Cara Install Usb Driver Windows 10

Jika Anda sering menggunakan perangkat komputer, mungkin Anda sudah pernah mengalami masalah Unknown USB atau Device Descriptor. Masalah ini terjadi saat komputer gagal mengenali USB yang terhubung ke dalamnya. Sebagai pengguna, pastinya Anda menginginkan masalah ini cepat dan mudah diatasi.

Cara Mengatasi Unknown USB (Device Descriptor)

Berikut adalah 6 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah Unknown USB atau Device Descriptor:

1. Coba colokkan USB ke port USB yang berbeda

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mencari tahu apakah masalahnya terletak pada port USB pada komputer Anda. Anda bisa mencoba menghubungkan USB ke port USB yang berbeda untuk mencari tahu apakah itu akan berhasil atau tidak.

2. Tes USB pada perangkat lain

Jika USB masih tidak terdeteksi setelah dicoba pada beberapa port USB, langkah selanjutnya adalah mencoba menghubungkan USB ke perangkat lain. Jika USB terdeteksi normal pada perangkat lain, kemungkinan besar masalahnya terletak pada PC atau laptop Anda.

3. Periksa kabel USB Anda

Jika USB Anda masih tidak terdeteksi, periksa kabel USB Anda. Pastikan kabel USB tidak rusak atau terputus. Selain itu juga pastikan kabel USB yang terhubung kedalam PC atau laptop Anda adalah kabel USB yang benar-benar kompatibel.

4. Restart komputer Anda

Merestart komputer Anda bisa menjadi solusi sederhana tapi cukup efektif untuk memperbaiki masalah Unknown USB atau Device Descriptor. Restart komputer Anda dan coba hubungkan USB ke port USB jika sudah merestart ulang. Jika komputer Anda masih gagal mendeteksi USB, lanjutkan ke tahap berikutnya.

5. Perbarui driver USB pada komputer Anda

Perbarui driver USB pada komputer Anda mungkin bisa menjadi solusi masalah Unknown USB. Ada banyak metode yang dapat Anda lakukan untuk mengupdate driver USB. Salah satunya bisa dengan menginstal update Windows terbaru atau bisa juga dengan cara manual.

6. Uninstall driver USB dan install lagi

Jika semua solusi diatas masih tidak bisa memperbaiki masalah Unknown USB atau Device Descriptor, langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan menguninstall driver USB lalu install kembali. Langkah ini akan menggantikan driver USB yang mungkin rusak atau cacat dengan driver USB yang baru.

Berikut adalah Cara Install USB Driver di Windows 10, 8, dan 7

Windows 10, 8, dan 7 sudah dilengkapi dengan driver USB standar yang bisa mendukung hampir semua perangkat USB. Namun, jika ada perangkat tertentu yang tidak terdeteksi, Anda mungkin perlu menginstal driver USB tambahan untuk mendukung perangkat tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pastikan komputer sudah terhubung dengan internet

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan komputer Anda terhubung dengan internet agar dapat mengunduh driver USB terbaru dari situs web pembuat perangkat. Pastikan juga Anda memiliki informasi tentang jenis dan merek perangkat yang ingin diinstal driver USB nya.

2. Buka Device Manager

Buka Device Manager pada Windows Anda, untuk melakukannya tekan tombol Windows + R pada keyboard Anda, lalu ketikkan devmgmt.msc dan klik OK.

Baca Juga :  CARA INSTAL WINDOWS 7 DI LAPTOP ASUS E203

3. Cari perangkat yang ingin Anda install driver USB nya

Cari perangkat yang ingin Anda install driver USB nya pada Device Manager. Perangkat ini biasanya tampil dengan tanda seru kuning atau tanda tanya pada Device Manager.

4. Install driver USB secara manual

Untuk menginstal driver USB secara manual, klik kanan pada tanda seru kuning atau tanda tanya pada perangkat USB yang ingin Anda pasang driver USB nya, lalu pilih Update Driver Software.

Lalu gunakan opsi Browse my computer for driver software.

Cari driver USB kompatibel pada komputer Anda di direktori tempat Anda menyimpan file driver USB. Pilih driver USB yang sesuai dengan perangkat Anda dan klik Next untuk menginstal driver USB nya.

5. Install driver USB menggunakan software driver updater

Metode lain yang bisa Anda lakukan untuk menginstal driver USB adalah menggunakan software driver updater. Software ini memungkinkan Anda untuk mengunduh dan menginstal driver USB secara otomatis. Ada banyak software driver updater yang tersedia, seperti Driver Booster, Driver Easy, dan SlimDrivers.

FAQ

1. Apa penyebab Unknown USB atau Device Descriptor?

Unknown USB atau Device Descriptor biasanya terjadi karena driver USB yang tidak cocok atau rusak. Selain itu, masalah kabel USB yang rusak juga bisa menjadi penyebab masalah ini.

2. Apakah semua perangkat USB memerlukan driver USB?

Tidak semua perangkat USB memerlukan driver USB. Windows sudah dilengkapi dengan driver USB standar yang bisa mendukung hampir semua perangkat USB. Namun, untuk perangkat tertentu yang tidak terdeteksi, Anda mungkin perlu menginstal driver USB tambahan untuk mendukung perangkat tersebut.