BAGAIMANA CARA ENTER DI EXCEL

Saat ini, Excel merupakan salah satu aplikasi pengolah data paling populer di dunia. Selain memudahkan dalam mengelola data, Excel juga menyediakan banyak fitur canggih untuk mempermudah penggunaannya seperti shortcut untuk keperluan tertentu seperti Enter dan melebarkan kolom atau baris.

Cara Enter di Excel

Enter merupakan salah satu keperluan penting pada penggunaan Excel. Ketika kita menyelesaikan baris dan ingin langsung menuju baris berikutnya, enter adalah solusi yang tepat. Berikut ini tutorial cara Enter di Excel:

BAGAIMANA CARA ENTER DI EXCEL

1. Pilih sel yang ingin diisi dengan data

2. Ketik data yang ingin dimasukkan di sel tersebut.

3. Tekan tombol “enter” pada keyboard untuk selesai dan beralih ke baris berikutnya. Selain itu, tombol “Tab” pada keyboard juga dapat digunakan untuk beralih ke kolom berikutnya.

Dengan mengikuti tutorial di atas, pengguna Excel dapat lebih mudah dan cepat mengisi data di Excel. Selain itu, dengan menggunakan shortcut enter, penggunaan waktu untuk mengisi sel di Excel juga lebih efisien.

Cara Melebarkan Kolom dan Baris Excel dengan Cepat

Melebarkan kolom atau baris juga sering diperlukan dalam penggunaan Excel. Berikut ini tutorial cara melebarkan kolom dan baris Excel dengan cepat:

Tutorial cara melebarkan kolom dan baris Excel dengan cepat

1. Pilih kolom atau baris yang ingin dilebarkan.

2. Letakkan kursor pada salah satu batas kolom atau baris tersebut hingga simbol garis ganda dengan tanda panah pojok muncul. Ketika simbol tersebut sudah muncul, tempatkan kursor tepat di antara dua kolom atau baris.

3. Jika sudah menemukan posisi yang tepat, drag cursor ke arah yang diinginkan. Kolom atau baris akan melebar mengikuti arah drag yang dilakukan.

Dengan cara di atas, pengguna Excel dapat melebarkan kolom atau baris dengan cepat dan mudah. Sehingga, tampilan data di Excel pun akan lebih jelas dan tidak terlalu banyak terpotong.

FAQ

Berikut ini adalah jawaban untuk dua pertanyaan umum terkait Enter dan melebarkan kolom atau baris di Excel:

1. Apakah ada shortcut lain selain tombol “Enter” untuk beralih antarbaris di Excel?

Tentu saja. Selain tombol “Enter”, ada beberapa shortcut yang dapat digunakan untuk beralih antarbaris di Excel, yaitu:

  • Tab: Shortcut ini digunakan untuk beralih ke kolom berikutnya.
  • Shift + Enter: Shortcut ini digunakan untuk memecah paragraf di dalam satu sel. Dengan menggunakan shortcut ini, pengguna dapat mengisi data yang panjang pada satu sel dan tetap menjaga tampilan data yang rapi.
  • Ctrl + Enter: Shortcut ini digunakan untuk mengisi data yang sama pada beberapa sel yang dipilih secara bersamaan dengan cepat dan mudah. Pengguna hanya perlu memasukkan data pada satu sel kemudian menekan tombol Ctrl + Enter dan data pada sel tersebut akan otomatis terisi pada sel lainnya yang dipilih.

2. Apakah cara melebarkan kolom atau baris di Excel sama pada semua versi Excel?

Iya, cara melebarkan kolom atau baris di Excel sama pada semua versi Excel. Selain itu, melebarkan kolom atau baris ini juga dapat dilakukan pada aplikasi pengolah data lainnya seperti Google Sheets dan LibreOffice Calc.

Baca Juga :  Cara Mengambil Data Dari Sheet Berbeda Di Excel

Video di atas adalah tutorial cara mengunci rumus di Excel yang juga dapat membantu dalam penggunaan Excel.