CARA APLIKASI FILE EXCEL AGAR TIDAK BISA DIEDIT DENGAN URUTAN

Excel merupakan salah satu aplikasi perkantoran yang sudah sangat terkenal di dunia. Aplikasi ini digunakan untuk mempermudah tugas-tugas perhitungan dan penyajian data dalam bentuk tabel. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Excel, seperti cara mengubah file Excel menjadi PDF agar tidak terpotong dan cara mengunci file Excel agar tidak bisa diedit atau dicopy oleh orang lain. Inilah beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam penggunaan Excel.

Cara Mengubah File Excel menjadi PDF agar Tidak Terpotong

CARA APLIKASI FILE EXCEL AGAR TIDAK BISA DIEDIT DENGAN URUTAN

Saat kamu mengubah file Excel menjadi PDF, terkadang format tabel dan teks yang semula rapi dan sesuai dengan ukuran kertas menjadi terpotong ketika di-print atau dibuka di software PDF viewer. Hal ini tentu akan mengganggu ketika kamu ingin mempercantik hasil karyamu atau mengirimkan dokumen hasil karyamu kepada orang lain. Untuk mengatasi hal itu, berikut adalah cara mengubah file Excel menjadi PDF agar tidak terpotong.

  1. Langkah pertama adalah mengatur ukuran kertas di Excel terlebih dahulu. Pilih tab Page Layout, lalu klik Size dan tentukan ukuran kertas yang diinginkan.
  2. Setelah itu, klik tab Print Area dan tentukan area yang ingin kamu cetak dengan mengklik tombol Set Print Area. Kamu juga bisa mengatur tampilan dengan menentukan ordinate dan abcissa pada kotak Page Setup.
  3. Setelah mengatur ukuran kertas dan Print Area, klik tab File dan pilih Export. Kemudian, pilihlah Create PDF/XPS Document dan pilih Publish Options. Pada tab Page Range, kamu bisa memilih berapa banyak lembar yang ingin dicetak.
  4. Jika kamu ingin mengatur tampilan halaman, kamu juga bisa mengatur Margins dari PDF hasil ekspor dengan mengklik tombol Options. Lalu, pilihlah warna background sesuai keinginan jika kamu ingin menambahkan efek di halaman PDF yang kamu buat. Setelah itu, klik OK.
  5. Terakhir, setelah memastikan bahwa semua pengaturan telah dilakukan dengan benar, kamu bisa klik Publish dan PDF hasil ekspor pun akan siap dicetak atau dibagikan ke orang lain.

Cara Mengunci File Excel Agar Tidak Bisa Diedit dan Dicopy

Cara Mengunci File Excel Agar Tidak Bisa Diedit Dan Dicopy

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengunci file Excel agar tidak bisa diedit dan dicopy oleh orang lain. Hal ini sangat penting dilakukan jika kamu ingin menjaga privasi dan keamanan data dalam dokumen tersebut. Berikut adalah cara mengunci file Excel agar tidak bisa diedit dan dicopy.

  1. Pilih Sheet yang ingin kamu kunci. Klik kanan pada Sheet tersebut, lalu pilih Protect Sheet.
  2. Setelah itu, akan muncul jendela Protect Sheet. Kamu bisa memilih password dan aturan-aturan yang ingin diaplikasikan pada Sheet tersebut. Misalnya, kamu bisa memilih untuk mengunci cell tertentu atau memberikan izin untuk mengedit pada cell tertentu.
  3. Setelah memilih pengaturan yang diinginkan, masukkan password yang ingin kamu gunakan untuk mengunci Sheet tersebut. Pastikan kamu mengingatnya dengan baik karena jika lupa, kamu tidak akan bisa membuka Sheet tersebut lagi.
  4. Selanjutnya, klik OK dan Sheet tersebut akan terkunci. Jika ada orang yang mencoba untuk mengedit atau menyalin isi Sheet tersebut, mereka akan diminta memasukkan password terlebih dahulu.
  5. Kamu juga bisa memilih untuk mengunci seluruh workbook dengan cara mengulangi langkah tersebut di atas untuk setiap Sheet yang ada pada workbook tersebut. Namun, pastikan kamu mengingat password yang kamu gunakan untuk mengunci workbook tersebut.
Baca Juga :  Cara Membuat 1 Data Muncul Di Excel Beberapa Data

FAQ

Q: Apa yang dimaksud dengan Print Area dalam Excel?

A: Print Area adalah area yang telah ditentukan di Excel yang akan dicetak atau diubah menjadi PDF. Dengan menentukan Print Area, kamu bisa memastikan tampilan dokumen yang dihasilkan sesuai dengan keinginanmu.

Q: Apa yang harus dilakukan jika lupa password untuk membuka Sheet yang telah dikunci?

A: Jika kamu lupa password untuk membuka Sheet yang telah dikunci, kamu bisa mencoba beberapa cara untuk membuka kembali Sheet tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan software khusus yang bisa membuka password Excel. Namun, kamu juga harus hati-hati dan pastikan software yang kamu gunakan terpercaya dan bekerja dengan baik, karena jika tidak, data penting dalam dokumen tersebut bisa saja terbuka oleh orang yang tidak berhak.

Video Tutorial: Cara Mengubah File Excel menjadi PDF agar Tidak Terpotong