Sebagai pengguna Microsoft Excel, seringkali kita menemukan masalah saat mencetak file Excel. Salah satu masalah yang sering muncul adalah ketika cetakan hasil print menjadi terpotong dan tidak sempurna. Tidak hanya itu, ada juga masalah lain seperti format angka yang berubah saat disalin ke cel Excel lain, atau terkadang kita ingin menyembunyikan rumus agar tidak terlihat oleh orang lain. Nah, dalam artikel pilar ini kita akan membahas cara mengatasi masalah-masalah tersebut dengan mudah dan praktis.
Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong
Saat membuat sebuah dokumen Excel, kita pasti ingin hasil cetaknya sempurna dan tidak terpotong pada bagian-bagian tertentu. Bagaimana cara agar hasil cetak kita tetap utuh dan tidak terpotong? Berikut cara print Excel agar tidak terpotong:
- Pastikan ukuran kertas yang digunakan sesuai dengan ukuran kertas yang ingin dicetak.
- Pilih File>Page Setup pada menu.
- Pada tab Page, pastikan semua margin (Top, Bottom, Left, Right) diatur pada ukuran tertentu. Sebaiknya setiap margin diatur minimal 1 cm. Kemudian, pada Scaling, pastikan opsi Fit to: diatur pada 1 page, dan Adjust to: diatur pada 100% Normal size. Jangan lupa untuk mengklik tombol Print Preview untuk melihat hasil cetak.
- Jika terjadi overlapping atau terpotong pada bagian bawah halaman, bisa diatur pada Fit to Pages: di Page Setup. Ukuran Scaling diatur pada auto untuk menghindari halaman yang kosong pada bagian bawah.
- Jika hasil cetak masih terpotong meskipun sudah melakukan langkah-langkah di atas, bisa mencoba mengatur layout dokumen. Pilih Page Layout pada menu, lalu pilih custom margin pada Layout. Atur margin pada setiap sisi sedikit lebih kecil (secara manual). Hasil tersebut dapat dilihat dalam Print Preview.
Cara Menyimpan File Excel
Setelah membuat dokumen Excel, tentunya kita ingin menyimpannya agar bisa dibuka atau diedit lagi nantinya. Bagaimana cara menyimpan file Excel? Berikut cara menyimpan file Excel:
- Pilih tab File pada menu.
- Pilih Save As pada menu di sebelah kiri.
- Pilih folder dan lokasi tujuan untuk menyimpan file.
- Beri nama pada file tersebut. Dalam penyimpanan file Excel, disarankan memberikan nama file yang deskriptif, sehingga akan memudahkan untuk ditemukan di kemudian hari.
- Tentukan jenis format file Excel yang ingin digunakan. Biasanya format .xlsx digunakan, namun terdapat juga format lain seperti .xls, .xlsm, dll.
- Jika anda ingin melihat preview file sebelum disimpan, bisa memilih tombol Preview.
- Setelah semua langkah di atas dilakukan, klik Save untuk menyimpan file.
Cara Mengunci Rumus di Excel
Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna Excel adalah ketika rumus yang sudah dibuat berubah saat disalin ke sel lain. Tentunya, hal ini akan menyebabkan kesalahan dalam perhitungan dan dapat berdampak pada kegagalan suatu kegiatan. Bagaimana cara mengunci rumus Excel agar tidak berubah? Berikut cara mengunci rumus di Excel:
- Pilih sel yang akan ditekuni rumusnya.
- Tulis rumus Excel pada sel tersebut (misalnya: =A1-B1).
- Tekan tombol Enter pada keyboard.
- Pilih sel yang baru dibuat tersebut.
- Pada rumus, tambahkan tanda dolar ($) pada bagian tertentu yang akan dikeblok. Misalnya, jika ingin mengunci kolom A, tambahkan $A1 sehingga rumusnya menjadi =$A1-B1.
- Tekan tombol Enter pada keyboard.
- Sekarang, rumus telah terkunci pada kolom A.
Cara Menyembunyikan Rumus di Excel
Selain ingin mengunci rumus agar tidak berubah, terkadang kita juga ingin menyembunyikan rumus tersebut agar tidak terlihat oleh orang lain. Bagaimana cara menyembunyikan rumus di Excel? Berikut cara menyembunyikan rumus di Excel:
- Pilih sel yang berisi rumus yang ingin disembunyikan.
- Klik kanan pada sel tersebut, lalu pilih Format Cells pada menu yang muncul.
- Pada tab Protection, berikan tanda centang pada Locked.
- Klik OK untuk menutup jendela Format Cells.
- Pilih sel lainnya yang tidak berisi rumus (sel kosong) pada sel yang sama.
- Klik kanan pada sel tersebut, lalu pilih Format Cells pada menu yang muncul.
- Pada tab Protection, hilangkan tanda centang pada Locked dan Protected.
- Klik OK untuk menutup jendela Format Cells.
- Pilih menu Review pada tab Ribbon, lalu pilih Protect Sheet.
- Pada opsi Protect Sheet, beri tanda centang pada Password untuk mencegah pengeditan selain rumus yang ingin disembunyikan. Kemudian klik OK.
- Setelah selesai, rumus yang ingin disembunyikan akan tertutup oleh karakter yang tidak terlihat. Namun, rumus tersebut masih bisa diakses melalui formula bar atau dengan cara menampilkan karakter tersembunyi pada sel tersebut.
FAQ (Frequently Asked Questions)
Pertanyaan 1: Apakah ada cara untuk membuat semua rumus otomatis terkunci?
Jawaban 1: Ya, ada cara untuk membuat semua rumus di Excel otomatis terkunci. Pilih menu File pada tab Ribbon, lalu pilih Options. Pada jendela Options, pilih tab Advanced. Scroll ke bawah, dan pada bagian Display options for this workbook, setelah Show formulas in cells instead of their calculated results, berikan tanda centang pada box Always show the formula bar. Kemudian klik OK. Sekarang, semua rumus secara otomatis akan terkunci ketika kita memilih satu sel.
Pertanyaan 2: Bagaimana cara membuat chart di Excel?
Jawaban 2: Untuk membuat chart di Excel, sangat mudah. Pertama-tama, pilih data yang ingin dijadikan chart atau grafik. Kemudian, pilih Insert pada tab Ribbon, lalu pilih jenis chart atau grafik yang diinginkan. Excel akan memunculkan chart tersebut pada sheet seperti pada gambar di bawah ini:
Nah, selain membuat chart sederhana seperti di atas, tentunya kita juga bisa membuat chart yang lebih kompleks dan menarik dengan mengkombinasikan beberapa jenis chart atau dengan menambahkan element visual pada chart tersebut. Bagaimana caranya? Nantikan artikel selanjutnya.
Video Tutorial: Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong
Berikut adalah video tutorial singkat tentang cara print Excel agar tidak terpotong:
Semoga artikel pilar ini bermanfaat dan membantu Anda mengatasi masalah-masalah yang sering muncul saat menggunakan Excel. Teruslah berkarya dan berkreasi menghasilkan dokumen Excel yang profesional dan informatif.