Cara Instal Windows Via Cmd

Artikel Pilar: Cara Instal Ulang Windows dengan Mudah

Apakah kamu sering mengalami masalah ketika menggunakan komputer atau laptop karena performanya yang lambat? Atau mungkin kamu ingin menginstal sistem operasi baru di komputermu? Salah satu solusi yang dapat kamu pilih adalah dengan melakukan instal ulang sistem operasi, seperti Windows. Melakukan instal ulang Windows dapat membantu mereset sistem operasi sehingga performa perangkatmu menjadi lebih baik. Namun, bagi sebagian orang, melakukan instal ulang Windows dapat terasa sulit dan membingungkan. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan panduan cara instal ulang Windows dengan mudah. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Persiapan Sebelum Memulai Instal Ulang Windows

Sebelum kamu melakukan instal ulang Windows, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan dahulu, di antaranya:

1. Backup Data Penting

Kamu perlu membackup seluruh data penting yang ada di dalam komputermu. Hal ini dilakukan untuk menghindari data yang hilang saat proses instalasi ulang sistem operasi. Kamu dapat membackup data dengan menggunakan hard disk eksternal, atau cloud storage seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive.

2. Persiapkan CD Instalasi atau File ISO Windows

Untuk melakukan instal ulang Windows, kamu memerlukan media instalasi, seperti CD instalasi atau file ISO Windows. Kamu bisa membeli CD instalasi Windows dari toko komputer terdekat atau memilih untuk mendownload file ISO Windows dari situs resmi Microsoft. Pastikan kamu mendownload file ISO Windows yang sesuai dengan jenis dan versi Windows yang ingin kamu instal.

3. Pastikan Semua Driver Komputer Sudah Terpasang

Sebelum melakukan instal ulang Windows, pastikan kamu telah memasang semua driver komputer dengan tepat. Driver komputer sangat penting agar perangkatmu dapat berjalan dengan baik setelah proses instalasi sistem operasi selesai. Pastikan kamu memasang driver komputer seperti driver kartu grafis, driver suara, driver chipset, driver jaringan, dan driver printer.

Cara Instal Ulang Windows dengan Mudah

Berikut ini adalah langkah-langkah cara instal ulang Windows dengan mudah:

1. Masukkan CD Instalasi Windows atau Boot USB

Masukkan CD instalasi Windows ke dalam CD-ROM atau hubungkan flashdisk bootable yang sudah berisi file ISO Windows. Selanjutnya, nyalakan komputer atau laptopmu dan tekan tombol untuk masuk ke boot menu seperti F12 atau Del, kemudian pilih boot dari CD-ROM atau Flashdisk.

2. Pilih Bahasa dan Lokasi

Setelah berhasil masuk ke media instalasi Windows, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih bahasa dan lokasi yang ingin kamu gunakan. Pilih opsi yang sesuai dengan preferensimu, kemudian klik “Next”.

3. Klik Install Now

Pada halaman selanjutnya, klik tombol “Install Now” untuk memulai proses instalasi Windows. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan product key, yang biasanya terdapat pada kemasan CD instalasi Windows atau dikirim melalui email.

4. Baca dan Setujui Persyaratan Lisensi

Pada halaman selanjutnya, kamu akan diminta untuk membaca dan menyetujui persyaratan lisensi pengguna akhir. Pastikan kamu membaca dengan seksama, kemudian klik “I accept the license terms” dan “Next”.

5. Pilih Jenis Instalasi

Setelah itu, kamu akan ditanya mengenai jenis instalasi Windows yang ingin kamu lakukan. Pilih opsi “Custom” untuk melakukan instalasi bersih, atau pilih opsi “Upgrade” jika kamu ingin mempertahankan data dan program yang ada di komputermu.

Baca Juga :  CARA INSTAL WINDOWS 7 PAKAI CD

6. Format dan Partisi Hard Disk

Pada halaman selanjutnya, kamu akan diminta untuk memformat partisi hard disk dan memilih partisi tempat kamu ingin menginstal Windows. Kamu bisa memilih partisi yang sudah ada atau membuat partisi baru. Setelah itu, klik “Next”.

7. Tunggu Proses Instalasi Selesai

Setelah memilih partisi tempat kamu ingin menginstal Windows, kamu hanya perlu menunggu proses instalasi selesai. Proses instalasi Windows akan berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam tergantung spesifikasi komputer dan tingkat kemampuanmu.

8. Instal Driver dan Program yang Diperlukan

Setelah proses instalasi Windows selesai, kamu dapat memasang driver dan program yang dibutuhkan agar perangkatmu dapat berjalan dengan baik. Install driver yang kamu butuhkan seperti driver chipset, driver suara, driver jaringan, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa memasang program yang sering kamu gunakan seperti Microsoft Office atau Adobe Photoshop.

Itulah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk melakukan instal ulang Windows dengan mudah. Dengan melakukan instal ulang Windows secara periodic, kamu dapat menjaga performa perangkatmu tetap baik. Selain itu, instal ulang sistem operasi juga dapat menghilangkan program malware atau virus yang mempengaruhi performa perangkatmu.

Pertanyaan dan Jawaban

1. Apakah backup data diperlukan sebelum melakukan instal ulang Windows?

Ya, backup data sangat diperlukan sebelum melakukan instal ulang Windows. Hal ini dilakukan untuk menghindari data yang hilang saat melakukan proses instalasi sistem operasi.

2. Apa yang harus dilakukan setelah instal ulang Windows selesai?

Setelah proses instalasi Windows selesai, kamu perlu memasang driver dan program yang dibutuhkan agar perangkatmu dapat berjalan dengan baik. Pastikan kamu memasang driver komputer seperti driver kartu grafis, driver suara, driver chipset, driver jaringan, dan driver printer.

FAQ

1. Bagaimana cara mendapatkan file ISO Windows?

Kamu bisa mendownload file ISO Windows dari situs resmi Microsoft. Pastikan kamu mendownload file ISO Windows yang sesuai dengan jenis dan versi Windows yang ingin kamu instal.

2. Apa yang harus dilakukan jika product key Windows hilang?

Jika product key Windows hilang, kamu bisa menggunakan software tertentu untuk mencari product key yang terpasang di komputermu, atau membeli product key Windows baru.

Video Youtube: Cara Instal Ulang Windows dengan Mudah

Berikut adalah video tutorial Cara Instal Ulang Windows dengan Mudah: