CARA INSTAL WINDOWS 10 ORIGINAL LENOVO IDEAPAD 110

Jika kamu memiliki laptop Lenovo dan ingin menginstal ulang sistem operasi, kali ini kami akan memberikan panduan lengkap cara instal ulang Lenovo Ideapad 110-14IBR menggunakan Windows 8.1 dengan menggunakan flashdisk. Kami akan memastikan bahwa kamu bisa mengikuti tutorial ini dengan mudah dan menginstal ulang laptopmu dengan cepat dan tanpa masalah.

Langkah-langkah Cara Instal Ulang Lenovo Ideapad 110-14IBR dengan Flashdisk

Sebelum memulai, pastikan bahwa kamu memiliki koneksi internet yang stabil dan performa laptopmu cukup untuk menjalankan Windows 8.1. Selain itu, pastikan bahwa flashdiskmu memiliki ukuran minimal 8GB dan kosong dari file atau program apa pun. Berikut adalah langkah-langkah cara instal ulang Lenovo Ideapad 110-14IBR dengan menggunakan flashdisk:

1. Siapkan flashdisk bootable Windows

Langkah pertama adalah menyiapkan flashdisk bootable Windows dengan menggunakan Microsoft Media Creation Tool. Kamu bisa mengunduhnya di situs resmi Microsoft dan memilih opsi “Create installation media”. Setelah mengunduhnya, pastikan flashdiskmu terhubung dengan laptop dan buka aplikasi Media Creation Tool.

Kemudian, pilih bahasa dan edisi Windows yang ingin kamu instal. Pilih juga opsi “USB flash drive” untuk membuat flashdisk bootable. Lanjutkan dengan memilih flashdiskmu pada pilihan yang tersedia dan tunggu hingga proses selesai. Setelah proses selesai, flashdiskmu siap untuk digunakan.

2. Ubah urutan boot di BIOS

Langkah selanjutnya adalah mengubah urutan boot di BIOS agar laptop dapat booting dari flashdisk yang kamu buat tadi. Untuk masuk ke BIOS, tekan tombol F2 saat laptop sedang dihidupkan dan masuk ke menu Setup Utility. Kemudian, masuk ke tab “Boot” untuk mengubah urutan boot.

Pilih opsi “USB HDD” atau “USB FDD” sebagai urutan boot pertama dan simpan perubahan sebelum keluar dari menu BIOS. Restart laptopmu dan tunggu hingga proses boot selesai. Laptopmu akan boot dari flashdisk Windows dan layar instalasi akan muncul.

3. Instal Windows 8.1

Setelah berhasil boot dari flashdisk, layar instalasi Windows 8.1 akan muncul. Pilih bahasa, zona waktu, dan metode input yang kamu inginkan untuk Windows. Kemudian, masukkan produk key Windows 8.1 kamu jika diminta untuk melakukannya.

Pilih opsi “Custom” ketika muncul pilihan instalasi. Kemudian, pilih partisi hard disk yang ingin kamu instal Windows 8.1-nya. Pastikan bahwa partisinya cukup besar dan masih memiliki ruang yang cukup untuk menginstal aplikasi dan file lainnya.

Setelah itu, biarkan proses instalasi Windows 8.1 berjalan dengan sendirinya. Proses ini akan memakan waktu tergantung pada kecepatan laptopmu, namun biasanya memakan waktu sekitar 30-60 menit.

4. Selesaikan proses instalasi

Setelah proses instalasi selesai, layar akan meminta kamu untuk menyelesaikan beberapa pengaturan awal seperti pengaturan akun pengguna, koneksi internet, dan keamanan. Ikuti panduan yang tersedia dan lengkapi pengaturan yang diminta.

Setelah selesai, laptopmu akan boot lagi dan siap untuk digunakan secara normal. Jangan lupa untuk menginstal driver dari situs resmi Lenovo setelah kamu berhasil menginstal Windows 8.1.

FAQ

1. Apakah aku bisa menginstal Windows 10 sebagai gantinya?

Ya, kamu bisa menginstal Windows 10 sebagai gantinya. Namun, pastikan laptopmu memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan Windows 10. Selain itu, kamu juga memerlukan produk key Windows 10 untuk menginstalnya. Kamu bisa menggunakan Microsoft Media Creation Tool yang sama untuk membuat flashdisk bootable Windows 10 dan mengikuti langkah-langkah yang sama dengan tutorial ini.

Baca Juga :  Cara Install Microsoft Security Essential Di Windows Server 2003

2. Apa yang harus aku lakukan jika proses instalasi gagal atau terhenti?

Jika proses instalasi gagal atau terhenti sebelum selesai, jangan khawatir. Kamu bisa mencoba untuk mengulangi proses instalasi lagi dari awal. Pastikan bahwa flashdisk bootable Windows yang kamu gunakan masih berfungsi dan urutan boot di BIOS sudah diatur dengan benar. Jika kamu masih mengalami masalah, coba restart laptopmu dan ulangi proses instalasi lagi.

Video Tutorial Cara Instal Ulang Lenovo Ideapad 110-14IBR dengan Flashdisk

Berikut adalah video tutorial cara instal ulang Lenovo Ideapad 110-14IBR dengan menggunakan flashdisk untuk pemula:

Gambar Tutorial Cara Instal Ulang Lenovo Ideapad 110-14IBR dengan Flashdisk

Gambar 1: Microsoft Media Creation Tool

CARA INSTAL WINDOWS 10 ORIGINAL LENOVO IDEAPAD 110

Gambar 2: BIOS Setup Utility

BIOS Setup Utility

Gambar 3: Windows 8.1 Instalation

Windows 8.1 Installation

Demikianlah artikel pilar tentang cara instal ulang Lenovo Ideapad 110-14IBR dengan menggunakan flashdisk. Jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah dengan benar dan hati-hati, serta pastikan bahwa laptopmu memenuhi persyaratan untuk menginstal Windows 8.1. Semoga tutorial ini bermanfaat dan berhasil membantu kamu menginstal ulang laptop Lenovomu. Terima kasih telah membaca!