CARA COPY RUMUS DARI 2 FILE EXCEL BERBEDA

Cara Mudah Copy dan Paste Rumus Excel

Jika Anda bekerja dengan Microsoft Excel, tentu saja, terkadang Anda harus membuat rumus untuk menghitung data Anda. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menghitung jumlah data atau menerapkan rumus ke seluruh kolom atau baris. Berikut adalah cara mudah dan cepat untuk menyalin dan menempelkan rumus Anda di Microsoft Excel.

Cara Copy Rumus Pada MS Excel Dengan Cepat dan Mudah

Ada dua cara yang dapat Anda gunakan untuk menyalin rumus Anda dengan cepat dan mudah di Microsoft Excel. Berikut adalah dua cara tersebut:

1. Gunakan AutoFill

AutoFill memungkinkan Anda secara otomatis menyalin dan menempelkan rumus Anda ke seluruh sel dalam baris atau kolom yang dipilih.

  1. Pilih sel dengan rumus Anda.
  2. Letakkan mouse Anda pada sudut kanan bawah sel yang dipilih. Mouse Anda akan berubah menjadi tanda tambah.
  3. Tahan tombol kiri mouse dan seret ke sel terakhir yang Anda ingin rumus Anda diterapkan.

CARA COPY RUMUS DARI 2 FILE EXCEL BERBEDA

Anda juga dapat menggunakan tombol fill handle untuk mengisi otomatis rumus Anda.

  1. Klik pada sel dengan rumus Anda.
  2. Tahan tombol kiri mouse dan seret ke sel terakhir yang ingin Anda aplikasikan dengan rumus.

1. Tombol fill handle

2. Gunakan Formula Bar

Jika Anda ingin menyalin rumus dari satu sel ke yang lain secara manual, Anda dapat menggunakan formula bar. Berikut adalah cara menyalin rumus menggunakan formula bar.

  1. Pilih sel dengan rumus yang ingin Anda salin.
  2. Salin rumus dengan menekan tombol Ctrl + C pada keyboard Anda.
  3. Pilih sel yang akan menerima rumus.
  4. Klik pada formula bar dan tempel rumus dengan menekan tombol Ctrl + V.
  5. Selesai.
Baca Juga :  Cara Menghitung Deviasi Di Excel

2. Gunakan Formula Bar

FAQ

1. Bagaimana jika saya perlu menghitung sel yang mengandung angka yang berbeda dengan rumus yang sama?

Anda dapat menopang rumus Anda ke arah di mana angka yang diperhitungkan berubah, misalnya sel pada kolom tetangga. Dengan cara ini, Anda akan menghitung jumlah sel yang benar berdasarkan rumus yang diterapkan pada setiap sel.

2. Bagaimana jika saya ingin mengatur format warna sel di mana rumus diterapkan?

Anda dapat menggunakan fungsi format yang tersedia di Microsoft Excel. Anda dapat memilih sel yang ingin Anda format dan pilih menu ‘format cell’. Di sana, Anda akan menemukan banyak pilihan untuk mengubah format warna sel termasuk mengatur font, ukuran, dan jenis.

Video Tutorial