Cara Menghitung Min Max Stock Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu software yang wajib dimiliki oleh sebagian besar pekerjaan, baik itu di bidang bisnis, akademik, maupun lainnya. Salah satu kelebihan dari Excel adalah kemampuan untuk menghitung data dengan cepat dan akurat. Namun, tidak semua orang mahir dalam menghitung data di Excel. Nah, dalam artikel ini, saya akan memberikan tips dan trik Cara Menghitung di Excel dengan mudah.

Menghitung Nilai Rata-Rata di Excel

Cara Menghitung Min Max Stock Excel

Menghitung nilai rata-rata di Excel bisa dilakukan dengan menggunakan rumus AVERAGE atau SUM. Tahapan-tahapan Cara Menghitung Rata-Rata di Excel adalah sebagai berikut:

  1. Buka Microsoft Excel, lalu masukkan data yang ingin dihitung nilai rata-ratanya di dalam sebuah kolom.
  2. Setelah itu, klik kolom kosong yang ada di samping tabel data yang telah Anda buat.
  3. Pada kotak “Formula”, ketik =AVERAGE dilanjutkan dengan mengetik nama kolom yang berisi data yang ingin dihitung rata-ratanya. Contohnya, =AVERAGE(C2:C10).
  4. Kemudian, tekan tombol enter.
  5. Data nilai rata-rata akan muncul pada kolom yang Anda pilih tadi.

Atau, Anda juga dapat menggunakan rumus SUM untuk menghitung rata-rata. Namun, cara ini membutuhkan langkah tambahan, yaitu membagi total jumlah data dengan jumlah data yang ada. Berikut adalah tahapan Cara Menghitung Rata-Rata dengan Rumus SUM:

  1. Masukkan data yang ingin dihitung rata-ratanya di dalam sebuah kolom seperti langkah pada Cara Menghitung dengan Rumus AVERAGE.
  2. Setelah itu pada kolom yang kosong pilih kotak “Formula”, ketik =SUM dilanjutkan dengan mengetik nama kolom yang berisi data yang ingin dihitung rata-ratanya. Contohnya, =SUM(C2:C10).
  3. Kemudian, tekan tombol enter.
  4. Untuk membagi jumlah data dengan jumlah data yang ada, tuliskan tanda “/” diikuti jumlah data pada akhir rumus. Contohnya, =SUM(C2:C10)/9 (karena jumlah data pada contoh ini adalah 9).
  5. Data nilai rata-rata akan muncul pada kolom yang Anda pilih.
Baca Juga :  Membuat Slicer Di Excel

Menghitung Karakter di Excel

Cara Menghitung Jumlah Karakter Di Excel

Menghitung karakter di Excel diperlukan ketika Anda ingin mengetahui jumlah karakter di dalam teks atau kalimat. Cara Melakukan Menghitung Karakter di Excel dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Microsoft Excel, lalu ketiklah teks atau kalimat yang ingin Anda hitung karakternya.
  2. Pada kolom kosong yang ada di sebelahnya, ketikkan formula LEN dengan mengikuti nama kolom yang berisi teks atau kalimat yang ingin dihitung jumlah karakternya. Contohnya, =LEN(A2).
  3. Kemudian, tekan tombol enter.
  4. Jumlah karakter pada teks atau kalimat akan muncul pada kolom yang Anda pilih tadi.

FAQ

1. Bagaimana Cara Menghitung Persentase Kumulatif di Excel?

Menghitung persentase kumulatif di Excel dilakukan dengan cara Memberikan Persentase Kumulatif pada Data. Berikut ini adalah tahapan Cara Menghitung Persentase Kumulatif di Excel:

  1. Ciptakan sebuah tabel menggunakan Microsoft Excel, lalu masukkan datanya.
  2. Setelah itu, tambahkan satu kolom untuk persentase kumulatifnya. Kolom ini letaknya di sebelah kanan kolom yang terdapat data.
  3. Pada kolom pertama, tuliskan =Jumlah[1] – Jumlah[n-1] 
(n adalah jumlah data) di kotak fomula pada cell C2. Fungsi rumus yang digunakan untuk mencari total data pada tabel.
  4. Kemudian, pada kolom persentase kumulatif, masukkan rumus akumulasi pada cell C3, yang berbentuk =C2+Jumlah[n]. Fungsi rumus ini adalah untuk menghitung jumlah persentase berutur dari setiap data pada tabel.

2. Apakah Ada Video Tutorial Untuk Cara Menghitung dengan Excel?

Tentu ada. Berikut ini adalah video tutorial Cara Menghitung di Excel:

Nah, itu dia tips dan trik Cara Menghitung di Excel yang mudah dan cepat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan lebih mahir dalam menghitung data di Excel dan dapat menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan perhitungan data dengan lebih akurat dan efisien. Selamat mencoba!

Baca Juga :  CARA AGAR KOLOMMS EXCEL BISA MEMILIH BEBERAPA DATA