BAGAIMANA CARA MEMFILTER DATA DI EXCEL SEKALIGUS

Excel adalah aplikasi pengolah data yang sangat populer dan sering digunakan untuk keperluan bisnis maupun akademik. Dalam Excel, terdapat banyak sekali fitur dan rumus yang bisa digunakan untuk mengelola data dengan lebih efisien dan efektif. Salah satu fitur yang sering dipakai adalah filter data, yang memungkinkan pengguna untuk memilah dan menyaring data berdasarkan kriteria tertentu. Berikut ini akan dijelaskan cara memfilter data di Excel serta beberapa rumus terkait yang bisa berguna untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Cara Filter Data di Excel

Sebelum memfilter data di Excel, tepatkan dulu data yang akan difilter. Pilih seluruh kolom atau baris data yang ingin Anda filter.

BAGAIMANA CARA MEMFILTER DATA DI EXCEL SEKALIGUS

Setelah data yang akan difilter sudah dipilih, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik tombol Filter di bagian tab Data. Setelah itu, Anda akan melihat sebuah tanda panah ke bawah muncul di bagian atas tajuk kolom. Tanda panah tersebut menandakan bahwa kolom tersebut bisa difilter.
  2. Klik tanda panah ke bawah pada kolom yang akan Anda filter. Setelah itu, pilih nilai atau kriteria tertentu yang ingin Anda filter.
  3. Setelah memilih nilai atau kriteria tertentu, klik OK. Excel akan memfilter data Anda berdasarkan nilai tersebut.

Cara filter di Excel tergolong mudah dan praktis, terlebih dengan adanya fitur Filter di bagian tab Data. Namun, terkadang Anda juga perlu melakukan filter data lebih lanjut, misalnya dengan memfilter data yang sama atau data yang memiliki pola tertentu. Untuk itu, ada beberapa rumus yang bisa Anda gunakan.

Cara Memfilter Data Yang Sama di Excel

Seringkali kita perlu memfilter data yang memiliki nilai yang sama dalam suatu kolom dan menampilkan nilai tersebut. Misalnya, pada tabel daftar jumlah poin pelanggan, kita ingin mengetahui pelanggan yang mendapatkan jumlah poin tertentu. Cara untuk melakukan filter data yang sama di Excel adalah sebagai berikut:

  1. Pilih seluruh kolom data yang ingin difilter. Semua kolom atau baris data harus dipilih apabila Anda ingin memfilter sejumlah nilai yang sama dari keseluruhan tabel.
  2. Setelah kolom data terpilih, klik tombol Filter di bagian tab Data.
  3. Klik tanda panah ke bawah pada kolom yang akan Anda filter. Setelah itu, pilih label ‘Number Filters’ kemudian klik ‘Equal To’.
  4. Masukkan nilai yang ingin Anda filter dalam kotak Value. Setelah itu, klik OK. Excel akan memfilter data yang memiliki nilai yang sama dengan nilai yang Anda masukkan dalam kotak Value.

Dalam cara filter data yang sama di Excel di atas, Anda bisa menggunakan rumus-rumus seperti =DAN() atau =ATAU() untuk memfilter lebih dari satu kriteria.

Cara Memfilter Data dengan Pola Tertentu di Excel

Ada kalanya kita perlu memfilter data dengan pola tertentu, seperti data yang berisi kata tertentu atau data yang memiliki panjang karakter tertentu. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memfilter data dengan pola tertentu di Excel:

  1. Pilih seluruh kolom data yang ingin difilter.
  2. Setelah kolom data terpilih, klik tombol Filter di bagian tab Data.
  3. Klik tanda panah ke bawah pada kolom yang akan Anda filter. Setelah itu, pilih label ‘Text Filters’ kemudian klik ‘Contains’.
  4. Masukkan kata atau pola tertentu dalam kotak Value. Excel akan memfilter data yang memiliki kata atau pola tertentu dalam kolom data.

Sama seperti saat memfilter data yang sama, di sini Anda juga bisa menggunakan rumus-rumus seperti =DAN() atau =ATAU() untuk memfilter lebih dari satu kriteria.

Rumus Mencari Nama Yang Sama Di Excel

Ada kalanya Anda perlu mencari nilai yang sama di berbagai sel di Excel, misalnya untuk memeriksa apakah ada duplikasi dalam data atau mencari nilai yang cocok dari beberapa kolom. Untuk melakukan hal tersebut, ada beberapa rumus yang bisa Anda gunakan.

Baca Juga :  Cara Mencocokan Data Yang Sama Pada Excel

Rumus COUNTIF

Rumus COUNTIF bisa digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam rentang tertentu yang memenuhi kriteria tertentu. Misalnya, jika Anda ingin menghitung berapa kali nilai tertentu muncul dalam suatu kolom, Anda bisa menggunakan rumus COUNTIF. Contoh rumusnya adalah sebagai berikut:

=COUNTIF(A1:A5,”nilai_tertentu”)

Artinya, Anda menghitung berapa kali kata ‘nilai_tertentu’ muncul dalam rentang A1 hingga A5.

Rumus VLOOKUP

Rumus VLOOKUP digunakan untuk mencari nilai tertentu dalam rentang tabel dan mengembalikan nilai yang terkait dari baris yang sama. Rumus ini sering digunakan untuk mencocokkan nilai pada dua tabel berbeda. Contoh rumusnya adalah sebagai berikut:

=VLOOKUP(nilai_cari,A1:B5,2,FALSE)

Artinya, Anda mencari nilai tertentu dalam rentang tabel A1 hingga B5 dan mengembalikan nilai terkait dari kolom kedua (yaitu kolom dengan nomor 2) pada baris yang memiliki nilai yang sesuai. FALSE menandakan bahwa Excel akan mencari nilai yang tepat, bukan nilai yang hampir cocok.

FAQ

1. Apa itu filter data di Excel?

Filter data di Excel adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyaring data berdasarkan kriteria tertentu, sehingga data yang tidak relevan bisa dihilangkan dan data yang diinginkan bisa ditampilkan lebih mudah. dengan menggunakan filter, Anda bisa fokus pada data tertentu untuk analisis atau laporan Anda.

2. Apa perbedaan antara filter data dan pengurutan data di Excel?

Filter data dan pengurutan data adalah dua fitur yang berbeda di Excel. Filter data digunakan untuk menyaring dan menampilkan data berdasarkan kriteria tertentu, sementara pengurutan data digunakan untuk mengurutkan data berdasarkan nilai terkecil atau terbesar dalam kolom tertentu. Dalam pengurutan data, hasil yang ditampilkan tidak berubah hanya nilai di baris yang diubah posisinya dalam tabel.

Video Tutorial: Cara Filter Data di Excel

Berikut ini adalah video tutorial tentang cara filter data di Excel yang bisa membantu Anda memahami langkah-langkah tersebut dengan lebih mudah. Simak videonya di bawah ini:

Dengan menguasai cara filter data di Excel serta beberapa rumus terkait yang dijelaskan di atas, Anda bisa lebih mudah mengelola data di Excel dan mempersiapkan laporan atau analisis dengan lebih efisien. Jangan ragu untuk mencoba fitur-fitur ini di Excel Anda sendiri dan jadilah ahli dalam mengelola data menggunakan aplikasi ini.