CARA AMBIL DATA SHEET PADA EXCEL

Data tersebut memuat informasi mengenai beberapa cara untuk mengambil dan memproses data di aplikasi Microsoft Excel. Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki banyak pengguna Microsoft Excel, tentunya membutuhkan pengetahuan mengenai cara mengambil dan memproses data agar dapat memaksimalkan penggunaan aplikasi ini. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa cara ambil data di Excel yang mungkin berguna bagi pengguna di Indonesia.

1. Cara Ambil Data dari File Excel Lain Tanpa Buka Workbooknya

Mungkin seringkali terjadi dimana kita ingin mengambil data dari suatu workbook tertentu, namun tidak ingin membuka workbook tersebut karena alasan tertentu. Ada banyak alasan mengapa seseorang tidak ingin membuka workbook, seperti karena tidak ingin merusak atau mengedit data tersebut, ingin menghemat RAM pada komputer, atau ingin memproses data tanpa membuka aplikasi Excel.

Untuk mengambil data dari workbook lain, kita bisa menggunakan fitur Excel bernama “GetData”. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka workbook yang ingin kita gunakan sebagai sumber data. Biasanya workbook ini memiliki struktur data atau format yang kita inginkan.
  2. Buatlah workbook baru yang kosong.
  3. Klik menu Data dan pilih Get Data dari Workbook lain. Kemudian cari file workbook yang ingin kita ambil datanya dan pilih.
  4. Pilih tabel atau sel yang ingin kita ambil dari workbook sumber tersebut.
  5. Pilih tempat untuk menempatkan tabel atau sel tersebut di workbook baru yang kita buat.
  6. Setelah selesai, kita bisa menyimpan workbook baru tersebut dan mulai memproses datanya.

2. Cara Ambil Data Berdasarkan Nilai Atau Record Yang Sama Di Excel

Saat kita bekerja dengan data yang besar, seringkali kita ingin memproses data tersebut berdasarkan nilai atau record tertentu. Misalnya, kita ingin mengambil semua data yang memiliki nilai tertentu, atau ingin melakukan operasi matematika pada beberapa data yang memiliki record yang sama. Cara mengambil data berdasarkan nilai atau record tertentu di Excel bisa dilakukan dengan menggunakan fitur filter atau fungsi Excel bernama “VLOOKUP”.

Untuk menggunakan filter, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka workbook dan pilih seluruh data yang ingin diambil.
  2. Klik menu Data dan pilih Filter. Maka akan muncul menu filter pada seluruh kolom data.
  3. Pilihlah nilai atau record yang ingin diambil pada satu atau lebih kolom data.
  4. Sisa data yang dipilih akan tetap tampil, sehingga kita bisa memproses data tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Untuk menggunakan fungsi VLOOKUP, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka workbook dan pilih seluruh data yang ingin diambil.
  2. Pada sel kosong di bawahnya, masukkan rumus VLOOKUP.
  3. Masukkan parameter yang dibutuhkan oleh rumus VLOOKUP, yaitu nilai atau record yang ingin diambil, dan range data yang ingin diambil.
  4. Selanjutnya, kita bisa menyalin rumus VLOOKUP tersebut ke seluruh kolom data.
  5. Data yang diambil oleh VLOOKUP akan muncul pada kolom yang kita tentukan.

FAQ

1. Bagaimana jika file Excel yang ingin kita ambil datanya memiliki password?

Untuk mengambil data dari file Excel yang terproteksi dengan password, kita harus memasukkan password tersebut pada saat kita melakukan pengambilan data menggunakan fitur GetData di Excel. Jika kita tidak memasukkan password yang benar, maka kita tidak bisa mengambil data dari file tersebut.

Baca Juga :  Cara Mengimpor Data Dari Access Ke Excel

2. Apa saja jenis data yang bisa diambil menggunakan fitur GetData di Excel?

Fitur GetData pada Excel bisa digunakan untuk mengambil berbagai jenis data, baik data dalam bentuk angka, teks, tanggal, atau kombinasi dari semuanya. Selain itu, kita juga bisa mengambil data dari tabel, daftar, atau berbagai jenis sumber data lainnya.

Video tutorial: Cara Ambil Data Dari Sheet Lain Di Excel

Penutup

Mengambil dan memproses data adalah bagian yang penting dalam penggunaan aplikasi Excel. Dengan menguasai beberapa cara ambil data seperti yang telah dijelaskan di atas, kita bisa memaksimalkan penggunaan Excel dan menghemat waktu serta energi dalam memproses data. Selain itu, dengan adanya video tutorial yang telah disediakan, kita bisa lebih mudah memahami dan menguasai teknik-teknik tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca di Indonesia.