakan oleh banyak pengguna komputer, khususnya mereka yang memiliki spesifikasi komputer rendah. Berikut ini adalah langkah-langkah instalasi Windows 7:

1. Siapkan Flashdisk

Pertama-tama, Anda harus mempersiapkan flashdisk dengan kapasitas minimal 8GB. Pastikan bahwa data pada flashdisk sudah di-backup, karena proses instalasi akan menghapus seluruh data pada flashdisk.

2. Download File ISO

Setelah flashdisk siap, selanjutnya download file ISO Windows 7. Pastikan bahwa Anda download versi yang sesuai dengan bit komputer Anda (32-bit atau 64-bit).

3. Buat Bootable Flashdisk

Setelah file ISO didownload, buatlah flashdisk menjadi bootable. Ada beberapa software yang dapat digunakan untuk membuat flashdisk menjadi bootable, seperti Rufus dan WinToFlash.

4. Boot Komputer

Setelah flashdisk menjadi bootable, colokkan flashdisk pada komputer yang akan diinstal Windows 7. Reboot komputer, dan tekan tombol boot menu. Biasanya tombol boot menu adalah F12, namun dapat berbeda-beda tergantung merek komputer yang digunakan.

5. Instalasi Windows 7

Setelah masuk ke boot menu, pilih flashdisk sebagai media untuk booting. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah yang muncul pada layar, seperti memilih bahasa, memilih drive untuk instalasi, dan memasukkan serial number.

6. Aktivasi Windows 7

Setelah selesai melakukan instalasi, aktivasi Windows 7 harus dilakukan. Aktivasi ini diperlukan agar Windows 7 dapat digunakan secara penuh tanpa adanya batasan waktu atau fitur yang terkunci.

Shutdown Lewat CMD

Shutdown Lewat CMD

Terkadang kita ingin mematikan komputer dengan cepat tanpa harus melakukan beberapa langkah seperti mengklik Start Menu kemudian memilih Shutdown. Salah satu cara untuk mematikan komputer dengan cepat adalah melalui Command Prompt atau CMD. Berikut ini adalah caranya:

1. Buka CMD

Pertama-tama, buka CMD dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” pada kotak dialog yang muncul.

2. Shutdown

Setelah CMD terbuka, ketik perintah “shutdown -s -t 0” kemudian tekan enter. Perintah ini akan mematikan komputer Anda secara langsung tanpa melalui proses shutdown biasa. -s berarti shutdown, -t menentukan waktu dalam detik sebelum mati, dan 0 berarti shutdown sekarang.

3. Restart

Jika Anda ingin restart komputer, ketik perintah “shutdown -r -t 0” kemudian tekan enter. Perintah ini akan merestart komputer Anda secara langsung.

Aktivasi Windows 10

Aktivasi Windows 10

Setelah melakukan instalasi Windows 10, aktivasi harus dilakukan agar Windows 10 dapat digunakan secara penuh. Berikut ini adalah cara aktivasi Windows 10 secara permanen:

1. KMS Auto Lite

KMS Auto Lite adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk aktivasi Windows 10. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari situs-situs penyedia aplikasi. Setelah aplikasi didownload, ekstrak file zip tersebut.

2. Nonaktifkan Antivirus

Sebelum Anda menginstall aplikasi KMS Auto Lite, pastikan untuk menonaktifkan sementara antivirus yang terpasang pada komputer. Hal ini dilakukan agar antivirus tidak mendeteksi KMS Auto Lite sebagai virus.

Baca Juga :  Cara Instal Commview Windows 7

3. Jalankan Aplikasi

Jalankan aplikasi KMS Auto Lite yang sudah diekstrak tadi. Pilih opsi “Activator” dan klik tombol “Activate Windows”. Tunggu beberapa saat hingga proses aktivasi selesai.

4. Cek Aktivasi

Setelah proses aktivasi selesai, cek aktivasi dengan membuka “Settings” kemudian “Activation”. Aktivasi Windows 10 Anda akan terlihat “Windows is activated” jika berhasil.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah instalasi Windows 7 masih diperlukan?

Instalasi Windows 7 masih diperlukan terutama bagi pengguna komputer yang memiliki spesifikasi rendah. Windows 7 terkenal ringan dan cocok digunakan pada komputer dengan RAM dan prosesor yang terbatas.

2. Kenapa harus mematikan antivirus dalam proses aktivasi Windows 10?

KMS Auto Lite dianggap sebagai virus atau aplikasi tidak aman oleh beberapa antivirus. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam proses aktivasi, sebaiknya antivirus dinonaktifkan dahulu.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial tentang aktivasi Windows 10 dengan KMS Auto Lite: