CARA MENGINSTAL WINDOWS 8 LEGACY




Cara Menginstal Windows 8 yang Mudah dan Efektif


Cara Menginstal Windows 8 yang Mudah dan Efektif

Windows 8 adalah sistem operasi yang populer digunakan di berbagai perangkat, seperti laptop, komputer, dan tablet. Namun, bagi sebagian orang, menginstal Windows 8 bisa menjadi tugas yang menakutkan dan rumit. Maka dari itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk menginstal Windows 8 yang mudah dan efektif. Simak terus ya!

Cara menginstal Windows 8

Sebelum memulai proses menginstal Windows 8, pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa hal berikut:

  • PC atau laptop yang ingin diinstal Windows 8
  • Buku panduan dan kunci lisensi Windows 8
  • Media instalasi Windows 8, seperti DVD atau USB drive

Setelah memastikan sudah menyiapkan segala sesuatunya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke BIOS

Pertama-tama, kamu harus memasuki BIOS di PC atau laptop yang ingin diinstal Windows 8. BIOS adalah program firmware yang mengontrol hardware komputer. Agar dapat memasuki BIOS, kamu perlu menekan tombol yang spesifik saat mesin dinyalakan. Tombol tersebut bisa berbeda-beda tergantung pada merk dan model PC atau laptop kamu.

Setelah berhasil masuk ke BIOS, pastikan pengaturan boot order telah diubah sehingga CD atau USB drive menjadi urutan pertama. Dengan begitu, penginstalan Windows 8 dapat dimulai dari media CD atau USB yang telah dipersiapkan sebelumnya.

2. Memulai instalasi Windows 8

Setelah pengaturan boot order telah diubah, kamu bisa memulai proses penginstalan Windows 8. Pertama-tama, masukkan media instalasi Windows 8 ke dalam CD drive atau USB port, kemudian nyalakan mesin. Kamu akan melihat tampilan awal Windows 8 Installer, yang menyatakan “Press any key to boot from CD or DVD…”.

Tekan tombol apa saja untuk memulai proses instalasi. Pada jendela berikutnya, pilih bahasa, waktu, dan tata letak keyboard yang kamu inginkan, lalu klik “Next” untuk melanjutkan proses.

Setelah itu, klik “Install Now” untuk memulai proses instalasi Windows 8. Kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan kunci lisensi Windows 8 yang kamu miliki. Masukkan kunci lisensi tersebut dan klik “Next”.

3. Memilih jenis instalasi

Setelah memasukkan kunci lisensi, kamu akan diarahkan ke halaman berikutnya, di mana kamu diminta untuk memilih jenis instalasi yang ingin kamu lakukan. Kamu bisa memilih “Upgrade” untuk memperbarui versi Windows sebelumnya menjadi Windows 8, atau “Custom” untuk instalasi bersih. Pada artikel ini, kami akan mengikuti proses instalasi bersih.

Pada halaman berikutnya, kamu akan diminta untuk memilih lokasi penginstalan. Pilih partisi atau disk yang ingin kamu gunakan, lalu klik “Next”. Setelah itu, Windows 8 akan mulai proses penginstalan dan komputer akan restart beberapa kali.

4. Menyelesaikan instalasi

Setelah proses penginstalan selesai, kamu akan diarahkan ke jendela “Express Settings” yang berisi pengaturan dasar untuk Windows 8. Pada halaman ini, kamu bisa memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa opsi, seperti pengiriman data pengguna dan pengaturan privasi. Setelah memilih opsi yang diinginkan, klik “Next”.

Pada halaman berikutnya, kamu bisa membuat akun Microsoft atau akun lokal, lalu klik “Next”. Jika kamu memilih membuat akun Microsoft, kamu bisa memasukkan email dan sandi Microsoft yang sudah kamu miliki. Jika tidak, kamu bisa memasukkan nama pengguna dan sandi lokal.

Baca Juga :  CARA INSTAL WINDOWS DGN RUFUS 3.0.1304

Setelah kamu selesai membuat akun, kamu akan diarahkan ke layar utama Windows 8. Selamat, kamu berhasil menginstal Windows 8!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah penginstalan Windows 8 membutuhkan waktu yang lama?

Tergantung pada spesifikasi PC atau laptop kamu, proses penginstalan Windows 8 bisa memakan waktu beberapa menit hingga beberapa jam. Semakin baik spesifikasi hardware, semakin cepat pula proses penginstalan. Namun, kamu bisa meningkatkan kecepatan instalasi dengan menghapus data yang tidak diperlukan dari hard drive sebelum memulai instalasi.

2. Apakah saya masih bisa menggunakan aplikasi dan program yang sudah diinstal sebelumnya setelah menginstal Windows 8?

Tidak semua aplikasi dan program akan tetap berfungsi setelah menginstal Windows 8. Apabila aplikasi dan program yang ingin kamu gunakan tidak kompatibel dengan Windows 8, kamu perlu menginstal ulang aplikasi dan program tersebut setelah proses penginstalan Windows 8 selesai.

Video Tutorial Menginstal Windows 8


Artikel Terkait

Cara Menginstal Windows 10 yang Mudah dan Efektif

CARA MENGINSTAL WINDOWS 8 LEGACY

Windows 10 adalah sistem operasi terbaru buatan Microsoft yang banyak digunakan pada berbagai perangkat. Bagi kamu yang ingin menginstal Windows 10, kami juga punya panduan lengkap yang mudah dan efektif. Simak di sini!

Cara Menginstal Driver pada Windows

Cara Menginstal Driver pada Windows

Driver adalah program yang diperlukan agar perangkat keras pada PC atau laptop dapat berfungsi dengan baik. Jika kamu ingin menginstal driver pada Windows, artikel ini bisa menjadi panduan yang berguna untukmu. Yuk, simak!

© 2021. All rights reserved.