Membuat Form Tanda Tangan Di Excel

Jika Anda sering menggunakan Microsoft Excel untuk mengumpulkan data, Anda pasti telah mengalami situasi di mana Anda perlu menandatangani dokumen elektronik. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan tanda tangan digital. Namun, metode ini masih kurang populer di Indonesia dan belum banyak yang mengetahuinya. Oleh karena itu, kami akan membahas cara membuat tabel tanda tangan di Excel dengan cepat di artikel ini.

Tutorial Membuat Tabel Tanda Tangan di Excel

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat tabel tanda tangan di Excel:

  1. Buka Microsoft Excel dan buatlah sebuah tabel.
  2. Pilih cell di mana Anda ingin meletakkan tanda tangan Anda.
  3. Klik pada tab “Insert” di toolbar atas dan pilih “Picture.”
  4. Pilih gambar tanda tangan yang telah Anda scan atau buat sebelumnya.
  5. Klik pada opsi “Insert” di sebelah kanan bawah jendela dialog.
  6. Ubah ukuran gambar tanda tangan sebelum menambahkannya ke cell, agar sesuai dengan tampilan yang Anda inginkan.
  7. Buka dialog “Format Picture” dengan klik kanan pada gambar tanda tangan, dan pilih “Format Picture” di menu konteks.
  8. Setelah itu, klik pada submenu “Size & Properties” dan ubah ukuran gambar tanda tangan.
  9. Setelah Anda mengatur ukuran gambar, pindahkan gambar ke dalam cell yang Anda pilih pada awal tutorial. Kemudian, atur posisi gambar agar sesuai dengan kebutuhan.
  10. Terakhir, simpan file Excel Anda dengan mengklik pada opsi “Save” di toolbar atas Excel.

Sekarang Anda telah berhasil membuat tabel tanda tangan di Microsoft Excel. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara lain yang lebih mudah untuk menambahkan tanda tangan Anda ke dalam dokumen Excel? Caraan ini adalah dengan menggunakan fitur tanda tangan digital yang telah disediakan oleh Microsoft. Selanjutnya, kami akan membahas cara menempelkan scan tanda tangan di Excel.

Cara Menempelkan Scan Tanda Tangan di Excel

Berikut adalah langkah-langkah untuk menempelkan scan tanda tangan di Excel:

  1. Pindai tanda tangan Anda dan simpan hasil scan dalam format gambar seperti JPEG atau PNG.
  2. Buka dokumen Excel dan buatlah sebuah tabel.
  3. Pilih cell di mana Anda ingin meletakkan tanda tangan Anda.
  4. Klik pada tab “Insert” di toolbar atas dan pilih “Picture.”
  5. Pilih gambar tanda tangan yang sudah Anda scan sebelumnya.
  6. Klik pada tombol “Open” di jendela dialog “Insert Picture.”
  7. Anda dapat memindahkan gambar dengan menggesernya dengan mouse ke posisi yang diinginkan.
  8. Setelah tanda tangan Anda terletak pada cell, simpan file Excel Anda dengan mengklik pada opsi “Save” di toolbar atas Excel.

Secara umum, menggunakan tanda tangan digital jauh lebih efisien daripada menempelkan scan tanda tangan di Excel. Namun, jika Anda memerlukan cara yang mudah dan cepat untuk menambahkan tanda tangan Anda ke dalam dokumen Excel, menempelkan gambar tanda tangan di Excel bisa menjadi solusi sementara.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu tanda tangan digital?

Tanda tangan digital adalah metode otentikasi penggunaan dokumen elektronik dengan menggunakan “tandatangan” elektronik yang berbasis pada teknologi kriptografi publik dan privat. Tanda tangan digital memastikan bahwa dokumen yang ditandatangani tidak dapat diubah dan keasliannya dapat diverifikasi.

2. Apa perbedaan antara tanda tangan digital dan tanda tangan elektronik?

Tanda tangan digital menggunakan teknologi kriptografi untuk melindungi dokumen elektronik. Tanda tangan elektronik, di sisi lain, tidak menggunakan teknologi kriptografi dan hanya menyediakan “gambaran” tanda tangan pribadi Anda pada dokumen elektronik. Kedua metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga :  Cara Membulatkan Hasil Perhitungan Di Excel

Video Youtube: Cara Membuat Tanda Tangan di Word dan Excel

Video di atas menunjukkan cara mudah untuk menambahkan tanda tangan Anda ke dalam dokumen Excel atau Microsoft Word menggunakan fitur tanda tangan digital. Dalam video ini, Anda akan belajar cara membuat tanda tangan digital, menambahkannya ke dokumen, dan memastikan bahwa dokumen yang ditandatangani tidak dapat diubah oleh orang lain.

Dalam konteks bisnis, penggunaan tanda tangan digital menjadi semakin penting, khususnya selama pandemi COVID-19 ini. Dengan tanda tangan digital, dokumen dapat ditandatangani secara elektronik tanpa memerlukan tatap muka atau bertatap muka dengan orang lain. Hal ini tidak hanya mempercepat proses bisnis, tetapi juga memudahkan agar tetap dapat menjaga jarak sosial yang diberlakukan oleh pemerintah dan organisasi kesehatan selama pandemi ini.

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat tabel tanda tangan di Excel dan menempelkan scan tanda tangan. Jika Anda memiliki pertanyaan lain terkait penggunaan Microsoft Excel atau tanda tangan digital, jangan ragu untuk menghubungi kami.