Cara Install Windows 8 Pake Usb

Microsoft meluncurkan sistem operasi terbaru mereka yaitu Windows 8 pada tahun 2012. Windows 8 dihadirkan dengan desain yang modern dan unik yang disesuaikan dengan trend tablet yang semakin dirilis ke pasaran. Tidak hanya tampilannya saja, fitur-fitur dan performa sistem operasi ini juga ditingkatkan sehingga menjadi lebih baik daripada pendahulunya yaitu Windows 7.
Bagi Anda yang tertarik untuk menginstal Windows 8 pada PC atau laptop Anda, berikut adalah informasi mengenai proses instalasi Windows 8.

Cara Install Windows 8

1. Siapkan File ISO Windows 8
File ISO Windows 8 adalah file yang berisi semua data dan program yang dibutuhkan saat melakukan instalasi Windows 8. Anda dapat men-download file tersebut dari website resmi Microsoft atau website lainnya. Pastikan Anda men-download file ISO yang sesuai dengan versi Windows 8 yang ingin Anda instal, apakah itu 32-bit atau 64-bit.

2. Siapkan DVD atau Flash Disk
Setelah selesai mendownload file ISO Windows 8, Anda perlu menyiapkan DVD atau Flash Disk sebagai media instalasi. Pastikan kapasitas media tersebut cukup untuk menyimpan file ISO Windows 8.

3. Persiapkan Komputer
Sebelum memulai instalasi Windows 8, pastikan komputer atau laptop Anda memenuhi persyaratan minimum untuk menjalankan Windows 8. Komputer harus memiliki prosesor dengan kecepatan minimal 1GHz, RAM minimal sebesar 1GB untuk versi 32-bit atau 2GB untuk versi 64-bit, dan ruang kosong pada hard disk sebesar 16GB untuk versi 32-bit atau 20GB untuk versi 64-bit.

4. Booting Komputer dari DVD atau Flash Disk
Langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan BIOS pada komputer agar bisa booting dari DVD atau Flash Disk sebagai media instalasi. Caranya adalah dengan menekan tombol tertentu saat komputer sedang menyala pada saat proses booting, serta memilih opsi booting pada menu BIOS.

5. Instalasi Windows 8
Setelah berhasil mem-booting komputer dari DVD atau Flash Disk, akan muncul menu Instalasi Windows 8. Pilih bahasa, zona waktu, dan jenis keyboard yang diinginkan, dan klik Next. Kemudian klik install now untuk memulai instalasi.

6. Masukkan Product Key
Setelah mengklik install now, Anda akan diminta untuk memasukkan Product Key. Product Key berupa kombinasi angka dan huruf yang diperoleh pada saat membeli lisensi Windows 8. Pastikan Anda memasukkan Product Key dengan benar agar Windows 8 bisa diaktivasi secara legal.

7. Pilih Jenis Instalasi
Setelah memasukkan Product Key, Anda akan diminta untuk memilih jenis instalasi. Pilihlah opsi Custom untuk melakukan instalasi clean atau bersih pada komputer atau laptop Anda. Pilihlah opsi Upgrade jika ingin meng-upgrade Windows 7 ke Windows 8.

8. Partisi Hard Disk
Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk memilih partisi pada hard disk dimana Windows 8 akan diinstal. Anda dapat memilih partisi mana yang ingin Anda gunakan atau membuat partisi baru jika diperlukan.

9. Proses Instalasi
Setelah memilih partisi hard disk, proses instalasi Windows 8 akan dimulai. Tunggu proses ini hingga selesai dan jangan mematikan komputer saat proses instalasi sedang berjalan.

10. Aktivasi Windows 8
Setelah selesai proses instalasi, Anda perlu meng-aktivasi Windows 8 dengan memasukkan Product Key yang telah Anda miliki. Jika tidak meng-aktivasi Windows 8, maka sistem operasi tersebut tidak bisa digunakan secara penuh.

11. Instal Driver
Selanjutnya, Anda perlu menginstal driver untuk perangkat keras yang terhubung ke komputer atau laptop. Hal ini penting agar perangkat keras dapat berfungsi secara normal dan maksimal.

12. Selesai
Setelah selesai menginstal driver, Windows 8 sudah siap digunakan pada PC atau laptop Anda.

Baca Juga :  Cara Instal Driver Epson Lx 310 Di Window 8

FAQ

1. Apakah proses instalasi Windows 8 sulit dilakukan oleh pemula?
Proses instalasi Windows 8 cukup mudah dilakukan bahkan oleh pengguna yang masih baru dalam dunia teknologi. Namun, perlu dilakukan dengan hati-hati dan mengikuti setiap instruksi yang muncul pada layar saat proses instalasi.

2. Apakah perlu menginstal ulang perangkat lunak setelah menginstal Windows 8?
Biasanya perangkat lunak yang telah terinstal pada Windows 7 akan tetap berada di Windows 8 setelah di-upgrade ataupun melakukan instalasi bersih. Namun, jika Anda belum yakin dengan hal tersebut, maka perlu menginstal ulang perangkat lunak tersebut.

Video Tutorial Install Windows 8

Berikut adalah video tutorial instalasi Windows 8 yang dapat membantu Anda memahami proses instalasi dengan mudah.

[Insert Youtube Video Link]

Setelah mengikuti tutorial di atas, Anda akan bisa menginstal Windows 8 dengan mudah pada PC atau laptop Anda. Pastikan kapasitas media instalasi yang Anda gunakan cukup besar dan persiapkan komputer atau laptop yang sesuai dengan persyaratan minimum sistem operasi Windows 8. Gunakan langkah-langkah instalasi di atas dan jangan lupa untuk mengikuti instruksi pada layar untuk memastikan proses instalasi berjalan dengan sukses.