CARA EXPORT DATA DARI BOOTSTRAP DATATABLE TO EXCEL

Cara Export Data ke Excel dengan PhpSpreadsheet

Export data ke dalam file Excel menjadi tugas yang sering dilakukan oleh developer. Ada banyak library PHP yang bisa digunakan untuk membuat file Excel, salah satunya adalah PhpSpreadsheet. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara melakukan export data ke dalam file Excel menggunakan PhpSpreadsheet.

Cara Export Data dari Database ke Excel

Sebelum melakukan export data ke dalam file Excel, tentu diperlukan data yang akan diekspor. Pada umumnya, data yang akan diekspor berasal dari database. Berikut adalah cara melakukan export data dari database ke dalam file Excel.

1. Koneksi ke Database

Langkah pertama dalam melakukan export data dari database adalah membuat koneksi ke database. Koneksi ke database bisa dilakukan dengan menggunakan extension PDO atau mysqli. Berikut adalah contoh koneksi ke database menggunakan PDO.

“`
setAttribute(PDO::ATTR_ERRMODE, PDO::ERRMODE_EXCEPTION);
echo “Connected successfully”;

catch(PDOException $e)
echo “Connection failed: ” . $e->getMessage();

?>
“`

Pastikan untuk mengganti nilai variabel $servername, $username, $password, dan $dbname sesuai dengan konfigurasi database yang digunakan.

2. Query Data dari Database

Setelah berhasil terkoneksi ke database, langkah selanjutnya adalah melakukan query data dari database. Query data bisa dilakukan dengan menggunakan extension PDO atau mysqli. Berikut adalah contoh query data menggunakan PDO.

“`
prepare(“SELECT * FROM table_name”);
$stmt->execute();
$result = $stmt->fetchAll(PDO::FETCH_ASSOC);
?>
“`

Pada contoh di atas, dilakukan query seleksi data dari tabel table_name. Hasil query disimpan ke dalam variabel $result dengan format array asosiatif.

3. Membuat File Excel dengan PhpSpreadsheet

Setelah berhasil mendapatkan data yang akan diekspor, langkah selanjutnya adalah membuat file Excel dengan menggunakan library PhpSpreadsheet. Berikut adalah contoh kode untuk membuat file Excel.

“`
getActiveSheet();
$sheet->setCellValue(‘A1’, ‘Nama’);
$sheet->setCellValue(‘B1’, ‘Umur’);

$row = 2;
foreach ($result as $data)
$sheet->setCellValue(‘A’ . $row, $data[‘nama’]);
$sheet->setCellValue(‘B’ . $row, $data[‘umur’]);
$row++;

$writer = new Xlsx($spreadsheet);
$writer->save(‘data.xlsx’);
?>
“`

Pada contoh di atas, terlebih dahulu dilakukan require terhadap library PhpSpreadsheet. Kemudian dibuat objek $spreadsheet dan $sheet. Selanjutnya, dilakukan pengisian nilai pada setiap sel dalam sheet dengan data yang telah diquery sebelumnya. Terakhir, file Excel disimpan dengan nama data.xlsx.

Cara Export Data dari Accurate ke Excel

Accurate merupakan software akuntansi terpercaya yang sering digunakan oleh perusahaan. Salah satu fitur yang dimiliki oleh Accurate adalah kemampuan untuk mengekspor data ke dalam file Excel. Berikut adalah cara export data dari Accurate ke dalam file Excel.

1. Login ke Accurate

Langkah pertama dalam melakukan export data dari Accurate adalah login ke dalam software Accurate. Pastikan username dan password yang digunakan benar dan sesuai dengan akun yang digunakan.

2. Membuka Menu Report

Setelah berhasil masuk ke dalam software Accurate, langkah selanjutnya adalah membuka menu Report. Menu Report terdapat pada bagian sidebar kiri pada tampilan software Accurate.

3. Memilih Report yang Akan Diekspor

Setelah membuka menu Report, pilih report yang akan diekspor ke dalam file Excel. Pada contoh ini, akan diekspor report Penjualan.

Baca Juga :  Cara Meringkas Data Barang Menggunakan Excel

4. Konfigurasi Report

Setelah memilih report, lakukan konfigurasi report sesuai dengan kebutuhan. Pada contoh ini, akan dilakukan konfigurasi report Penjualan dengan menentukan tanggal mulai dan tanggal selesai periode Penjualan.

5. Mengekspor Report ke Excel

Setelah melakukan konfigurasi report, klik tombol Export Excel untuk mengekspor report ke dalam file Excel.

FAQ

Apa itu PhpSpreadsheet?

PhpSpreadsheet adalah library PHP untuk membuat file Excel dan sejumlah format spreadsheet lainnya. Library ini merupakan pengganti dari library PHPExcel yang sudah tidak dikembangkan lagi. Library PhpSpreadsheet memiliki banyak kelebihan dibandingkan library PHPExcel, antara lain performa yang lebih baik dan lebih mudah digunakan.

Bagaimana cara menggunakan PhpSpreadsheet?

Untuk menggunakan PhpSpreadsheet, terlebih dahulu harus didownload dan diinstall pada proyek PHP. Setelah itu, lakukan require terhadap library tersebut pada file PHP yang akan digunakan. Selanjutnya, buat objek spreadsheet dan worksheet. Kemudian, pada objek worksheet, lakukan pengisian nilai pada setiap sel dengan data yang akan diekspor. Terakhir, simpan file Excel dengan menggunakan objek writer.

Video Tutorial: Cara Export Data ke Excel dengan PhpSpreadsheet