Anda pasti pernah menemukan dokumen atau surat yang meminta tanda tangan Anda, bukan? Tanda tangan adalah simbol dan bukti persetujuan atau kesepakatan atas sesuatu. Tanpa tanda tangan, suatu dokumen atau surat tidak bisa dianggap sah atau valid. Akan tetapi, bagaimana jika Anda perlu menambahkan tanda tangan dalam format digital? Apakah itu mungkin dilakukan?
Jawabannya adalah ya. Dalam era digital seperti sekarang ini, kita bisa menambahkan tanda tangan digital pada dokumen atau surat yang ingin kita kirim. Ada berbagai macam cara untuk melakukan hal ini, dan dalam artikel ini kita akan membahas cara menambahkan tanda tangan pada aplikasi lemari dokumen populer, yaitu Microsoft Excel.
Cara Menambahkan Tanda Tangan Zig Zag di Excel
Salah satu cara untuk menambahkan tanda tangan pada dokumen Excel adalah dengan menggunakan kolom tanda tangan zig-zag. Berikut adalah langkah-langkahnya:
- Pertama, buka dokumen Excel yang ingin Anda tambahkan tanda tangan.
- Kemudian, pilih Insert di menu atas.
- Pilih Shapes dan cari bentuk Wave atau bentuk lainnya yang serupa.
- Tarik bentuk tersebut dalam bentuk kolom zig-zag di area sel yang diinginkan.
- Kemudian, klik kanan di dalam bentuk tersebut dan pilih Format Shape.
- Pergi ke Shape Options tab dan atur tinggi, lebar, warna, dan transparansi bentuk sesuai dengan keperluan.
- Akhirnya, tambahkan teks dalam kolom zik-zag tersebut sesuai jenis dokumen atau isinya.
Dengan menggunakan metode ini, Anda bisa menambahkan tanda tangan dalam format digital tanpa harus repot-repot mencetak dokumen terlebih dahulu. Meski metode ini cukup efektif, tetapi bentuk tanda tangan zig-zag tersebut bisa ditebak dan karenanya kurang aman untuk dokumen penting.
Cara Menempel Scan Tanda Tangan di Excel
Cara lain untuk menambahkan tanda tangan pada dokumen Excel adalah dengan menempelkan tanda tangan hasil scan dari tanda tangan Anda sendiri. Ini lebih aman, dan tentu saja lebih personal. Berikut adalah langkah-langkahnya:
- Pertama, siapkan dokumen yang ingin Anda tambah tanda tangan. Pastikan dokumen tersebut sudah dalam bentuk Excel.
- Lakukan scan pada tanda tangan Anda sendiri. Gunakan scanner berkualitas untuk hasil yang tajam.
- Jika Anda sudah memiliki file hasil scan tanda tangan, simpan dalam format JPEG atau PNG.
- Buka dokumen Excel yang ingin Anda tambahkan tanda tangan. Pilih sel tempat Anda ingin menempelkan tanda tangan. Misalnya, jika Anda ingin menempelkan tanda tangan di sel B2, maka letakkan kursor Excel pada sel B2.
- Pilih menu Insert di bagian atas menu.
- Pilih Picture dan cari file hasil scan tanda tangan Anda.
- Tarik atau pilih area di Excel tempat di mana tanda tangan akan menempel.
- Jika Anda ingin mengubah ukuran tanda tangan, Anda bisa menyesuaikan dengan menggunakan handles atau kotak di pojok tanda tangan tersebut. Caranya adalah dengan klik tanda tangan dan pilih handles atau kotak di mana pun yang ada di jalur.
- Terakhir, simpan dokumen Excel tersebut agar tanda tangan akan tetap menempel pada sel yang sudah dipilih.
Melakukan cara ini tidak memerlukan software tambahan dan hanya memerlukan file hasil scan tanda tangan Anda. File hasil scan kemudian menempel pada dokumen Excel secara permanen dan bisa diubah ukuran jika diperlukan.
Frequently Asked Questions
1. Apakah menggunakan tanda tangan digital di Excel sah?
Ya, menggunakan tanda tangan digital di Excel sah. Meski masalah keamanan tetap menjadi perhatian, banyak negara di dunia telah mengakui kelebihan dan kesahihan dari penggunaan tanda tangan digital di dunia bisnis.
2. Apakah ada contoh dokumen yang cocok untuk tanda tangan digital?
Ya, ada beberapa dokumen yang cocok untuk tanda tangan digital:
- Kontrak atau perjanjian
- Pembayaran atau penawaran harga
- Surat pernyataan atau kesepakatan
- Formulir aplikasi atau pendaftaran
Dalam semua dokumen tersebut, penambahbaikan tanda tangan digital sangat dibutuhkan sebagai salah satu bentuk pengamanan dokumen itu sendiri.
Video Tutorial: Cara Menambahkan Tanda Tangan di Word dan Excel
Sekarang, Anda telah mengetahui cara menambahkan tanda tangan di Excel dengan dua metode yang berbeda. Anda dapat memilih salah satu cara yang paling cocok bagi Anda dan selalu ingat untuk menambahkan tanda tangan digital di dokumen penting yang Anda miliki.