CARA INSTALL PIP WINDOWS

Jika Anda baru belajar tentang bahasa pemrograman Python, kemungkinan besar Anda pasti pernah mendengar istilah pip. Pip merupakan sebuah package manager untuk Python yang digunakan untuk mengunduh dan menginstal berbagai library dan framework yang dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi Python. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang cara instal pip python di Windows dan beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait dengan pip.

Cara Install Pip Python di Windows

Secara default, pip sudah terinstal di versi Python 2.7.9 ke atas dan 3.4 ke atas pada sistem operasi Mac OS X dan Linux. Namun, jika kamu menggunakan Windows, kamu perlu menginstal pip secara manual. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Download get-pip.py

Langkah pertama adalah dengan mengunduh file get-pip.py dari website resmi Python. Kamu bisa unduh melalui tautan ini.

2. Menyimpan file dan menentukan path

Setelah kamu mengunduh file get-pip.py, simpan file tersebut di suatu direktori pada komputer kamu. Misalnya, kamu bisa simpan di direktori D:pip. Kemudian, kamu harus menentukan path (lokasi file) dari direktori tersebut dalam Command Prompt dengan menggunakan perintah cd. Contohnya, jika kamu menyimpan file di direktori D:pip, maka kamu bisa menggunakan perintah:

cd D:pip

3. Install pip

Setelah kamu menentukan path dari direktori yang kamu simpan file get-pip.py, selanjutnya kamu bisa melakukan instalasi pip dengan mengetikkan perintah berikut pada Command Prompt:

python get-pip.py

Perintah di atas akan mengunduh dan menginstal pip di komputer kamu. Tunggu proses instalasi hingga selesai.

4. Verifikasi instalasi pip

Setelah proses instalasi pip selesai, kamu bisa memeriksa apakah pip telah terinstal dengan benar di komputer kamu atau belum. Kamu bisa menggunakan perintah berikut pada Command Prompt:

pip --version

Jika perintah di atas berhasil dijalankan, maka pip sudah terinstal. Hasilnya akan menampilkan versi pip yang terinstal di komputer kamu, seperti contoh berikut:

pip 21.0.1 from c:usersuserappdatalocalprogramspythonpython39libsite-packagespip (python 3.9)

Gambaran tentang pip

Pip (Pip Installs Packages) adalah package manager yang digunakan oleh Python untuk memudahkan pengunduhan dan penginstalan package dan libraries dari repository Python Package Index (PyPI).

PyPI (Python Package Index) adalah sebuah repository package Python yang menyimpan hampir semua package dan libraries Python yang bisa kamu gunakan, baik itu open-source maupun proprietary. Dengan menggunakan pip, kamu bisa dengan mudah menemukan, mengunduh, dan menginstal berbagai libraries dan framework yang kamu butuhkan dalam pengembangan aplikasi Python.

Salah satu keuntungan menggunakan pip adalah kamu tidak perlu mengunduh package dan libraries Python secara manual dari website resmi masing-masing package dan memastikan semua dependencies terpenuhi. Pip akan mengecek dependencies setiap package yang kamu unduh dan akan melakukan pengunduhan dan penginstalan secara otomatis.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Pertanyaan 1: Apa bedanya antara pip dan conda?

Jawaban: Pip dan Conda adalah dua package manager yang digunakan dalam pengembangan aplikasi Python. Pip lebih dikenal karena kemampuannya mengunduh dan menginstal packages secara otomatis dari repositori PyPI. Sedangkan Conda lebih dikenal sebagai lingkungan virtual untuk Python yang menyertakan package manager, Dependency manager, dan package installation system.

Baca Juga :  CARA INSTAL WINDOWS 7 ULTIMET BLOG

Conda dirancang khusus untuk pengembangan data science dan sering digunakan dalam lingkungan AI/ML karena mampu mengelola package dan dependencies Python serta package Non-Python (seperti R), menjalankan aplikasi dalam virtual environment, serta menginstal packages dalam environment berbeda tanpa ada masalah seperti yang dihadapi oleh pengembang yang sering memakai pip.

Pertanyaan 2: Apa saja packages populer yang sering digunakan dengan pip di Python?

Jawaban: Python memiliki ribuan package yang dapat diinstal dengan pip dari berbagai repositori seperti PyPI, Github, Bitbucket, dll. Beberapa packages populer yang sering digunakan oleh pengembang diantaranya:

  1. Django: Framework Python untuk pengembangan aplikasi web.
  2. NumPy: Package untuk komputasi numerik di Python.
  3. Requests: Library untuk melakukan HTTP request dan response.
  4. Matplotlib: Library untuk visualisasi data.
  5. Pandas: Package untuk manipulasi data dan analisis data.
  6. SciPy: Package untuk komputasi ilmiah dan matematika.

Video: Cara Instal Pip Python di Windows

Gambaran tentang Instalasi Pip Python di Windows

Gambar 1: Tampilan Command Prompt saat instalasi

CARA INSTALL PIP WINDOWS

Gambar 2: Halaman web untuk mengunduh file get-pip.py

Halaman web untuk mengunduh file get-pip.py

Gambar 3: Tampilan Command Prompt saat perintah pip –version berhasil dijalankan

Tampilan Command Prompt saat perintah pip --version berhasil dijalankan

Sekian tutorial mengenai cara instal pip python di Windows. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin belajar Python dan pengembangan aplikasi yang berbasis Python.