CARA MENCOCOKAN DATA YANG SAMA DI EXCEL

Cara Mudah Mencari dan Memfilter Data Duplikat di Excel

Jika Anda sering bekerja dengan spreadsheet atau tabel di Excel, Anda mungkin pernah mengalami kesulitan saat harus mencari data duplikat atau menghapus data duplikat tersebut. Sebenarnya, Excel menyediakan fitur untuk memudahkan Anda melakukan tugas tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mudah untuk mencari dan memfilter data duplikat di Excel.

Cara Mencari Data Duplikat di Excel

Langkah pertama untuk mencari data duplikat di Excel adalah dengan menentukan kolom yang ingin Anda periksa. Misalnya, jika Anda ingin mencari data duplikat dalam kolom A, maka klik kolom tersebut untuk memilih seluruh kolom.

Selanjutnya, klik tab “Home” dan pilih opsi “Conditional Formatting” di menu “Styles”. Kemudian, pilih opsi “Highlight Cells Rules” dan pilih “Duplicate Values”. Dalam opsi ini, Anda akan melihat beberapa pilihan untuk menampilkan nilai duplikat.

Jika Anda ingin menyoroti nilai duplikat, pilih opsi “Duplicate” dan klik OK. Nilai duplikat dalam kolom A akan ditandai dengan warna yang berbeda.

Anda juga bisa menggunakan opsi “Unique” untuk menyoroti nilai unik dalam kolom tersebut. Hal ini bisa berguna untuk memeriksa jumlah data yang unik versus duplikat.

Cara Memfilter Data Duplikat di Excel

Jika Anda ingin memfilter data duplikat di Excel, langkah-langkahnya sedikit berbeda. Pertama, tentukan kolom mana yang ingin Anda filter. Kemudian, klik tab “Data” dan pilih opsi “Remove Duplicates” di menu “Data Tools”. Excel akan memperlihatkan jendela yang mengizinkan Anda memilih kolom mana yang ingin difilter.

Pilih seluruh kolom yang ingin Anda periksa dan klik OK. Excel akan menghapus nilai duplikat pada kolom tersebut dan menampilkan hanya “nilai unik” yang tersedia.

Jika Anda ingin mempertahankan baris duplikat yang ditemukan, gunakan opsi “Keep Both” di jendela “Remove Duplication”. Ini akan menambahkan baris tambahan dengan nilai yang sama pada kolom tertentu.

FAQ

Pertanyaan 1: Apa yang harus saya lakukan jika saya menemukan data duplikat dalam beberapa kolom?

Jawaban: Untuk menemukan data duplikat pada beberapa kolom, Anda bisa menggunakan fitur “Conditional Formatting”. Pilih seluruh area yang ingin Anda periksa dan ikuti langkah-langkah yang sama untuk menjalankan “Highlight Cells Rules” dan menentukan nilai duplikat atau unik. Anda juga bisa menggunakan fitur “Remove Duplicates” untuk memfilter data duplikat pada beberapa kolom sekaligus.

Pertanyaan 2: Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak menemukan data duplikat dalam file Excel saya?

Jawaban: Jika Anda tidak menemukan data duplikat dalam file Excel Anda, itu berarti Anda tidak perlu melakukan tindakan apa pun. Anda bisa memanfaatkan fitur “Conditional Formatting” untuk menandai data duplikat atau data yang perlu diperhatikan. Anda juga bisa mengembangkan pemahaman Anda tentang data dalam file Excel tersebut dengan menggunakan fitur “PivotTable” atau menganalisis data secara visual dengan diagram dan grafik.

Video Tutorial: Cara Mudah Mencari dan Memfilter Data Duplikat di Excel

Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Jadwal Pengawas Tanpa Bentrok Di Excel