CARA AGAR COPY DATA EXCEL SESUAI FORMAT

Pada dunia kerja, tak dapat dipungkiri bahwa Microsoft Excel merupakan salah satu software yang banyak digunakan terutama di bidang administrasi dan keuangan untuk mengolah data dan rumus. Salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna Excel adalah copy paste. Namun, seringkali terdapat masalah saat melakukan copy paste di Excel, seperti tidak bisa mempertahankan format yang sama atau bahkan hasil yang tidak sesuai dengan keinginan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa tips dan trik untuk mempermudah copy paste di Excel beserta FAQ dan video tutorial.

Tips dan Trik Copy Paste di Excel

Ada beberapa tips dan trik yang dapat digunakan untuk mempermudah melakukan copy paste di Excel, antara lain:

Cara Copy Paste Tabel pada Excel agar Hasilnya Sama

Salah satu masalah yang sering ditemui pengguna Excel adalah hasil copy paste tabel yang tidak sama. Hasil copy paste dapat berbeda dari tabel aslinya seperti ketika mempertahankan format, warna atau teks yang ada pada tabel asli. Berikut adalah cara untuk copy paste tabel agar hasil yang didapatkan sama dengan tabel aslinya:

1. Copy tabel yang ingin di-copy. Pilih seluruh tabel yang ingin di-copy dan klik kanan untuk memilih Copy atau dapat juga menggunakan kombinasi keyboard CTRL+C.

2. Buka Letakkan Kursor Dimana Tabel Ingin Diletakkan. Buka lembar kerja baru dan letakkan kursor pada sel B3 (tabel akan diletakkan mulai dari sel B3).

3. Clipboard > Paste > Keep Source Formatting. Pada menu Home, pilih Clipboard, pilih Paste lalu pilih pilihan Keep Source Formatting.

Dengan demikian, tabel yang di-copy akan diletakkan pada sel B3 dengan format, warna dan teks yang persis sama seperti pada tabel aslinya.

Tips Cara Agar Blog Tidak Dapat di Copy dan Paste Dengan Mudah

Pada artikel atau blog, seringkali kita ingin menghindari agar konten yang telah dibuat mudah untuk dicopy paste oleh pengunjung. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara untuk mengamankan blog atau artikel dari tindakan copy paste yang tidak diinginkan. Berikut adalah tips cara agar blog tidak dapat di-copy paste dengan mudah:

1. Mematikan Klik Kanan Mouse. Dengan mematikan klik kanan mouse, pengunjung tidak dapat memilih opsi copy atau cut saat ingin meng-copy content. Caranya cukup mudah, cukup tambahkan script JavaScript pada blog atau website.

2. Menambahkan Halaman Anti Copy. Halaman Anti Copy menambahkan lapisan perlindungan pada blog atau artikel. Saat orang mencoba untuk menyalin atau paste kalimat pada blog yang dilindungi ini, maka text tersebut akan otomatis memunculkan tulisan tertentu yang memperingatkan bahwa konten tersebut merupakan hak cipta dan tidak bisa di-copy paste.

FAQ mengenai Copy Paste di Excel

Q: Apakah ada cara untuk menyalin rumus saja tanpa mengikuti nilai pada sheet yang baru?
A: Ya, cara untuk menyalin rumus saja adalah dengan menggunakan fitur “Paste Values”. Caranya, setelah menyalin rumus, pilih sel tempat rumus ingin disalin dan klik kanan pada sel tersebut kemudian pilih “Paste Values”.

Q: Apakah tertentu jenis file dapat di-copy paste ke Excel?
A: Ya, beberapa jenis file yang dapat di-copy paste ke Excel adalah file teks, tabel HTML, file CSV, file JSON dan file XML.

Baca Juga :  CARA MASUKIN SHEET DARI FILE LAIN DI EXCEL

Video Tutorial: Cara Copy Data Excel Dari Horizontal ke Vertikal

Berikut adalah video tutorial singkat mengenai cara melakukan copy data Excel dari horizontal ke vertikal:

Dalam video tersebut dijelaskan cara melakukan copy data pada Excel dari horizontal ke vertikal dengan menggunakan fitur transpose. Fitur transpose ini memungkinkan untuk melakukan pengubahan letak data dari horizontal ke vertikal atau sebaliknya.

Kesimpulan

Copy paste merupakan fitur dasar yang sering digunakan oleh pengguna Excel. Namun, seringkali kita menemui masalah saat melakukan copy paste, seperti hasil yang berbeda atau format yang tidak sama dengan tabel aslinya. Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat menggunakan beberapa tips dan trik, seperti memilih Clipboard, Paste, Keep Source Formatting, atau mematikan klik kanan mouse pada blog atau artikel. Dengan pemilihan cara yang tepat, copy paste pada Excel dan blog dapat menjadi lebih efektif.