Membuat Tampilan Excel Seperti Aplikasi

Excel adalah salah satu program pengolah data yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Dalam kegiatan sehari-hari, Excel dapat digunakan untuk membuat laporan keuangan, anggaran, dan masih banyak lagi. Namun, seringkali tampilan Excel terlihat monoton dan membosankan bagi penggunanya. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara untuk mempercantik tampilan Excel dengan membuatnya terlihat seperti aplikasi.

Cara Membuat Tampilan Excel Seperti Aplikasi

Salah satu cara untuk mempercantik tampilan Excel adalah dengan membuatnya terlihat seperti aplikasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat tampilan Excel seperti aplikasi:

  1. Langkah 1: Persiapkan lembar kerja Excel yang akan diberi tampilan seperti aplikasi. Pastikan lembar kerja tersebut sudah berisi data dan format terkait.
  2. Langkah 2: Buat menu navigasi. Buatlah tombol navigasi pada bagian atas lembar kerja Excel. Tombol tersebut berisi hyperlink yang akan membawa pengguna ke bagian-bagian tertentu dari lembar kerja Excel. Misalnya, tombol “Data” membawa pengguna ke bagian data pada lembar kerja, tombol “Grafik” membawa pengguna ke bagian grafik, dan sebagainya.
  3. Langkah 3: Buat halaman depan. Halaman depan berisi halaman pengantar yang memberi informasi sehingga pengguna tahu apa yang harus dilakukan di lembar kerja Excel. Halaman depan juga dapat berisi deskripsi singkat tentang bagaimana cara menggunakan lembar kerja Excel tersebut.
  4. Langkah 4: Buat latar belakang dan warna tema. Sesuaikan latar belakang dan warna tema lembar kerja Excel Anda sehingga sesuai dengan kebutuhan dan suasana hati Anda.
  5. Langkah 5: Atur ukuran dan posisi tombol navigasi. Ukuran tombol navigasi harus diatur agar mudah dilihat oleh pengguna dan posisinya harus disesuaikan dengan layout lembar kerja Excel.
  6. Langkah 6: Atur hyperlink pada tombol navigasi. Setelah tombol navigasi diatur dengan ukuran dan posisi yang tepat, selanjutnya atur hyperlink pada tombol navigasi tersebut agar pengguna dapat mengakses bagian-bagian tertentu pada lembar kerja Excel.
  7. Langkah 7: Atur font pada tombol navigasi. Agar tombol navigasi terlihat menarik dan mudah dibaca, perhatikan jenis, ukuran, dan warna font yang digunakan pada tombol navigasi.
  8. Langkah 8: Beri efek hover pada tombol navigasi. Efek hover memberi interaksi visual ketika pengguna mengarahkan kursor pada tombol navigasi. Efek hover dapat berupa perubahan warna, perbesaran ukuran tombol, penggelapan warna latar belakang, atau menampilkan pesan teks.
  9. Langkah 9: Pasang gambar dan logo. Tambahkan gambar dan logo pada lembar kerja Excel Anda untuk memberikan kesan visual yang menarik dan sesuai dengan tampilan aplikasi.
  10. Langkah 10: Selesai. Setelah semua langkah selesai, simpan lembar kerja Excel Anda dan coba bermain-main dengan navigasi yang telah dibuat.

Cara Mempercantik Tampilan Lembar Kerja Excel

Selain membuat tampilan Excel seperti aplikasi, terkadang kita juga ingin mempercantik tampilan lembar kerja Excel agar lebih menarik dan mudah dipahami. Berikut adalah cara mempercantik tampilan lembar kerja Excel:

  1. Gunakan warna yang kontras. Warna kontras dapat membantu melekatkan perhatian pengguna pada elemen yang penting pada lembar kerja Excel, seperti judul tabel, kolom, dan baris penting lainnya.
  2. Gunakan format khusus untuk memperjelas informasi. Misalnya, Anda dapat menggunakan format angka untuk menyoroti angka yang penting seperti jumlah total yang harus dibayarkan, atau format tanggal untuk menyoroti tanggal penting seperti tanggal jatuh tempo.
  3. Buat judul tabel dan grafik yang menarik. Judul yang menarik dapat meningkatkan minat pengguna untuk melihat tabel atau grafik yang diberikan. Cobalah untuk menggunakan font yang menarik, ukuran yang jelas, dan warna yang kontras agar judul terlihat menonjol.
  4. Buat grafik yang menarik. Grafik dapat memberikan gambaran visual tentang data dalam lembar kerja Excel. Pilih jenis grafik yang sesuai dan tambahkan elemen tambahan seperti legenda dan tanda titik untuk meningkatkan efektivitas grafik.
  5. Gunakan gambar untuk meningkatkan tampilan. Gambar dapat menambahkan keindahan dan rasa pada lembar kerja Excel. Anda dapat memasukkan foto atau gambar yang relevan dengan isi lembar kerja Excel tersebut untuk menarik perhatian pengguna.
  6. Buat sidebar atau sidebar vertikal yang berguna. Sidebar dapat digunakan untuk melihat konten atau informasi tambahan dalam lembar kerja Excel. Sidebar vertikal dapat membantu pengguna untuk memahami data dengan lebih jelas dan menyegarkan tampilan lembar kerja.
  7. Ketahui batasan yang ada pada tampilan lembar kerja Excel. Excel memiliki batasan dalam hal warna, tampilan, dan penggunaan grafik, dan hal ini dapat membatasi kreativitas Anda dalam mempercantik tampilan lembar kerja Excel.
Baca Juga :  Cara Menampilkan Sebagian Data Pada Excel Di Sheet Yang Berbeda

FAQ

Pertanyaan: Apakah ada fitur Excel yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan lembar kerja?

Jawaban: Ya, ada. Excel memiliki banyak fitur seperti Conditional Formatting, SmartArt, dan Charts yang dapat membantu Anda mempercantik tampilan lembar kerja. Anda dapat menggunakan fitur-fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pertanyaan: Bagaimana cara memasukkan video YouTube ke dalam lembar kerja Excel?

Jawaban: Untuk memasukkan video YouTube ke dalam lembar kerja Excel, Anda dapat menggunakan fitur Embed. Caranya adalah dengan menyalin dan menyisipkan kode HTML di dalam lembar kerja Excel Anda. Pastikan kode HTML yang Anda salin benar dan sesuai dengan video YouTube yang ingin Anda tampilkan di lembar kerja Excel.

Video Tutorial