Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa tips dan trik yang berguna saat bekerja dengan Microsoft Excel. Ada beberapa trik yang dapat membantu Anda mempercepat proses kerja di program spreadsheet ini, seperti membuat tulisan miring, vertikal, dan terbalik, merubah huruf kecil menjadi huruf besar, dan memperbesar huruf.
Cara Membuat Tulisan Miring, Vertikal dan Terbalik di Excel
Tulisan miring, vertikal, dan terbalik dapat menjadi solusi untuk lebih efisien dalam membuat laporan dan dokumen di Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya :
1. Tulisan Miring di Excel
Ketikkan atau tempelkan teks yang ingin diubah menjadi miring di sel Excel yang diinginkan.
Kemudian, pilih sel tersebut dengan cara mengklik atau menyorotnya.
Selanjutnya, klik pada tombol “I” atau “Miring” pada menu toolbar, atau Anda dapat menekan tombol pintas “Ctrl+I” di keyboard.
2. Tulisan Vertikal di Excel
Ketikkan atau tempelkan teks yang ingin diubah menjadi vertikal di sel Excel yang diinginkan.
Kemudian, pilih sel tersebut dengan cara mengklik atau menyorotnya.
Selanjutnya, klik pada tombol “Teks Kotak Lintang” pada menu toolbar, atau Anda dapat menekan tombol pintas “Ctrl+Shift+7” di keyboard.
3. Tulisan Terbalik di Excel
Ketikkan atau tempelkan teks yang ingin diubah menjadi terbalik di sel Excel yang diinginkan.
Kemudian, pilih sel tersebut dengan cara mengklik atau menyorotnya.
Selanjutnya, klik pada tombol “Teks Terbalik” pada menu toolbar, atau Anda dapat menekan tombol pintas “Alt+Ctrl+Strg+5” di keyboard.
Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel
Jika Anda ingin merubah semua huruf kecil menjadi huruf besar, sebagai contoh, ketika Anda ingin mencetak judul halaman, Anda bisa menggunakan tombol fungsi “UPPER”. Berikut adalah langkah-langkahnya :
Ketikkan atau tempelkan teks yang ingin diubah menjadi huruf besar di sel Excel yang diinginkan.
Kemudian, pilih sel tersebut dengan cara mengklik atau menyorotnya.
Selanjutnya, ketikkan rumus =UPPER(A1) di cell kosong, di mana A1 adalah cell yang berisi teks kecil yang ingin diubah menjadi huruf besar.
Tekan enter, dan hasilnya akan muncul di cell yang dipilih sebelumnya.
Cara Memperbesar Huruf di Excel
Peningkatan ukuran font dapat membuat seluruh dokumen Anda lebih mudah dibaca. Berikut adalah langkah-langkahnya :
Ketikkan atau tempelkan teks yang ingin diubah ukuran font-nya di sel Excel yang diinginkan.
Kemudian, pilih sel tersebut dengan cara mengklik atau menyorotnya.
Selanjutnya, klik pada tombol “Ukurannya kecil” atau “Ukurannya besar” pada menu toolbar, atau Anda dapat menekan tombol pintas “Ctrl+Shift+>” untuk memperbesar ukuran font atau “Ctrl+Shift+<" untuk merubah ukuran font menjadi lebih kecil.
Berikut ini adalah FAQ seputar penggunaan Microsoft Excel :
Q: Bagaimana cara memisahkan kolom menjadi beberapa kolom?
A: Anda dapat menggunakan fungsi "Teks ke Kolom" untuk memisahkannya. Caranya adalah dengan menyorot area sel yang ingin dipisah, kemudian pilih pada menu toolbar "Data" dan klik pada "Teks ke Kolom", lalu pilih jenis pemisah, dan klik OK.
Q: Bagaimana cara menyembunyikan kolom atau baris di Excel?
A: Anda dapat menggunakan fungsi "Sembunyikan Kolom" atau "Sembunyikan Baris". Caranya adalah dengan menyorot kolom atau baris yang ingin disembunyikan, kemudian klik kanan pada nomor atau huruf pada kolom atau baris, dan pilih "Sembunyikan Kolom" atau "Sembunyikan Baris".
Untuk lebih memahami cara penggunaan Microsoft Excel, berikut ini adalah video tutorial yang dapat Anda tonton :
[embed]https://www.youtube.com/watch?v=04RrA7NEMrI[/embed]
Demikianlah beberapa tips dan trik yang berguna saat bekerja dengan Microsoft Excel. Dalam dunia bisnis ataupun dalam pembelajaran, Excel menjadi program yang sangat penting untuk dipahami karena mampu membantu dalam proses penyelesaian tugas dan mempercepat proses kerja. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan skill dalam menggunakan Excel. Terima kasih telah membaca!