CARA COPY PASTE RUMUS EXCEL TIDAK BERUBAH

Copy paste rumus excel seringkali membuat mereka yang baru belajar excel merasa kesulitan. Sebab, ketika rumus di-copy paste, entah ke sel yang lain atau ke workbook excel yang lain, seringkali rumus tersebut berubah, sehingga hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan. Namun, jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan panduan cara copy paste rumus excel agar tidak berubah. Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Copy Paste Rumus Excel Agar Tidak Berubah

Saat menggunakan rumus excel, terkadang kita ingin men-copy paste rumus tersebut ke sel yang lain, agar tidak perlu mengetik ulang rumus yang sama. Namun, ketika rumus tersebut di-copy paste, seringkali malah berubah dan membuat output hasil tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Berikut adalah cara copy paste rumus excel agar tidak berubah:

1. Menggunakan Absolute Reference ($)

Yang dimaksud dengan absolute reference adalah mempertahankan referensi cell yang digunakan dalam suatu rumus agar tetap stabil, tak berubah ketika kita me-copy paste formula ke cell lain. Penempatan tanda dollar ($) pada cell reference di excel akan menjadikan alamat cell yang di-referensikan tetap, meski formula tersebut kita pindahkan ke cell lain.

Baca Juga :  Cara Membuat Angka Persentase Di Excel

Contohnya, misalkan ada sebuah tabel pada workbook excel yang memuat data sebanyak 10 baris dan 4 kolom, dengan data pada setiap kolom dihitung menggunakan rumus tertentu. Sebagai contoh, kita akan menggunakan rumus untuk menghitung harga diskon pada suatu harga barang yang kita jual:

CARA COPY PASTE RUMUS EXCEL TIDAK BERUBAH

Supaya kolom Total Harga Diskon tersebut tidak berubah saat kita copy dan paste formula pada sel lainnya, kita perlu menggunakan tanda “$” pada cell yang kita referensikan. Sehingga rumus yang kita gunakan seharusnya terlihat seperti contoh berikut ini:

=H2-($H2*$I$1)

Dalam rumus tersebut, cell H2 tidak menggunakan tanda dollar ($), sehingga cell tersebut bisa berpindah-pindah pada saat kita men-copy rumus pada sel lainnya. Sedangkan cell H2 dan I1 menggunakan tanda dollar ($), sehingga saat di-copy dan dipaste pada sel lain, alamat cell yang diberi tanda dollar tersebut tidak akan berubah.

Maka ketika rumus tersebut kita copy paste ke bawah dengan menggunakan fill handle, maka hasilnya tidak akan berubah:

Cara Mengunci Rumus Excel Agar Tidak Berubah

2. Menggunakan Copy Paste Special (Values)

Cara lain yang bisa kita gunakan untuk copy paste rumus excel agar tidak berubah adalah dengan menggunakan fitur copy paste special. Kita bisa melakukan copy pada cell yang berisi rumus, lalu pilih paste special, dan pilih values. Dengan memilih values, maka hasil paste kita akan menjadi nilai fixed atau nilai yang tidak akan berubah.

Misalkan kita memiliki tabel dengan formula seperti dibawah ini:

2 Cara Copy Paste Word & Rumus Excel Tanpa Merubah Format

Apabila ingin menghilangkan rumus dan membuatnya menjadi nilai statis agar tidak berubah lagi, maka kita bisa menggunakan cara ini:

  1. Pilih cell yang ingin di-copy, klik kanan, dan pilih copy;
  2. Pilih range target di mana kita hendak paste, klik kanan, dan pilih paste special;
  3. Pilih Values.
Baca Juga :  Cara Hitung Kuadrat Di Excel

Maka sel yang baru tersebut akan berisi nilai fixed, dan jika dirubah, maka nilai tersebut tidak akan berubah lagi.

Cara Copy Paste Rumus Excel Tidak Berubah dengan Benar

Ketika bekerja dengan rumus excel, terkadang kita ingin men-copy paste rumus tersebut ke sel yang lain agar lebih efisien. Namun, agar hasil dari rumus tersebut sesuai dengan yang diinginkan, kita harus mengetahui cara copy paste rumus excel agar tidak berubah dengan benar.

Berikut adalah tips cara copy paste rumus excel agar tidak berubah dengan benar:

1. Membuat Sel Yang Diacu Tidak Berpindah

Dalam beberapa kasus, kita ingin mengacu pada satu sel yang sama untuk beberapa rumus yang berbeda, misalnya kita ingin menghitung persentase total pendapatan untuk setiap produk pada tabel data pendapatan kita:

Inilah Tips Cara Copy Paste Rumus Excel Tidak Berubah yang Wajib

Dalam tabel di atas, kita ingin menghitung persentase pendapatan harian untuk setiap produk. Namun, apabila kita menggunakan rumus yang sama untuk semua sel, maka ketika kita men-copy formula untuk produk lainnya, maka sel yang diacu juga akan berubah dengan sendirinya. Sehingga kita akan kehilangan referensi yang kita butuhkan, dan rumus yang kita copy paste ke sel lainnya menjadi tidak akurat.

Solusi dari masalah ini adalah kita harus membuat sel yang kita acu supaya tidak berpindah-pindah saat kita copy paste formula ke sel lainnya. Caranya adalah dengan mengunci sel tertentu yang harus kita acu di ruas $A$2.

Maka kita bisa menggunakan formula:

=C2/$A$2

Dengan menggunakan formula tersebut, kita me-lock kolom A pada sel $A$2, sehingga ketika kita copy dan paste formula tersebut ke sel lain, cell A2 yang diacu tersebut tetap sama. Sehingga formula yang kita copy paste pada setiap sel produk akan terlihat seperti berikut:

Baca Juga :  CARA HAPUS DUPLIKAT DATA DI BARIS DENGAN FUNCTION EXCEL

=C3/$A$2

Ketika kita ingin copy paste rumus ini ke dalam sel lainnya seperti C4 atau C5, maka rumus akan tetap sama karena kita telah mengunci salah satu sel acuan.

2. Menghindari Kesalahan Pengetikan

Kita juga harus memeriksa kembali hasil copy paste rumus excel apabila kita tidak mengalami kendala ketika menggunakannya. Beberapa masalah seringkali terjadi ketika kita salah mengetik sebuah rumus pada rumus asli. Dalam beberapa kasus, kita mungkin akan melihat pesan warning ketika rumus tersebut tidak dapat dihitung. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa setiap formula yang kita pindahkan agar tidak mengalami masalah saat digunakan nantinya.

FAQ

Pertanyaan 1: Apa penyebab rumus excel berubah saat di-copy paste?

Jawaban: Rumus excel berubah saat di-copy paste biasanya dikarenakan alamat cell yang saling berhubungan bersifat relatif. Artinya, ketika rumus tersebut dipindahkan ke sel yang lain, alamat cell juga ikut berubah. Sehingga rumus yang tadinya benar menjadi salah.

Pertanyaan 2: Apa itu absolute reference dan bagaimana cara menggunakannya?

Jawaban: Absolute reference adalah mempertahankan referensi cell yang digunakan dalam suatu rumus agar tetap stabil, tak berubah ketika kita me-copy paste formula ke cell lain. Penempatan tanda dollar ($) pada cell reference di excel akan menjadikan alamat cell yang di-referensikan tetap, meski formula tersebut kita pindahkan ke cell lain.

Video Tutorial: Cara Copy Paste Rumus Excel Agar Tidak Berubah

Berikut adalah video tutorial cara copy paste rumus excel agar tidak berubah: