Cara Cepat Membuat Font Besar Dan Kecil Di Excel

Di era digital ini, penggunaan Microsoft Excel sebagai software pengolah data sudah sangat umum dilakukan. Namun, terkadang kita masih kesulitan dalam mengoperasikan beberapa fitur pada Excel, salah satunya adalah mengubah huruf menjadi besar atau kecil. Padahal, penggunaan huruf besar atau kecil pada Excel dapat membantu dalam mempermudah pembacaan data. Berikut adalah beberapa cara untuk mengubah huruf menjadi besar atau kecil pada Microsoft Excel:

Cara Membuat Huruf Kecil di Excel

Apabila Anda ingin mengubah huruf menjadi kecil pada Excel, terdapat dua cara yaitu dengan shortcut keyboard dan dengan fungsi LOWER pada Excel. Berikut adalah cara-caranya:

1. Shortcut Keyboard

Cara ini sangat simpel dan mudah dilakukan, yaitu dengan menekan tombol SHIFT + F3 pada keyboard. Tombol ini akan mengubah seluruh huruf yang ditandai menjadi huruf kecil.

Cara Cepat Membuat Font Besar Dan Kecil Di Excel

2. Fungsi LOWER pada Excel

Jika Anda ingin merubah beberapa huruf menjadi kecil saja, Anda dapat menggunakan fungsi LOWER pada Excel. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memilih sel atau kolom yang ingin diubah dan memasukkan formula =LOWER(cell) atau =LOWER(range) pada sel yang bersebelahan. Formula ini akan merubah sel atau kolom yang dipilih menjadi huruf kecil.

Contoh:

  1. Pilih sel B2.
  2. Masukkan formula =LOWER(A2) pada sel B2.
  3. Hasilnya, sel B2 akan menampilkan isi sel A2 dengan huruf kecil.

Cara Membuat Huruf Besar di Excel

Apabila Anda ingin mengubah huruf menjadi besar pada Excel, teknik yang digunakan mirip seperti ketika Anda ingin membuat huruf kecil. Untuk mengubah huruf menjadi besar pada Excel, terdapat dua cara yaitu dengan shortcut keyboard dan dengan fungsi UPPER pada Excel. Berikut cara-caranya:

1. Shortcut Keyboard

Cara ini sama seperti ketika Anda ingin mengubah huruf menjadi kecil, yaitu dengan menekan tombol SHIFT + F3 pada keyboard. Tombol ini akan mengubah seluruh huruf yang ditandai menjadi huruf besar.

2. Fungsi UPPER pada Excel

Anda juga dapat menggunakan fungsi UPPER pada Excel untuk mengubah huruf menjadi huruf besar. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memilih sel atau kolom yang ingin diubah dan memasukkan formula =UPPER(cell) atau =UPPER(range) pada sel yang bersebelahan. Formula ini akan merubah sel atau kolom yang dipilih menjadi huruf besar.

Contoh:

  1. Pilih sel B2.
  2. Masukkan formula =UPPER(A2) pada sel B2.
  3. Hasilnya, sel B2 akan menampilkan isi sel A2 dengan huruf besar.

Cara Mengubah Huruf Besar atau Kecil dengan Proper di Excel

Selain dengan cara manual pada fungsi LOWER dan UPPER yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda juga dapat mengubah huruf menjadi huruf besar atau kecil dengan menggunakan fungsi PROPER pada Excel. Fungsi PROPER akan mengubah huruf pada awal kalimat menjadi huruf besar, sedangkan huruf lainnya menjadi huruf kecil. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memilih sel atau kolom yang ingin diubah dan memasukkan formula =PROPER(cell) atau =PROPER(range) pada sel yang bersebelahan. Formula ini akan merubah sel atau kolom yang dipilih menjadi huruf besar atau kecil sesuai dengan aturan yang berlaku pada fungsi PROPER.

Contoh:

  1. Pilih sel B2.
  2. Masukkan formula =PROPER(A2) pada sel B2.
  3. Hasilnya, sel B2 akan menampilkan isi sel A2 dengan aturan yang berlaku pada fungsi PROPER.

Cara Mengubah Huruf Besar Kecil di Excel Dengan Proper, Upper, Lower

Dengan menggunakan teknik-teknik di atas, mengubah huruf menjadi besar atau kecil pada Excel akan menjadi lebih mudah dan cepat dilakukan. Namun, terkadang masih ada beberapa kendala yang sering dialami oleh pengguna Excel, berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai mengubah huruf menjadi besar atau kecil pada Excel beserta jawabannya:

Baca Juga :  CARA MEMBUAT GRAFIK GARIS DI EXCEL DENGAN 3 VARIABEL

FAQ

1. Apakah mengubah huruf pada Excel dapat merubah seluruh data pada file Excel?

Tidak. Ketika Anda mengubah huruf pada Excel hanya akan merubah data atau sel yang Anda seleksi. Jika Anda ingin merubah huruf pada sel lain, Anda perlu mengubah nya secara manual atau dengan menggunakan teknik yang telah dijelaskan sebelumnya.

2. Apakah ada cara untuk mengubah huruf menjadi kecil atau besar pada Excel secara otomatis?

Ya. Anda dapat menggunakan teknik penyelesaian masalah dengan menggunakan fungsi IF pada Excel. Caranya, cukup tambahkan rumus IF pada formula yang telah dibuat, maka Excel akan mengubah huruf secara otomatis sesuai dengan fungsi yang digunakan.

Berikut adalah contoh rumus IF:

  1. Pilih sel B2.
  2. Masukkan formula =IF(A2“”,UPPER(A2),””) pada sel B2.
  3. Rumus ini akan mengubah sel B2 menjadi huruf besar secara otomatis jika sel A2 tidak kosong.

Anda juga dapat menggunakan formula yang sama untuk mengubah huruf menjadi huruf kecil dengan menggunakan fungsi LOWER.

Video Tutorial: Cara Menulis dengan huruf Sambung

Berikut adalah video tutorial cara menulis dengan huruf sambung pada Microsoft Word yang dapat membantu meningkatkan keterampilan mengetik Anda:

Dengan memahami teknik-teknik yang dijelaskan di atas, Anda akan mampu mengubah huruf menjadi besar atau kecil pada Excel dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk mencoba berbagai teknik yang telah dijelaskan pada artikel ini serta konsultasikan pada teman atau keluarga jika terdapat kendala dalam mengubah huruf pada Excel. Terima kasih dan semoga bermanfaat!