CARA INSTAL TWRP REDMI 4X MUI 9 ANDROID 7

Cara Pasang / Install TWRP + ROOT Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO)

TWRP Recovery

CARA INSTAL TWRP REDMI 4X MUI 9 ANDROID 7

Sebelum melakukan proses install TWRP Recovery, pastikan baterai perangkat Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO) Anda sudah terisi minimal 50%. Ada beberapa bahan yang harus didownload sebelum memulai proses install TWRP Recovery ini:

  1. Platform Tools (ADB & Fastboot Tools)
  2. TWRP.img atau TWRP.img.tar
  3. SuperSU.zip (untuk melakukan root setelah install TWRP Recovery)

Berikut beberapa langkah-langkah untuk menginstall TWRP Recovery pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO) Anda:

Step 1 – Aktifkan USB Debugging & OEM Unlocking

Untuk mengaktifkan USB Debugging & OEM Unlocking, Anda harus mengaktifkan “Developer Options” terlebih dahulu. Caranya, masuk ke Settings -> About Phone -> Tap “MIUI Version” sebanyak 7 kali hingga muncul notifikasi “You are now a developer!”. Setelah itu, masuk ke Settings -> Additional Settings -> Developer Options. Aktifkan USB Debugging & OEM Unlocking.

Step 2 – Install Platform Tools

Setelah USB Debugging & OEM Unlocking diaktifkan, download Platform Tools dan ekstrak file tersebut di PC/Laptop Anda. Kemudian, atau buka command prompt pada folder Platform Tools yang sudah Anda ekstrak dengan cara ketik “cmd” pada kolom path folder tersebut.

Step 3 – Ekstrak TWRP.img atau TWRP.img.tar

Setelah Platform Tools terinstall, download TWRP.img atau TWRP.img.tar dan ekstrak file tersebut di PC/Laptop Anda. Setelah itu, pastikan file TWRP.img atau TWRP.img.tar yang sudah diekstrak ada pada folder Platform Tools.

Step 4 – Hubungkan Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO) dengan PC/Laptop

Selanjutnya, hubungkan Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO) Anda dengan PC/Laptop menggunakan kabel USB Original. Pada perangkat Xiaomi Anda, pastikan untuk mengaktifkan “USB Debugging & OEM Unlocking” dan “Mi Unlock Status (Di Mi Unlock Status status of bootloader unlocking tersedia dalam pengaturan Mi Account).” Anda akan diminta untuk memasukkan akun Mi Anda jika Anda belum memenuhi persyaratan harus membuka kunci tambahan bootloader.

Step 5 – Buka Command Prompt

Buka Platform Tools yang sudah diextract pada step 2 dengan cara klik kanan pada folder tersebut dan pilih “Open Command Window Here” atau ketik “cmd” pada kolom path folder tersebut.

Step 6 – Masukkan Perintah Fastboot Devices

Selanjutnya, masukkan perintah “fastboot devices” pada command prompt untuk cek apakah perangkat Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO) sudah terhubung dengan PC/Laptop Anda. Biasanya, jika perangkat sudah terhubung, akan muncul nama perangkat, contoh: HT89JWM01368.

Step 7 – Flash TWRP Recovery

Kemudian, masukkan perintah “fastboot flash recovery twrp.img” atau “fastboot flash recovery twrp.img.tar” pada command prompt untuk memulai proses install TWRP Recovery. Pastikan untuk mengganti “twrp.img” atau “twrp.img.tar” sesuai nama file TWRP Recovery yang tersimpan pada PC/Laptop Anda. Proses flashing akan membutuhkan waktu beberapa menit.

Step 8 – Restart Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO)

Setelah proses install TWRP Recovery selesai, cabut kabel USB dari perangkat Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO) dan masuk ke mode TWRP Recovery dengan cara menekan “Volume Up + Power” secara bersamaan selama beberapa detik. Kemudian, pilih “Reboot” dan “System” untuk merestart perangkat Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO) ke mode normal.

Baca Juga :  Cara Instal Windows Mini Di Flashdish

Root Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO)

Root Xiaomi Redmi Note 4X

Setelah berhasil menginstall TWRP Recovery pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO), langkah selanjutnya adalah melakukan root menggunakan SuperSU. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Step 1 – Download SuperSU.zip

Download file SuperSU.zip terbaru di sini. Setelah itu, pindahkan file SuperSU.zip ke internal storage perangkat Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO) Anda.

Step 2 – Masuk ke TWRP Recovery

Matikan perangkat Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO) Anda dan masuk ke TWRP Recovery dengan cara menekan “Volume Up + Power” secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, pilih “Install” dan cari file SuperSU.zip yang sudah dipindahkan pada internal storage perangkat Xiaomi Anda.

Step 3 – Flash SuperSU.zip

Pilih file SuperSU.zip dan geser untuk memulai proses flashing. Setelah proses selesai, pilih “Reboot” dan “System” untuk merestart perangkat Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO) ke mode normal.

FAQ – Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa itu TWRP Recovery dan apa fungsinya?

TWRP Recovery merupakan singkatan dari TeamWin Recovery Project. TWRP Recovery adalah custom recovery yang dirancang untuk memungkinkan pengguna Android untuk mem-flash custom ROM, backup dan restore sistem, serta mengatur dan memperbaiki partisi pada perangkat Android mereka.

Jawaban:

TWRP Recovery sangat penting bagi para pengguna Android yang ingin meng-customisasi perangkat mereka. Dengan menggunakan TWRP Recovery, pengguna Android dapat melakukan backup dan restore sistem mereka, mem-flash custom ROM, serta mengatur dan memperbaiki partisi pada perangkat mereka.

2. Apa itu root pada perangkat Android dan apa keuntungannya?

Root pada perangkat Android merupakan akses ke akar sistem perangkat Android. Sebagai pengguna Android, dengan akses root, Anda memiliki kontrol penuh atas perangkat Android Anda. Beberapa keuntungan dari meng-root perangkat Android meliputi:

  • Menghapus bloatware
  • Meningkatkan performa perangkat
  • Memungkinkan penggunaan aplikasi yang membutuhkan akses root
  • Meng-customisasi tampilan perangkat Android

Jawaban:

Root pada perangkat Android merupakan akses ke akar sistem perangkat Android, dan memberikan pengguna kontrol penuh atas perangkat mereka. Dengan meng-root perangkat Android, pengguna dapat menghapus bloatware, meningkatkan performa perangkat, dan meng-customisasi tampilan perangkat mereka. Namun, harus diingat bahwa meng-root perangkat Android juga bisa merusak perangkat dan dapat mengakibatkan hilangnya garansi perangkat.

Video Tutorial – Cara Pasang / Install TWRP + ROOT Xiaomi Redmi Note 4X (MIDO)