BAGAIMANA CARA MEMAKAI RUMUS EXCELL JAM DARI FORMAT ABSENSI

Excel merupakan program aplikasi pengolah angka yang paling populer di dunia. Dalam berbagai bidang pekerjaan, Excel dapat digunakan untuk melakukan berbagai tugas seperti pemrosesan data, pembuatan grafik, pembuatan rekapitulasi, dan berbagai yang lainnya. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara membuat rekap absensi bulanan, aplikasi rumus excel, cara menghilangkan enter di excel, dan juga cara mengaktifkan rumus SUM secara otomatis pada Microsoft Excel.

Cara Membuat Rekap Absensi Bulanan

Rekap absensi bulanan adalah suatu hal yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan untuk mengontrol absensi karyawannya. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat rekap absensi bulanan menggunakan Microsoft Excel:

  1. Buka Microsoft Excel dan buatlah file baru.
  2. Buatlah tabel dengan mengisi nama-nama karyawan pada kolom pertama dan tanggal pada baris pertama.
  3. Isi data absensi karyawan pada tabel yang telah dibuat. Berikan tanda hadir pada tanggal yang bersangkutan dan tanda absen pada tanggal yang tidak hadir.
  4. Tambahkan rumus jumlah hadir, jumlah absen, dan persentase kehadiran pada bagian bawah tabel.
  5. Rekapitulasi absensi bulanan siap digunakan.

Rekap absensi bulanan yang terbuat dari Microsoft Excel dapat membantu Anda mengontrol absensi karyawan dengan lebih efisien dan akurat.

Review Pajakku….: Aplikasi Rumus Excel (1) – Bagaimana Cara memindah

Pajakku adalah aplikasi pengelolaan keuangan berbasis web yang membantu pengguna mengelola dan mengoptimalkan finansial mereka. Salah satu fitur yang dimiliki oleh Pajakku adalah rumus Excel. Rumus Excel dapat membantu penggunanya untuk mengolah data keuangan secara lebih efisien dan cepat. Berikut adalah cara memindahkan rumus Excel di Pajakku:

  1. Buka aplikasi Pajakku dan buka file Excel yang berisi rumus Excel yang ingin Anda pindahkan.
  2. Highlight area rumus Excel yang ingin Anda pindahkan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengeklik sel rumus Excel tersebut dan menahan tombol mouse serta menyeret ke sel yang dituju.
  3. Klik kanan pada area rumus Excel dan pilih menu “Copy”.
  4. Pindahkan kursor mouse ke sel yang ingin Anda tempatkan rumus Excel tersebut dan klik kanan. Pilih menu “Paste”.
  5. Rumus Excel berhasil dipindahkan dan siap digunakan.

Dengan langkah-langkah di atas, pengguna Pajakku dapat dengan mudah memindahkan rumus Excel dari satu file ke file lainnya.

Cara Membuat Enter di Excel Dengan Shortcut dan Rumus

Cara membuat enter atau baris baru pada Microsoft Excel dapat dilakukan dengan menggunakan shortcut atau rumus. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing cara:

Shortcut:

  1. Pindahkan kursor mouse ke posisi sel pada Excel tempat Anda ingin melakukan enter.
  2. Tekan tombol Alt + Enter secara bersamaan.
  3. Baris baru akan muncul pada posisi yang Anda tentukan.

Rumus:

  1. Buatlah cell baru pada posisi sel dibawah cell yang akan dibuat enter.
  2. Ketikkan rumus =CHAR(10) pada cell tersebut.
  3. Copy sel yang telah diisi rumus dan paste pada cell yang ingin dibuat enter.

Dengan cara tersebut, pengguna Excel dapat dengan mudah membuat enter atau baris baru pada setiap sel yang diinginkan.

Bagaimana Cara Mengfungsikan Rumus SUM Secara Otomatis Pada Microsoft Excel

Rumus SUM pada Microsoft Excel berfungsi untuk menjumlahkan jumlah sel tertentu pada file Excel. Pengguna Excel dapat melakukan fungsi SUM secara manual atau otomatis pada sel yang diinginkan. Berikut adalah cara mengaktifkan fungsi SUM secara otomatis pada sel tertentu di Microsoft Excel:

  1. Buka file Excel yang ingin diproses.
  2. Pilih cell atau kolom yang ingin dihitung secara otomatis.
  3. Tekan tombol “Shift” pada keyboard dan tahan selama beberapa detik.
  4. Klik kanan pada mouse atau trackpad dan pilihlah opsi “Define Name”.
  5. Beri nama pada range yang Anda seleksi tadi dan klik OK.
  6. Untuk menjumlahkan range tersebut, Anda cukup mengetikkan formula =SUM(NamaRange) pada sel yang ingin dihitung secara otomatis.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT DATABASE DENGAN EXCEL 2013

Dengan cara tersebut, pengguna Excel dapat dengan mudah menghitung jumlah sel tertentu secara otomatis menggunakan rumus SUM. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam bekerja menggunakan Microsoft Excel.

FAQ:

Apa keuntungan menggunakan Microsoft Excel dalam pengolahan data?

Microsoft Excel memungkinkan pengguna untuk mengelola data dengan lebih efisien dan akurat. Excel menyediakan berbagai macam fitur dan fungsi yang dapat membantu penggunanya melakukan berbagai tugas seperti pemrosesan data, pembuatan grafik, pembuatan rekapitulasi, dan yang lainnya. Selain itu, Excel juga memiliki interface yang user-friendly dan mudah dipahami, sehingga banyak orang dapat menggunakan Excel tanpa mengalami kesulitan yang berarti.

Bagaimana cara menggunakan VLOOKUP pada Microsoft Excel?

VLOOKUP adalah fungsi pada Microsoft Excel yang digunakan untuk mencari dan menampilkan data dari tabel database yang sudah disediakan. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan VLOOKUP pada Microsoft Excel:

  1. Buka file Excel dan pilih sel tempat Anda ingin menampilkan hasil pencarian data.
  2. Tuliskan formula =VLOOKUP([lookup value],[table array], [column index number], [range lookup]) pada sel tersebut.
  3. Isi [lookup value] dengan nilai yang ingin dicari pada tabel database.
  4. Isi [table array] dengan tabel database yang ingin Anda cari nilai pada salah satu kolomnya.
  5. Isi [column index number] dengan nomor kolom pada tabel database yang ingin Anda lihat nilainya.
  6. Isi [range lookup] dengan nilai TRUE jika Anda ingin mencari nilai yang tidak persis sama dengan nilai lookup atau FALSE jika Anda ingin mencari nilai yang persis sama dengan nilai lookup.
  7. Klik tombol “Enter”.
  8. Hasil pencarian data telah ditampilkan pada sel tempat Anda menuliskan formula VLOOKUP pada mondok di Microsoft Excel.

Video Tutorial Excel: Cara Membuat Rekap Absensi Bulanan

Video tutorial di atas menjelaskan cara membuat rekap absensi bulanan menggunakan Microsoft Excel. Dalam video ini, dijelaskan dengan rinci langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat rekap absensi bulanan, termasuk mengisi data absensi karyawan, menambahkan rumus jumlah hadir, jumlah absen, dan persentase kehadiran pada bagian bawah tabel, dan menampilkan hasil rekapitulasi absensi bulanan pada Microsoft Excel. Video tutorial ini dapat membantu Anda lebih memahami cara membuat rekap absensi bulanan dengan cepat dan mudah menggunakan Microsoft Excel.