Cara Instal Tar.gz Octave Di Windows

Seperti yang kita ketahui, dalam dunia teknologi terdapat beragam jenis file yang seringkali digunakan, salah satunya yaitu file TAR.GZ. Bagi sebagian orang, mungkin tidak terlalu familiar dengan jenis file ini, namun tidak sedikit pula yang sudah mengenalnya dan bahkan sering menggunakannya. Nah, apabila Anda termasuk dalam golongan yang belum terlalu paham dengan cara menginstal atau membuat file TAR.GZ, maka Anda berada pada artikel yang tepat!

Memahami File TAR.GZ

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara instal atau membuat file TAR.GZ, sebaiknya kita kenali dulu jenis file ini. File TAR.GZ pada dasarnya adalah jenis file arsip yang terdiri dari beberapa file atau direktori. File TAR.GZ biasanya digunakan untuk mengarsipkan file yang cukup banyak sehingga memudahkan pengguna dalam menyimpan dan menggandakan file tersebut. TAR sendiri adalah singkatan dari Tape Archive, sedangkan GZ adalah singkatan dari GNU Zip.

Cara Instal File TAR.GZ pada Ubuntu

Jika Anda merupakan pengguna sistem operasi Ubuntu dan ingin menginstal file TAR.GZ, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh file TAR.GZ yang ingin Anda instal. Untuk melakukan ini, pertama-tama pastikan bahwa Anda memiliki akses internet yang stabil. Kemudian, buka browser Anda dan kunjungi situs web yang menyediakan file TAR.GZ. Setelah itu, langsung saja unduh file tersebut.
  2. Buka terminal pada Ubuntu. Anda bisa membuka terminal dengan menekan tombol Ctrl + Alt + T secara bersamaan pada keyboard. Atau bisa juga menggunakan menu Aplikasi, kemudian cari Terminal dan klik untuk membukanya.
  3. Ekstrak file TAR.GZ. Setelah Anda membuka terminal, maka langkah selanjutnya yaitu mengekstrak file TAR.GZ yang sudah Anda unduh tadi. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan perintah tar -xvf namafile.tar.gz. Pastikan Anda berada di direktori yang tepat sebelum mengekstrak file tersebut.
  4. Jalankan file instalasi. Setelah file TAR.GZ berhasil diekstrak, maka selanjutnya Anda bisa menjalankan file instalasi tersebut. Biasanya file instalasi memiliki ekstensi .sh. Agar dapat menjalankan file instalasi tersebut, Anda perlu memberikan hak akses terlebih dahulu dengan mengikuti perintah chmod +x namafile.sh.
  5. Jalankan file instalasi. Setelah Anda memberikan hak akses kepada file instalasi, selanjutnya Anda bisa langsung menjalankan file tersebut dengan mengetikan perintah ./namafile.sh
  6. Tunggu hingga instalasi selesai. Setelah menjalankan file instalasi, maka Anda tinggal menunggu hingga proses instalasi selesai. Perlu diingat bahwa proses ini bisa memakan waktu yang cukup lama, tergantung dari ukuran file yang diinstal.
  7. Selesai. Setelah instalasi selesai, Anda bisa mencoba apakah file tersebut sudah berhasil diinstal dengan mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada dokumentasi file tersebut.

Cara Membuat File TAR.GZ pada Windows

Jika Anda merupakan pengguna sistem operasi Windows dan ingin membuat file TAR.GZ, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi 7zip. 7zip adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat file TAR.GZ pada sistem operasi Windows. Anda bisa mendownload aplikasi tersebut secara gratis di situs web resminya.
  2. Pilih file dan direktori yang ingin diarsipkan. Setelah Anda berhasil menginstal aplikasi 7zip, selanjutnya adalah memilih file atau direktori yang ingin Anda arsipkan. Caranya, Anda bisa klik kanan pada file atau direktori tersebut, kemudian pilih 7zip dan pilih Add to archive.
  3. Pilih format arsip TAR.GZ. Setelah memilih Add to archive, selanjutnya Anda bisa memilih format arsip yang ingin digunakan. Pada bagian Archive format, pilih format arsip TAR, dan pada bagian Compression level, pilih level kompresi yang diinginkan.
  4. Tunggu hingga proses selesai. Setelah Anda memilih format arsip TAR.GZ, selanjutnya Anda tinggal klik OK dan tunggu hingga proses pembuatan file selesai.
  5. Selesai. Setelah proses pembuatan file TAR.GZ selesai, maka Anda sudah berhasil membuat file tersebut.
Baca Juga :  Cara Sharing Folder Antar Komputer Di Windows 10

FAQ

1. Apakah file TAR.GZ bisa diextract tanpa menggunakan software khusus?

Maaf, tidak bisa. File TAR.GZ memang memerlukan software khusus untuk diekstrak, seperti 7zip, Winzip, atau WinRAR.

2. Apakah file TAR.GZ bisa digunakan pada sistem operasi selain Linux?

Tentu saja bisa. Meskipun file TAR.GZ umumnya digunakan pada sistem operasi Linux, namun file tersebut juga bisa digunakan pada sistem operasi Windows atau macOS.

Dalam video diatas, Anda dapat melihat proses instalasi file TAR.GZ pada sistem operasi Ubuntu secara lebih detail. Semoga video tersebut dapat membantu Anda lebih memahami cara instalasi file TAR.GZ.