CARA COPY PASTE SUPAYA SEMUA FILE SAMA EXCEL

Cara Copy Paste Tabel pada Excel agar hasilnya sama tidak selalu mudah dilakukan. Terkadang kita berpikir bahwa hanya dengan menyalin seluruh isi tabel dari satu file ke file lain, kita akan mendapatkan hasil yang sama persis. Namun, pada kenyataannya tidak selalu begitu.

Untuk memastikan hasil copy paste tabel Excel agar sama, terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan. Berikut ini adalah cara copy paste tabel pada Excel agar hasilnya sama:

Menggunakan Menu Paste Special

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan menu paste special.

Menu paste special sendiri merupakan sebuah menu pada Excel yang terdapat pada menu paste. Menu paste special memungkinkan kita untuk menentukan jenis format yang ingin di-copy paste secara detail.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan menu paste special:

  1. Buka file Excel yang berisi tabel
  2. Pilih seluruh isi tabel (klik tombol di atas daerah nomor
  3. Klik kanan pada isi tabel, kemudian pilih Copy atau tekan tombol CTRL + C pada keyboard
  4. Buka file Excel yang ingin ditempatkan tabelnya
  5. Pilih sel di mana tabel ingin ditempatkan
  6. Klik kanan sel tersebut dan pilih Paste Special atau tekan tombol CTRL + ALT + V pada keyboard
  7. Akan muncul sebuah jendela Paste Special, pilih Microsoft Excel Worksheet Object pada kategori Paste dan pilih Preferences (untuk Mac) atau Options (untuk Windows).
  8. Pilih kategori Table pada daftar sel kiri dan sel artinya di sebelah kanan (Edit Tabular Format as Table), kemudian klik OK dan pilih sel yang berisi tabel tersebut (harus di seleksi terlebih dahulu secara manual)
  9. Selamat! Tabel berhasil dicopy paste dengan hasil yang sama dengan file asli

Menggunakan Google Sheets

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Google Sheets. Google Sheets merupakan sebuah program spreadsheet online yang dapat diakses melalui browser.

Dengan menggunakan Google Sheets, kita dapat dengan mudah menyalin data dari file Excel ke Google Sheets. Hal ini dikarenakan Google Sheets dan Excel memiliki kemampuan yang sama dalam hal pengolahan data.

Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan Google Sheets:

  1. Buka file Excel yang berisi tabel
  2. Pilih seluruh isi tabel (klik tombol di atas daerah nomor
  3. Klik kanan pada isi tabel, kemudian pilih Copy atau tekan tombol CTRL + C pada keyboard
  4. Buka Google Sheets, buat spreadsheet baru
  5. Pilih sel di mana tabel ingin ditempatkan
  6. Klik kanan sel tersebut dan pilih Paste atau tekan tombol CTRL + V pada keyboard
  7. Akan muncul sebuah jendela Paste, pilih Keep Formatting pada bagian bawah jendela
  8. Selamat! Tabel berhasil dicopy paste dengan hasil yang sama dengan file asli pada Google Sheets

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika hasil copy paste tabel di Excel tidak sama?

Apabila hasil copy paste tabel di Excel tidak sama, maka perlu diperiksa dahulu apakah semua data pada tabel sudah ter-copy paste dengan benar atau tidak. Selain itu, perlu juga diperiksa apakah format tabel sudah tepat atau tidak.

2. Apakah ada cara lain untuk memastikan hasil copy paste tabel di Excel sama persis?

Selain dengan menggunakan menu paste special atau Google Sheets, terdapat beberapa cara lain untuk memastikan hasil copy paste tabel di Excel sama persis. Beberapa cara tersebut antara lain dengan menggunakan third-party tool, seperti Kutools for Excel, atau menggunakan fitur Convert to Table pada Excel.

Baca Juga :  CARA BIAR DATA M EXCEL YG PANJANG MUAT

Video Tutorial

Kesimpulan

Mendapatkan hasil copy paste tabel di Excel yang sama persis sangat penting, terutama bagi mereka yang bekerja di bidang keuangan atau sekolah. Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk memastikan hasil copy paste tabel di Excel sama persis, yaitu dengan menggunakan menu paste special atau menggunakan Google Sheets.

Dalam melakukan copy paste tabel di Excel, perlu diperhatikan juga hal-hal yang mempengaruhi hasil copy paste tabel. Beberapa hal tersebut antara lain format tabel, ukuran kolom, dan jenis data pada tabel.

Terakhir, jika terdapat masalah pada hasil copy paste tabel di Excel, perlu diperiksa terlebih dahulu apakah data sudah ter-copy paste dengan benar atau tidak, dan apakah format tabel sudah tepat atau tidak.