Cara Membuat Dafttar Nama Dengan Menghilangkan Garis Dibawah Ms Excel

Membuat dokumen yang rapi dengan menggunakan tabel adalah salah satu cara terbaik untuk membuat penyusunan informasi menjadi lebih mudah dipahami dan diolah. Namun, tidak jarang kita mengalami masalah ketika memasukkan tabel dari Excel ke dalam dokumen Word, terutama ketika tabel memiliki banyak kolom. Tidak semua kolom dapat ditampilkan di dalam satu halaman di Word, sehingga seringkali kita harus memindahkan tabel ke halaman berikutnya atau memperkecil ukuran font dan margin dari dokumen.

Masalah Tabel pada Microsoft Word

Masalah ini terjadi karena Microsoft Word secara default menggunakan batas kolom yang berbeda dengan Microsoft Excel. Oleh karena itu, ketika kita memasukkan tabel dari Excel ke dalam dokumen Word, beberapa kolom tidak bisa menyesuaikan pada halaman yang sama seperti halaman Excel. Hal yang sama juga terjadi ketika kita memasukkan tabel dengan jumlah kolom yang sedikit, tetapi memiliki data teks yang panjang lebar.

Cara Mengatasi Tabel yang terlalu Panjang dan Lebar

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini, yaitu:

1. Menyesuaikan Lebar Kolom

Kita dapat menyesuaikan lebar dari masing-masing kolom pada Excel agar nantinya saat ditampilkan di Word, semua kolom akan dikompres menjadi sebuah halaman. Berikut caranya:

  1. Buka file Excel yang mau di-copy.
  2. Klik dan drag untuk menyeleksi seluruh tabel.
  3. Klik kanan dan pilih Format Cells.
  4. Pilih Alignment dan atur orientasi teks menjadi Landscape.
  5. Pada menu bar, klik Page Layout dan atur skala pada kolom lebar
  6. Klik OK.
Baca Juga :  Cara Membuat Regresi Linear Dengan Excel

Setelah semua kolom diatur sesuai dengan kebutuhan, selanjutnya kita bisa memasukkan tabel ke dalam file Word seperti biasa sehingga tabel akan ditampilkan secara utuh dan rapi.

2. Mengubah bentuk Tabel

Selain menyesuaikan lebar pada setiap kolom, kita juga dapat merubah bentuk tabel seperti mengubah mode landscape menjadi portrait atau merubah orientasi dokumen menjadi landscape untuk menampilkan tabel. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Copy tabel pada Excel yang ingin kita masukkan ke dalam dokumen Word.
  2. Tempatkan kursor pada bagian tempat kita ingin meletakkan tabel pada dokumen Word.
  3. Pilih Paste.
  4. Pilih Paste Special.
  5. Pilih Microsoft Excel Worksheet Object.
  6. Setelah tabel muncul, klik kanan pada tabel dan pilih Format Object.
  7. Pilih Layout pada bagian Properties.
  8. Pilih di antara ‘In Line with Text’ atau ‘Through’ untuk menentukan posisi tabel.
  9. Setelah memilih posisi, klik OK.

Mengubah bentuk tabel ini memungkinkan kita untuk menempatkan tabel dalam posisi yang kita inginkan sehingga dapat menampilkan tabel secara rapi dalam halaman dokumen.

Frequently Asked Questions

1. Apa yang harus saya lakukan jika ada kolom yang tidak muat di dalam satu halaman di Word?

Anda dapat mengecilkan margin dokumen atau menyesuaikan ukuran font untuk membuat seluruh tabel bisa muat di dalam satu halaman.

2. Bagaimana cara menambahkan tabel dari dokumen Word ke Excel?

Untuk menambahkan tabel dari dokumen Word ke Excel, Anda dapat melakukan copy-paste seperti biasa atau mengklik tombol “Insert Table” pada menu bar pada Excel dan masukkan data dari dokumen Word.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial yang bisa membantu Anda dalam menyelesaikan masalah tabel pada Microsoft Word: