Membuat Rekap Barang Secara Otomatis Dengan Excel

**Membuat Rekap Barang Secara Otomatis dengan Excel Menggunakan Rumus**

Pernahkah anda mengalami kesulitan dalam membuat rekap jumlah barang dengan menggunakan excel? Jika iya, berarti anda berkunjung ke halaman yang tepat. Menjadi suatu hal yang sangat umum dilakukan oleh para pebisnis atau pengusaha yang biasanya memiliki banyak barang, tetapi tidak efisien bila harus menghitung jumlah barang secara manual. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara membuat rekap barang dengan excel secara otomatis menggunakan rumus.

**Langkah-langkah Membuat Rekap Barang dengan Excel**

1. Siapkan data yang akan dihitung dan masukkan ke dalam excel. Pastikan data sudah terstruktur dengan rapi dan sesuai dengan peruntukannya.

2. Buatlah tabel yang terdiri dari beberapa kolom sesuai dengan data yang akan dihitung.

3. Beri nama setiap kolom di tabel agar mudah dalam mencari dan mengakses data yang akan dihitung.

4. Masukkan rumus yang sesuai untuk menghitung jumlah barang. Dalam hal ini, kita menggunakan rumus SUM agar dapat menghitung jumlah seluruh barang.

5. Gunakan fitur autofill pada excel untuk mempercepat proses pengisian rumus dalam sel tabel.

6. Jika terdapat jenis barang yang sama, anda dapat menggunakan fitur pivot untuk mengelompokkan barang tersebut secara otomatis, sehingga tidak perlu menghitung satu per satu.

7. Kemudian, untuk memperjelas data yang sudah dihasilkan, anda dapat membuat chart pada excel.

8. Terakhir, simpulkan hasil rekap barang dengan membuat kesimpulan singkat.

**Contoh Praktis Membuat Rekap Barang dengan Excel**

Misalnya, anda memiliki beberapa jenis barang yang ingin dihitung jumlahnya. Berikut contoh datanya:

| No | Nama Barang | Jumlah |
|—-|————|——–|
| 1 | Baju | 3 |
| 2 | Celana | 5 |
| 3 | Sepatu | 2 |
| 4 | Tas | 1 |
| 5 | Topi | 4 |

Setelah memasukkan data di excel, buat tabel dengan memberi nama kolom No, Nama Barang, dan Jumlah. Lalu, masukkan rumus SUM pada kolom Jumlah untuk menghitung jumlah seluruh barang. Hasilnya akan seperti berikut:

Baca Juga :  Cara Membuat Daftar Isian Tanggal Di Excel

| No | Nama Barang | Jumlah |
|—-|————|——–|
| 1 | Baju | 3 |
| 2 | Celana | 5 |
| 3 | Sepatu | 2 |
| 4 | Tas | 1 |
| 5 | Topi | 4 |
| | Total | 15 |

Dalam kasus ini, terdapat jenis barang yang sama yaitu baju dan celana. Oleh karena itu, untuk mempermudah perhitungan jumlahnya, kita dapat menggunakan fitur pivot pada excel. Caranya adalah dengan men-select data pada tabel, lalu klik pada menu insert dan pilih pivot table.

Setelah itu, pilih data yang akan diolah pada pivot table dan drag ke dalam area row dan values seperti pada gambar berikut:

![Pivot Table](http://ytimg.googleusercontent.com/vi/F6vOOArGLgc/0.jpg “Pivot Table”)

Setelah diolah, hasilnya akan seperti berikut:

![Pivot Table Result](https://lh6.googleusercontent.com/proxy/QNmu31JIJvSKFY0i0nGe2FS5819dNw4ncmS_cNS0ijpDLzWWXQkAd-et8Hjw7LtOwaXJmyoJ_PO1NHSfAPipwaYEutxeEBmkzoV9DdkNdUfeq06KHPYBpcJ7-scBMDxWnnGAzXsDwvMByEOqynGqyhzrphO_UkSlOtvObeoG7K7JRBLgnQ=s0-d “Pivot Table Result”)

Dari hasil pivot table, kita dapat melihat nilai subtotal untuk setiap jenis barang, sehingga tidak perlu menghitung satu per satu dan lebih efisien.

Selain itu, anda juga dapat membuat chart dengan grafik batang atau pie untuk memperjelas data yang sudah dihasilkan.

**FAQ**

### 1. Bagaimana cara membuat rumus pada excel?
Untuk membuat rumus pada excel, anda dapat menggunakan tanda sama dengan (=) diikuti dengan nama rumus yang ingin digunakan. Misalnya, untuk menghitung jumlah barang, kita dapat menggunakan rumus SUM.

### 2. Apa saja fitur yang dapat digunakan untuk mempercepat proses penghitungan pada excel?
Beberapa fitur yang dapat digunakan untuk mempercepat proses penghitungan pada excel antara lain autofill, pivot table, dan chart.

**Video Tutorial**

Untuk mempermudah dalam memahami cara membuat rekap barang dengan excel secara otomatis, berikut adalah video tutorial singkat yang dapat anda ikuti:

[youtube:F6vOOArGLgc]

**Kesimpulan**

Membuat rekap barang secara otomatis dengan menggunakan excel adalah hal yang sangat efisien dan tentunya akan mempermudah anda dalam menghitung jumlah barang. Dalam artikel ini, dijelaskan cara membuat rekap barang dengan excel secara otomatis menggunakan rumus dan beberapa fitur yang dapat digunakan untuk mempercepat proses penghitungan. Dengan memahami cara ini, anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam melakukan penghitungan jumlah barang dengan excel.

Baca Juga :  CARA COPY FILE MICROSOFT EXCEL KE WA