BAGAIMANA CARA MEMASUKKAN DAN MEMPERBAIKI DATA PADA MICROSOFT EXCEL

Cara Mudah Memperbaiki Data Ms Excel Yang Berantakan

Siapa yang belum pernah menemukan data Ms Excel yang berantakan? Tampaknya hampir semua pengguna Microsoft Excel pernah menemukan masalah ini. Contohnya, mengalami kesulitan dalam membaca data karena ada beberapa kolom yang berantakan, terutama ketika melakukan copy paste dari file Excel lama ke file Excel baru.

Namun jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan tips cara mudah memperbaiki data Ms Excel yang berantakan. Sebelum itu, mari cari tahu alasan kenapa data Ms Excel bisa berantakan.

Alasan Data Ms Excel Berantakan

Data Ms Excel bisa berantakan karena beberapa alasan, berikut beberapa diantaranya:

  • Kesalahan input data
  • Memformat tampilan data dengan salah
  • Menggunakan fitur autofit yang tidak sesuai
  • Menggunakan fitur merge yang tidak sesuai
  • Menggunakan fitur wrap text yang tidak sesuai

Anda pernah mengalami salah satu atau beberapa alasan diatas yang membuat data Ms Excel berantakan? Jika ya, maka Anda harus membaca artikel ini.

Cara Memperbaiki Data Ms Excel Yang Berantakan

Berikut beberapa tips untuk memperbaiki data Ms Excel yang berantakan:

1. Gunakan Fitur Autofit

Fitur Autofit bisa menjadi pengaturan format kolom yang penting disaat Anda mencoba untuk memperbaiki data berantakan di Ms Excel. Fitur ini akan otomatis memperbaiki ukuran kolom yang terlalu besar atau terlalu kecil sesuai dengan isi kolom.

Baca Juga :  CARA MENCOCOKAN DATA YANG SAMA DI EXCEL

Untuk menggunakan fitur Autofit di Ms Excel, Anda bisa melakukan langkah berikut:

  1. Highlight kolom atau sel yang ingin di Autofit
  2. Pada pojok kiri atas baris dan kolom, double klik, atau pada menu “Home”, “Cell”, lalu pilih “Format”.
  3. Pilih “Autofit Column Width”

2. Gunakan Fitur Merge & Center

Merge & Center adalah fitur penggabungan sel atau kolom. Fitur ini sering digunakan untuk membuat data lebih terlihat rapi dan rata dalam sebuah kolom dengan beberapa baris data di dalamnya. Namun, pemakaian berlebihan dari fitur ini sering dapat membuat data menjadi berantakan.

Untuk menggunakan fitur Merge & Center di Ms Excel, Anda bisa melakukan langkah berikut:

  1. Highlight kolom atau sel yang ingin digabung
  2. Pilih “Merge & Center” pada menu format lalu pilih “Center Across Selection”.

3. Gunakan Fitur Wrap Text

Wrap Text adalah fitur yang digunakan untuk memecahkan teks atau data yang terlalu panjang untuk ditampilkan dalam satu baris. Fitur ini sangat berguna dalam mendisplay data yang panjang menjadi lebih mudah dibaca. Namun, pemakaian fitur ini juga harus diperhatikan karena bisa membuat kolom menjadi berantakan.

Untuk menggunakan fitur Wrap Text di Ms Excel, Anda bisa melakukan langkah berikut:

  1. Highlight kolom atau sel yang ingin di Wrap
  2. Pada pojok kiri atas baris dan kolom, double klik, atau pada menu “Home”, “Alignment”, lalu pilih “Wrap Text”.

Cara Memasukkan dan Mengolah Data di Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah salah satu program yang digunakan untuk mengolah data. Namun, banyak pengguna yang masih merasa kesulitan dalam memasukkan dan mengolah data di program ini. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan memberikan cara memasukkan dan mengolah data di Microsoft Excel dengan mudah.

Baca Juga :  Cara Membuat Combo Box Di Excel Untuk Filter

1. Langkah-langkah Memasukkan Data di Microsoft Excel

Berikut adalah langkah-langkah untuk memasukkan data di Microsoft Excel:

  1. Buka Microsoft Excel
  2. Di baris pertama, tulislah nama kolom
  3. Dimulai dari baris kedua, masukkan data sesuai dengan kolomnya
  4. Simpan file

2. Langkah-langkah Mengolah Data di Microsoft Excel

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengolah data di Microsoft Excel:

  1. Buka file Microsoft Excel yang ingin diolah
  2. Highlight data atau sel yang ingin diolah
  3. Pilihlah perintah yang ingin dilakukan dari ribbon bar yang disediakan atau bisa juga menggunakan shortcut keys
  4. Setelah melakukan perintah, jangan lupa untuk menyimpan perubahan
  5. Data sudah berhasil diolah

Jenis Tipe Data Pada Microsoft Excel dan Cara Inputnya

Terdapat beberapa jenis tipe data pada Microsoft Excel. Tipe data ini penting untuk diperhatikan ketika kita memasukkan data kedalam Excel, karena setiap tipe data memiliki cara memasukkan input yang berbeda-beda.

Berikut ini adalah beberapa jenis tipe data pada Microsoft Excel dan cara memasukkan inputnya:

1. Text

Tipe data Text pada Microsoft Excel adalah tipe data yang digunakan untuk memasukkan data dengan tipe huruf atau simbol. Cara memasukkan input data dengan tipe ini adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah sel yang akan diisi dengan data Text
  2. Ketikkan data Text yang Anda inginkan pada sel tersebut
  3. Tekan tombol “Enter”

2. Number

Tipe data Number pada Microsoft Excel adalah tipe data yang digunakan untuk memasukkan data dengan tipe angka. Cara memasukkan input data dengan tipe ini adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah sel yang akan diisi dengan data Number
  2. Ketikkan data Number yang Anda inginkan pada sel tersebut
  3. Tekan tombol “Enter”

3. Date/Time

Tipe data Date/Time pada Microsoft Excel adalah tipe data yang digunakan untuk memasukkan data dengan tipe tanggal atau waktu. Cara memasukkan input data dengan tipe ini adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah sel yang akan diisi dengan data Date/Time
  2. Ketikkan data Date/Time yang Anda inginkan pada sel tersebut
  3. Tekan tombol “Enter”
Baca Juga :  Membuat Warna Huruf Otomatis Di Excel

4. Boolean

Tipe data Boolean pada Microsoft Excel adalah tipe data yang digunakan untuk memasukkan data dengan tipe Boolean atau nilai berupa true/false. Cara memasukkan input data dengan tipe ini adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah sel yang akan diisi dengan data Boolean
  2. Ketikkan data Boolean yang Anda inginkan pada sel tersebut
  3. Tekan tombol “Enter”

FAQ

Pertanyaan 1: Apa yang harus dilakukan ketika data Ms Excel menjadi corrupt?

Jawaban: Pertama, akan lebih baik jika selalu melakukan backup data, karena kasus kehilangan data dan rusaknya data sering terjadi. Namun, jika data Ms Excel sudah menjadi corrupt, bisa melakukan langkah berikut:

  1. Buka Ms Excel dan pilih “Open”
  2. Pilih file dan pilih “Open and Repair”
  3. Pilihlah “Repair” untuk memperbaiki file Ms Excel yang rusak
  4. Save file Ms Excel yang sudah diperbaiki

Pertanyaan 2: Bagaimana cara membuat grafik di Ms Excel?

Jawaban: Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat grafik di Ms Excel:

  1. Pilih sel data yang ingin di buat grafik
  2. Pilih “Insert”
  3. Pilih “Chart”
  4. Pilihlah tipe grafik yang ingin dibuat, misalnya bar chart atau line chart
  5. Customize grafik sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda
  6. Save file Ms Excel dengan grafik yang sudah dibuat

Video Tutorial Memperbaiki Dan Mengolah Data Pada Microsoft Excel

Berikut adalah video tutorial cara memperbaiki dan mengolah data pada Microsoft Excel:

Demikianlah penjelasan mengenai cara mudah memperbaiki data Ms Excel yang berantakan, cara memasukkan dan mengolah data di Microsoft Excel beserta jenis tipe data dan cara inputnya, FAQ, dan video tutorial. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini.