CARA AGAR DATA EXCEL TIDAK BISA DI COPY

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu memerlukan orang lain dalam menjalani hidupnya. Oleh karena itu, kita harus selalu berhubungan dengan orang lain agar tidak merasa kesepian. Untuk melakukan hal tersebut, seringkali kita menggunakan perantara berupa handphone atau laptop. Dan salah satu hal yang seringkali kita lakukan di laptop adalah menggunakan Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah salah satu software pengolah data yang sangat populer. Namun, ternyata tidak semua orang menguasai cara menggunakan Microsoft Excel dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tutorial yang bisa membantu kita untuk menguasai Microsoft Excel dengan baik.

Cara Mengunci Rumus Excel Di Laptop Lenovo – Guru Paud

CARA AGAR DATA EXCEL TIDAK BISA DI COPY

Bagi sebagian orang, mungkin sudah cukup paham bagaimana cara membuat rumus di Excel. Sebagian mungkin juga sudah bisa membuat rumus-rumus yang agak kompleks. Namun, ketika kita menggunakan worksheet yang dibuat orang lain, atau ketika kita menggunakan worksheet yang akan kita bagikan ke orang lain, seringkali kita ingin menyembunyikan rumus-rumus tersebut agar orang lain tidak mengganti rumus tersebut secara tidak sengaja. Untuk melakukan hal tersebut, kita perlu mengunci rumus-rumus tersebut agar tidak bisa diubah oleh orang lain.

Baca Juga :  Cara Mencegah Input Data Sama Di Excel

Ada 2 cara untuk mengunci rumus di Excel. Kita bisa mengunci sel secara manual, atau kita bisa mengunci sel secara otomatis menggunakan proteksi worksheet.

Cara Mengunci Sel Secara Manual

  1. Pilih sel yang akan di-locked. Misalnya, sel B2.
  2. Klik kanan pada mouse, pilih “Format Cells”.
  3. Pada tab “Protection”, centang pada kotak “Locked”. Lalu klik “OK”.
  4. Pada tab “Review”, klik tombol “Protect Sheet”.
  5. Pada kotak dialog “Protect Sheet”, centang pada kotak “Protect worksheet and contents of locked cells”. Lalu, masukkan password, dan klik OK.

Cara Mengunci Sel Secara Otomatis Menggunakan Proteksi Worksheet

  1. Pada sheet yang ingin di-protect, klik tab “Review”.
  2. Klik tombol “Protect Sheet”.
  3. Pada kotak dialog “Protect Sheet”, centang pada kotak “Protect worksheet and contents of locked cells”. Lalu, masukkan password, dan klik OK.

Itulah cara mengunci rumus di Excel untuk laptop Lenovo.

Cara Print Halaman Excel Agar Tidak Terpotong – Riz Books

Cara Print Halaman Excel Agar Tidak Terpotong - Riz Books

Salah satu masalah yang seringkali kita alami ketika mencetak halaman Excel adalah terpotongnya tabel atau grafik yang kita buat. Hal ini terjadi karena ukuran kolom atau baris yang kita buat terlalu besar atau terlalu kecil. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut.

Atur Margin dan Ukuran Kertas

  1. Pada workbook atau worksheet yang ingin di-print, klik “File” dan pilih “Print”.
  2. Pada kotak dialog “Print”, pada bagian “Printer”, pilih printer yang ingin digunakan.
  3. Pada kotak dialog “Print”, pada bagian “Printer”, pilih printer yang ingin digunakan.
  4. Pada kotak dialog “Print”, pada bagian “Settings”, klik tombol “Page Setup”.
  5. Pada tab “Margins”, atur margin sesuai dengan kebutuhan Anda.
  6. Pada tab “Paper”, pilih ukuran kertas yang Anda inginkan.
  7. Klik OK.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT LAPORAN KEGIATAN HARIAN DI EXCEL

Atur Ukuran Kolom dan Baris

  1. Pada sheet yang ingin diatur, pilih kolom atau baris yang ingin diatur.
  2. Pada bagian “Home” pada ribbon, klik ikon “Format”.
  3. Pada menu dropdown “Format”, pilih “Column Width” atau “Row Height”.
  4. Masukkan ukuran yang Anda inginkan.
  5. Klik OK.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka kita akan berhasil mencetak halaman Excel tanpa terpotong.

Tips Cara Agar Blog Tidak Dapat di Copy dan Paste Dengan Mudah

Tips Cara Agar Blog Tidak Dapat di Copy dan Paste Dengan Mudah

Jika Anda memiliki blog, hal yang paling penting yang harus dilakukan adalah menjaga hak cipta konten yang dibuat. Hendaknya, konten yang orang lain buat tidak boleh di-copy dan paste dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah hal tersebut.

  1. Tambahkan Gambar
  2. Salah satu cara untuk mencegah orang melakukan copy paste adalah dengan menambahkan gambar pada konten blog. Dengan menambahkan gambar ke dalam tulisan, konten jadi lebih menarik dan lebih sulit untuk di-copy paste secara keseluruhan. Meskipun demikian, pastikan pula bahwa gambar tersebut legal dan Anda memilikinya.

  3. Gunakan Plugin WP Content Copy Protection
  4. Plugin WP Content Copy Protection adalah plugin WP yang dibuat untuk melindungi konten blog dari copy paste. Plugin ini bekerja dengan mengubah teks menjadi gambar, sehingga lebih sulit untuk di-copy. Plugin ini juga melindungi gambar agar tidak bisa di-kanibal oleh orang lain.

Cara Mengunci Excel Agar Tidak Bisa Diedit / Cara mengunci Tabel yang

Cara Mengunci Excel Agar Tidak Bisa Diedit / Cara mengunci Tabel yang

Jika Anda ingin membuat worksheet Excel yang tidak bisa diedit atau diubah oleh orang lain, maka Anda dapat melakukan beberapa cara sebagai berikut.

Cara Mengunci Sheet Secara Manual

  1. Pada worksheet yang ingin di-protect, klik tab “Review”.
  2. Klik tombol “Protect Sheet”.
  3. Pada kotak dialog “Protect Sheet”, pada “Password”, masukkan password yang diinginkan.
  4. Pada kotak dialog “Protect Sheet”, centang pada kotak “Select locked cells” dan “Select unlocked cells”. Lalu klik OK.
Baca Juga :  CARA MEMBUKA FILE EXCEL PROTECTED VIEW EXCEL 2010

Cara Mengunci Sheet Secara Otomatis Menggunakan Proteksi Workbook

  1. Pada workbook yang ingin di-protect, klik tab “File”.
  2. Pada kotak dialog “Info”, klik tombol “Protect Workbook”.
  3. Pada kotak dialog “Protect Workbook”, pilih “Protect current sheet only”. Lalu, centang pada kotak “Structure”.
  4. Masukkan password, lalu klik OK.

Mengunci worksheet atau workbook di Excel sangat penting untuk melindungi data agar tidak diubah oleh orang lain. Namun, jika Anda lupa password yang dibuat, maka Anda tidak akan bisa membuka worksheet atau workbook tersebut. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda selalu mereset password secara teratur untuk menghindari masalah.

FAQ

1. Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah salah satu software pengolah data yang sangat populer. Software ini sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan software untuk mengolah data secara cepat dan efisien.

2. Apa saja yang bisa dilakukan dengan Microsoft Excel?

Microsoft Excel bisa digunakan untuk membuat tabel, grafik, rumus matematika, dan sebagainya. Selain itu, Microsoft Excel juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah tertentu yang terkait dengan data seperti mencetak, mengunci rumus, hingga mengunci worksheet atau workbook.