CARA INSTAL WINDOWS 10 PAKAI ISO

Perangkat lunak atau software dalam sebuah perangkat digital memang membutuhkan pembaruan dari waktu ke waktu. Selain untuk memperbaiki bug atau kerusakan, pembaruan juga dilakukan untuk meningkatkan kinerja dan keamanan perangkat. Namun, ada kalanya saat melakukan pembaruan, terjadi beberapa masalah dan solusinya tidak segera diketahui oleh pengguna awam. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas tentang cara instal ulang sistem operasi Windows 10 menggunakan flashdisk pada laptop Lenovo.

Cara Instal Ulang Windows 10 dengan Flashdisk Laptop Lenovo

Sebelum memulai proses instalasi ulang, ada baiknya membuat cadangan terlebih dahulu untuk semua data yang ada pada hard drive. Karena saat melakukan instalasi ulang, semua data yang tersimpan di hard drive akan dihapus. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Siapkan flashdisk dan file instalasi Windows 10

Untuk melakukan instalasi ulang dengan flashdisk, perlu disiapkan flashdisk yang memiliki kapasitas minimal 8 GB dan file instalasi sistem operasi Windows 10. File ini biasanya berbentuk ISO dan dapat diunduh dari website resmi Microsoft.

2. Persiapkan BIOS

Buka menu BIOS dengan menekan tombol F2 atau F12 saat laptop Lenovo dihidupkan. Maka akan muncul menu BIOS. Pilih menu Boot dan atur urutan boot menjadi USB Flash Drive (atau sesuai dengan nama flashdisk). Kemudian, simpan pengaturan BIOS dengan menekan tombol F10 dan keluar dari menu BIOS.

3. Hubungkan flashdisk ke laptop dan mulai instalasi

Sambungkan flashdisk ke laptop Lenovo dan hidupkan laptop. Saat laptop sedang dihidupkan, tekan tombol F12 dan pilih USB Flash Drive pada menu boot. Kemudian, ikuti petunjuk instalasi Windows 10 yang muncul pada layar laptop

4. Tunggu proses instalasi selesai

Proses instalasi Windows 10 akan dimulai setelah memilih install now dan menyetujui perjanjian lisensi pengguna dan klik next. Kemudian, pilih custom –> drive options (advanced) –> hapus semua partisi –> next. Setelah maka akan terdapat satu partisi untuk diaformat, pilih partisi itu dan klik next. Proses instalasi akan berjalan dan memakan waktu sekitar 20-30 menit sampai selesai. Pastikan laptop Lenovo tetap dalam kondisi terhubung ke sumber listrik selama proses instalasi berlangsung dan jangan matikan laptop pada saat proses instalasi sedang berlangsung agar proses instalasi dapat berjalan dengan lancar.

Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk

Bagi yang belum pernah melakukan instalasi sistem operasi Windows 10 dengan flashdisk, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan flashdisk dan file instalasi Windows 10

Siapkan flashdisk yang memiliki kapasitas minimal 8 GB dan file instalasi sistem operasi Windows 10. File ini biasanya berbentuk ISO dan dapat diunduh dari website resmi Microsoft.

2. Format flashdisk

Format flashdisk menggunakan file sistem NTFS.

3. Buat bootable USB flashdisk

Download software pembuat bootable USB flashdisk seperti Rufus. Setelah itu, buka aplikasi Rufus dan arahkan ke file ISO Windows 10 yang sudah didownload sebelumnya. Pilih flashdisk yang telah diformat tadi sebagai device dan klik start untuk membuat bootable USB flashdisk

Baca Juga :  Cara Install Windows Bios

4. Persiapkan boot dari flashdisk

Hubungkan flashdisk ke laptop atau PC yang akan diinstal. Lalu, masuk ke menu BIOS dengan menekan tombol F2 atau F12 saat laptop atau PC dihidupkan. Pilih Boot pada menu BIOS dan atur urutan boot menjadi USB flashdisk. Kemudian, simpan pengaturan BIOS dan keluar dari menu BIOS.

5. Mulai instalasi sistem operasi Windows 10

Hidupkan laptop atau PC dan pilih USB flashdisk pada menu boot. Kemudian, ikuti petunjuk instalasi Windows 10 yang muncul pada layar.

FAQ

1. Apakah data yang ada pada hard drive akan terhapus saat melakukan instalasi ulang Windows 10?

Ya, semua data yang tersimpan di hard drive akan terhapus saat melakukan instalasi ulang Windows 10. Oleh karena itu, sebaiknya membuat cadangan terlebih dahulu untuk semua data yang ada pada hard drive sebelum melakukan proses instalasi.

2. Apakah perlu melakukan pengaturan lain pada BIOS sebelum melakukan instalasi ulang?

Ya, perlu melakukan pengaturan lain pada BIOS, yaitu atur urutan boot menjadi USB Flash Drive (atau sesuai dengan nama flashdisk). Kemudian, simpan pengaturan BIOS dengan menekan tombol F10 dan keluar dari menu BIOS.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial tentang cara instal ulang sistem operasi Windows 10 menggunakan flashdisk pada laptop Lenovo: