Cara Menghitung Persentase Harga Di Excel

Menggunakan Microsoft Excel sebagai alat hitung sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari seperti menghitung peluang keberhasilan dalam bisnis atau mengatur anggaran keuangan dalam keluarga. Salah satu fitur yang paling sering dipakai dalam Excel adalah perhitungan persentase. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung persentase di Microsoft Excel.

Cara Menghitung Persentase dengan Mengalikan

Cara pertama untuk menghitung persentase di Excel adalah menggunakan fungsi mengalikan. Misalnya, jika Anda ingin menghitung 20% dari angka 200, maka Anda dapat mengalikan angka 200 dengan 0.2. Hasilnya adalah 40, yang merupakan 20% dari 200.

Cara Menghitung Persentase Harga Di Excel

Cara ini cukup mudah dan sering digunakan dalam perhitungan persentase di Excel. Namun, Anda perlu selalu memperhatikan bahwa nilai persentase yang dinyatakan dalam desimal, seperti 0.2 untuk 20%. Jika Anda ingin menghitung persentase dari suatu angka, pastikan bahwa angka tersebut sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan.

Cara Menghitung Persentase dengan Fungsi Percent (Persen)

Cara kedua adalah dengan menggunakan fungsi percent atau persen yang disediakan pada Microsoft Excel. Fungsi ini sangat mudah digunakan, karena Anda hanya perlu memasukkan nilai sebenarnya dan nilai persentase yang ingin ditemukan.

Langkah-langkah penggunaannya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih sel yang akan berisi jawaban perhitungan persentase.
  2. Ketikkan tanda sama dengan (=) dan ketik fungsi percent (persen) atau tuliskan formula ‘=angka*persen’ pada baris pertama.
  3. Setelah mengetikkan fungsi tersebut, masukkan nilai sebenarnya yang ingin Anda hitung dalam kurung.
  4. Ketikkan tanda koma (,) untuk memisahkan nilai sebenarnya dan persentase yang ingin ditemukan, lalu masukkan nilai persentase yang diinginkan dalam angka.
  5. Selesai, Anda akan mendapatkan nilai persentase yang diinginkan pada sel yang telah Anda pilih sebelumnya.
Baca Juga :  Cara Membuat Rentang Statistik Dari Nilai Pada Excell

Cara Menghitung Persentase Di Excel Dengan Fungsi Percent

Fungsi percent sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk menghitung persentase dari nilai apapun, termasuk pada kolom data pada lembar kerja, atau dalam perhitungan biaya atau angka terkait lainnya.

Cara Menghitung Persentase Penurunan dan Kenaikan

Cara ketiga adalah dengan menghitung persentase penurunan dan kenaikan. Ini sangat berguna untuk menghitung inflasi atau peningkatan gaji dalam bisnis atau organisasi.

Cara menghitung persentase penurunan dan kenaikan dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan data awal dan data akhir dalam lembar kerja Excel Anda.
  2. After that, hitung selisih antara data akhir dan awal, lalu bagi selisih yang dihasilkan dengan data awal.
  3. Terakhir, ubah hasil yang dihasilkan menjadi persen dengan mengalikan dengan 100.

Cara Menghitung Persentase Penurunan Dan Kenaikan Di Excel

Cara ini mudah dan efektif, karena Anda hanya perlu menggunakan satu rumus untuk menghitung persentase penurunan dan kenaikan

Cara Menghitung Persentase dalam Kolom Data

Cara keempat adalah dengan menghitung persentase dalam kolom data di lembar kerja Microsoft Excel. Misalnya, jika Anda memiliki data penjualan untuk beberapa bulan, maka Anda dapat menggunakan Excel untuk menghitung persentase pertumbuhan dari bulan ke bulan.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Menambahkan kolom baru pada lembar kerja Anda, dan beri judul kolomnya ‘persentase’ atau ‘pertumbuhan’.
  2. Masukkan rumus =((selanjutnya/saat ini)-1)*100 pada sel di bawah kolom judul, lalu tarik ke bawah sel-nya untuk mengisi kembali seluruh kolom dengan rumus tersebut.
  3. Jika diinginkan, tambahkan format persentase pada kolom data yang baru saja dibuat.

Cara Menghitung Persentase di Microsoft Excel 2010

Ini sangat berguna jika Anda ingin melihat tren pertumbuhan atau penurunan dalam data Anda. Namun, pastikan bahwa data yang Anda gunakan akurat dan valid.

FAQs

1. Apa yang Dimaksud dengan Persentase dalam Excel?

Persentase dalam Excel adalah nilai atau bagian dari angka yang dihitung dalam bentuk persen. Angka tersebut dapat dihitung berdasarkan persentase penurunan atau kenaikan, dan dapat digunakan untuk menghitung keuntungan, inflasi, atau pertumbuhan dalam bisnis atau organisasi.

Baca Juga :  Cara Membuat Tanda Terima Di Excel

2. Apa Bedanya Antara Fungsi Percent (Persen) dengan Mengalikan dalam Excel?

Perbedaan utama antara fungsi percent (persen) dengan mengalikan dalam Excel adalah cara penggunaannya. Fungsi percent (persen) memungkinkan pengguna untuk langsung memasukkan nilai sebenarnya dan nilai persentase yang ingin ditemukan, sementara mengalikan memerlukan penghitungan persentase secara manual dengan mengalikan angka dengan persentase yang diinginkan.

Dalam video tersebut, disampaikan tutorial cara menghitung persentase penurunan dan kenaikan di Microsoft Excel. Cara ini dapat membantu meningkatkan efisiensi bekerja dengan Excel, khususnya bagi mereka yang sering menggunakan data dengan angka dan persentase.