CARA AMBIL DATA EXCEL SESUAI KONDISI

Excel adalah salah satu program yang banyak digunakan di dunia bisnis dan perkantoran. Dengan Excel, kita dapat melakukan banyak hal, seperti menghitung angka, membuat grafik, dan tentu saja mengelola data. Namun, sering kali kita perlu mengambil data dari berbagai sumber, seperti file Excel lain, situs web, atau aplikasi bisnis lainnya. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengambil data dari berbagai sumber tersebut.

Ambil Data dari File Excel Lain Tanpa Buka Workbooknya

CARA AMBIL DATA EXCEL SESUAI KONDISI

Cara pertama yang akan kita bahas adalah mengambil data dari file Excel lain tanpa perlu membuka workbook-nya. Hal ini sangat berguna jika kita hanya perlu menggunakan beberapa data saja dari workbook tersebut, dan tidak ingin membuka workbook-nya secara keseluruhan.

Jadi, bagaimana cara melakukannya? Ada beberapa cara, namun yang paling mudah adalah dengan menggunakan fitur “Get External Data” di Excel. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengambil data dari berbagai sumber, seperti file Excel lain, database, atau bahkan situs web.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka file Excel tempat kita ingin menempatkan data yang akan diambil.
  2. Pilih tab “Data” di menu ribbon Excel.
  3. Klik “From Other Sources” di grup “Get External Data”.
  4. Pilih “From Microsoft Query” atau “From Microsoft Query Wizard” (jangan memilih “From Microsoft Query (Legacy)”).
  5. Pilih file Excel yang akan kita ambil datanya. Jika file tersebut dilindungi kata sandi, masukkan kata sandinya.
  6. Pilih tabel atau rentang sel yang akan kita ambil datanya.
  7. Atur opsi pengambilan data sesuai kebutuhan kita.
  8. Setelah selesai, Excel akan menampilkan dialog “Import Data”. Pilih “PivotTable Report” atau “Table” jika kita ingin memasukkan datanya ke dalam tabel Pivot atau tabel Excel.
  9. Atur tata letak dan angka yang akan ditampilkan.
  10. Selesai!

Dengan menggunakan fitur “Get External Data” di Excel, kita dapat dengan mudah mengambil data dari file Excel lain tanpa perlu membuka workbook-nya secara keseluruhan. Selain itu, fitur ini juga dapat digunakan untuk mengambil data dari berbagai sumber lainnya, seperti database atau situs web.

Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Abjad, Kelas, Tanggal

Cara Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Abjad, Kelas, Tanggal

Cara kedua yang akan kita bahas adalah mengurutkan data di Excel berdasarkan abjad, kelas, atau tanggal. Hal ini sangat berguna jika kita memiliki data yang ingin diurutkan untuk mempermudah pencarian atau analisis data.

Untuk mengurutkan data di Excel, kita dapat menggunakan fitur “Sort” di menu “Data” di ribbon Excel. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengurutkan data berdasarkan satu atau beberapa kolom, serta dapat diatur dalam urutan naik atau turun.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih range sel yang akan kita urutkan.
  2. Pilih tab “Data” di menu ribbon Excel.
  3. Klik “Sort” di grup “Sort & Filter”.
  4. Pilih kolom yang akan kita gunakan untuk mengurutkan data.
  5. Tentukan urutan pengurutan (naik/turun) untuk setiap kolom. Kita juga dapat menambahkan lebih dari satu kolom untuk pengurutan berdasarkan lebih dari satu kriteria.
  6. Tentukan opsi pengurutan lainnya, seperti pengurutan berdasarkan kelas atau tanggal.
  7. Setelah selesai, klik “OK”. Excel akan mengurutkan data kita sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Dengan menggunakan fitur “Sort” di Excel, kita dapat dengan mudah mengurutkan data kita berdasarkan abjad, kelas, atau tanggal. Fitur ini sangat berguna untuk mempermudah pencarian atau analisis data kita.

Cara Import Ambil Data dari Web ke Excel

[Tutorial] Ambil Data Dari Sheet Lain Di Excel | Dengan Gambar

Cara ketiga yang akan kita bahas adalah cara mengambil data dari situs web dan memasukkannya ke dalam Excel. Hal ini sangat berguna jika kita perlu menggunakan data yang tersedia di situs web untuk analisis atau pelaporan.

Ada beberapa cara untuk mengambil data dari situs web ke Excel, namun yang paling mudah adalah dengan menggunakan fitur “From Web” di Excel. Fitur ini memungkinkan kita untuk memasukkan URL situs web dan mengambil data yang dibutuhkan dengan mudah.

Baca Juga :  CARA INSERT PDF KE EXCEL

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka file Excel tempat kita ingin menempatkan data dari situs web.
  2. Pilih tab “Data” di menu ribbon Excel.
  3. Klik “From Web” di grup “Get & Transform”.
  4. Masukkan URL situs web yang ingin kita ambil datanya.
  5. Klik “OK”. Excel akan menampilkan situs web dalam tampilan “Navigasi Web”.
  6. Pilih tabel atau rentang sel yang akan kita ambil datanya.
  7. Klik “Load”. Excel akan memasukkan data dari situs web ke dalam file Excel kita.

Dengan menggunakan fitur “From Web” di Excel, kita dapat dengan mudah mengambil data dari situs web dan memasukkannya ke dalam Excel. Fitur ini sangat berguna untuk analisis atau pelaporan data yang bersumber dari situs web.

Cara Ambil Data Terakhir Excel

CARA AMBIL DATA TERAKHIR EXCEL - LOGIKA KEDUA

Cara terakhir yang akan kita bahas adalah cara mengambil data terakhir di Excel. Hal ini sangat berguna jika kita memiliki data berkelanjutan dan ingin mengambil data terakhir yang tersedia.

Ada beberapa cara untuk mengambil data terakhir di Excel, namun yang paling sederhana adalah dengan menggunakan fungsi “INDEX” dan “COUNTA”. Fungsi “INDEX” digunakan untuk mengambil nilai sel tertentu dalam range sel, sedangkan fungsi “COUNTA” digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi teks atau angka.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih range sel yang ingin kita ambil data terakhirnya.
  2. Sisipkan baris kosong di bawah range sel tersebut.
  3. Pada baris kosong, gunakan fungsi “COUNTA” untuk menghitung jumlah sel yang berisi teks atau angka pada range sel. Contoh: =COUNTA(A:A)
  4. Pada baris kosong, gunakan fungsi “INDEX” untuk mengambil nilai sel terakhir pada range sel. Contoh: =INDEX(A:A,COUNTA(A:A))

Dengan menggunakan fungsi “INDEX” dan “COUNTA” di Excel, kita dapat dengan mudah mengambil data terakhir yang tersedia dalam range sel. Fitur ini sangat berguna jika kita memiliki data berkelanjutan dan ingin mengambil nilai terakhirnya untuk analisis atau pelaporan.

FAQ

1. Apakah fitur “Get External Data” dapat digunakan untuk mengambil data dari situs web?

Tidak, fitur “Get External Data” di Excel hanya dapat digunakan untuk mengambil data dari file Excel lain, database, atau sumber data lain yang terhubung dengan Excel. Untuk mengambil data dari situs web, kita perlu menggunakan fitur “From Web” di Excel atau menggunakan cara lain, seperti menggunakan program yang dapat mengambil data dari situs web.

2. Apakah cara mengambil data terakhir di Excel hanya dapat digunakan pada satu range sel?

Tidak, cara mengambil data terakhir di Excel dapat digunakan pada berbagai range sel, baik dalam satu kolom atau lebih. Yang penting adalah kita harus menambahkan baris kosong di bawah range sel yang ingin kita ambil datanya, dan menggunakan fungsi “COUNTA” dan “INDEX” dengan benar pada baris kosong tersebut.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial tentang cara mengambil data dari file Excel lain tanpa membuka workbook-nya: