Excel dan Google Sheets adalah dua perangkat lunak spreadsheet paling terkenal yang digunakan untuk menganalisis, mengorganisir, dan menyelesaikan masalah. Setiap aplikasi memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Google Sheets adalah aplikasi web yang memungkinkan pengguna untuk menikmati fitur kolaborasi dan sinkronisasi, sementara Excel adalah aplikasi desktop yang kuat dan dapat diandalkan untuk pekerjaan spreadsheet yang rumit. Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa cara untuk mengambil file dalam Excel dan memasukkannya ke Google Sheets dan juga bagaimana membuka Google Sheets dalam Google Drive.
1. Cara Mengubah File Excel Menjadi PDF agar Tidak Terpotong
Jika Anda ingin mengubah file Excel menjadi PDF untuk mengekspor atau mencetak, ada kemungkinan besar bahwa Anda telah mengalami situasi di mana margin atau bidang data terpotong saat mencetak atau mengekspor dokumen. Nah, kabar baiknya adalah kita bisa mengubah file Excel menjadi PDF agar tidak terpotong.
A. Mengubah File Excel menjadi PDF agar Tidak Terpotong
Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengubah file Excel menjadi PDF agar tidak terpotong:
- Langkah Pertama, Buka file Excel yang Anda ingin konversi menjadi PDF.
- Klik File /> Export /> Create PDF/XPS Document /> Pilih Optimalized for Standard (publishing online and printing) opsi / Click Publish.
- Pilih tempat penyimpanan untuk file PDF yang dihasilkan / klik OK.
Anda sudah berhasil mengubah file Excel menjadi PDF. Profit!
2. Cara Membuka File Google Sheet dalam Google Drive
Google Drive menyediakan antarmuka web untuk pengguna untuk mengelola file dan folder. Ini juga memungkinkan pengguna untuk mengedit file Google dan Microsoft Office. Google Drive menyediakan akses mudah ke Google Sheets, dan dengan menggunakan fungsi penambahan di Google Sheets, pengguna tidak hanya dapat mengakses file Google Sheets tetapi juga memperbarui dan menyimpan desain mereka di Google Drive.
A. Membuka File Google Sheet dalam Google Drive
Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuka File Google Sheet dalam Google Drive:
- Langkah Pertama, Buka Google Drive di browser Anda dan masuk / buat akun Google.
- Klik File /> Pilih Google Sheets dari opsi terbuka / pilih file Google Sheet Anda / klik Open.
- File Google Sheet Anda akan terbuka langsung di browser.
- Jika Anda ingin mengedit file, klik tombol Edit.
- Anda dapat mengedit file sebagai yang biasanya Anda lakukan pada file Excel / Google Sheets dan menyimpan perubahan dengan menekan Ctrl + S / klik File / Save untuk menyimpan perubahan Anda.
Sekarang Anda dapat mengedit dan mengakses File Google Sheet melalui Google Drive. Sangat mudah dan cepat untuk diakses dan digunakan, benar?
FAQ
Berikut adalah 2 pertanyaan yang sering diajukan seputar Excel dan Google Sheets:
1. Apakah saya bisa menggunakan keduanya bersamaan?
Tentu saja! Anda dapat menggunakannya bersamaan atau bahkan mengekspor data dari satu ke yang lain.
2. Mana yang lebih baik, Excel atau Google Sheets?
Tidak ada jawaban satu size fits all untuk pertanyaan ini. Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri tergantung pada kebutuhan masing-masing pengguna. Excel umumnya lebih cocok untuk pekerjaan spreadsheet yang kompleks dan menggunakan fungsi yang lebih rumit. Di sisi lain, Google Sheets menyediakan fitur kolaborasi dan sinkronisasi yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen dan bekerja sama dalam waktu nyata.
Video Tutorial
Berikut adalah video tutorial tentang cara membuka dan mengedit file CSV di MS Excel agar hasilnya rapi dan mudah diakses:
Dalam artikel ini, kita telah mempelajari cara mudah dan efektif untuk mengambil file dalam Excel dan memasukkannya ke Google Sheets juga membuka Google Sheets dalam Google Drive. Kita juga membahas FAQ dan menyediakan video tutorial tentang cara membuka dan mengedit file CSV di MS Excel. Dengan memahami fitur-fitur dan keuntungan dari kedua aplikasi, pembaca dapat memilih yang terbaik untuk kebutuhan mereka. Jangan ragu untuk mencoba cara-cara baru ini dan mengeksplorasi potensi dari Excel dan Google Sheets.