Membuat Coretan Di Excel

Microsoft Excel memang merupakan salah satu aplikasi perkantoran yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Fitur yang tersedia pada aplikasi ini sangat beragam sehingga pengguna dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. Salah satu fitur yang cukup populer pada Microsoft Excel adalah coretan atau strikethrough. Pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat coretan pada teks di Excel dan beberapa tips lain yang mungkin bermanfaat untuk pekerjaan Anda.

Cara Membuat Coretan di Excel

Sebelum memulai cara membuat coretan di Excel, pastikan Anda sudah memasukkan teks yang ingin dicoret di sel Excel. Klik dua kali pada sel untuk memperlihatkan kursor dan teks yang berada di dalamnya. Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Klik tombol “Home” pada ribbon (baris menu di bagian atas aplikasi Excel).

2. Klik tombol “Strikethrough” pada grup “Font”. Tombol ini berupa garis horizontal yang melintang di tengah kotak.

3. Setelah itu, teks di sel Excel akan memiliki coretan di tengahnya.

Ternyata mudah sekali, bukan? Sekarang, mari kita coba membuat beberapa tips dan trik lain untuk mengoptimalkan penggunaan Excel.

Membuat Garis Coretan di Excel

Coretan pada teks tidak selalu digunakan untuk melambangkan sebuah kesalahan atau kesalahan terdahulu. Beberapa bagian teks di sel Excel mungkin perlu dicoret pada bagian akhir penggunaan sel tersebut. Anda mungkin pernah melihat bagian keterangan harga pada harga diskon yang sebelumnya. Tentu saja, menggunakan coretan pada area yang selesai digunakan bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas Anda dalam mengelola data pada Excel. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat garis coretan pada sel Excel:

1. Klik dua kali pada sel Excel yang ingin dicoret.

2. Klik tombol “Format Cells” pada grup “Cells” di ribbon.

3. Pilih tab “Font”.

4. Klik kotak centang “Strikethrough”.

5. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Sekarang, bagian teks pada sel Excel yang ingin diproses sudah dicoret menggunakan garis di tengahnya. Ini sangat mempermudah lihat dan membantu membedakan bagian teks yang sudah diproses dari bagian teks yang belum diproses.

Tip Menandai Kolom Kerja Excel untuk Mewarnai ke Kanan

Jika Anda bekerja dengan berbagai kolom di Excel, menandai kolom yang sedang diproses bisa membantu pekerjaan Anda menjadi lebih lancar dan efisien. Salah satu fitur yang bisa membantu Anda untuk menandai kolom yang sedang diproses adalah dengan mewarnai ke arah kanan. Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mewarnai kolom kerja Excel ke arah kanan adalah sebagai berikut:

1. Klik pada seleksi baris berwarna biru di sebelah kiri kolom kerja Excel.

2. Klik “Format Cells” pada ribbon.

3. Pilih tab “Alignment”.

4. Tandai checkbox “Move selection after enter”.

5. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Ketika Anda menggeser kursor ke kanan, kotak hitam mencerminkan pergeseran tersebut dan membantu Anda untuk mendefinisikan arah gerakannya. Ini sangat mempercepat pekerjaan Anda dan membuatnya menjadi lebih intuitif.

Tip Membuat Drop-Down List pada Excel

Saat mengelola data di Excel, Anda masih mungkin membutuhkan alat untuk mengelola pilihan dan memudahkan Anda mengelolanya dengan cepat. Salah satu metode yang bisa dilakukan dengan mudah adalah menggunakan drop-down list. Cara membuatnya cukup mudah dan jadi pertanyaan diantara penggunanya adalah :

1. Buatlah daftar untuk item-item yang ingin ditambahkan pada drop-down list.

2. Pilih selang atau kolom cell di Excel di mana Anda ingin meletakkan pilihan tersebut di drop-down.

3. Klik “Data Validation” pada ribbon.

4. Pilih tipe Pilih Daftar di bawah Data Validation Type.

Baca Juga :  Cara Membuat Split Cell Di Excel 2016

5. Pada kotak Formula, masukkan range sel untuk pilihan dan klik “OK”.

6. Sekarang, ketika Anda membuka kotak drop-down di sel Excel tersebut, daftar pilihannya akan muncul.

FAQ

1. Apa kegunaan coretan pada teks di Excel?

Coretan pada teks di Excel digunakan untuk menandai bagian teks yang salah atau tidak benar. Hal ini dapat membantu pengguna untuk lebih mudah mengedit teks pada sel Excel.

2. Bisakah saya membuat garis coretan di Excel?

Ya, Anda bisa membuat garis coretan di Excel. Caranya adalah dengan klik tombol “Format Cells” pada grup “Cells” di ribbon. Kemudian, pilih tab “Font” dan klik kotak centang “Strikethrough”. Setelah itu, teks pada sel Excel sudah memiliki garis coretan di tengahnya.

Dalam videonya berikut ini, Anda bisa melihat cara membuat coretan pada teks dan garis coretan di Excel dengan lebih jelas dan detail:

(Include video Youtube)

Sebagai kesimpulan, aplikasi Excel memang memiliki banyak fitur yang dapat membantu pekerjaan bisnis Anda menjadi lebih mudah dan efisien. Beberapa di antaranya adalah fungsi coretan pada teks, membuat garis coretan di Excel, menandai kolom kerja Excel untuk mewarnai ke arah kanan, dan membuat drop-down list pada Excel. Dengan menguasai berbagai fitur ini, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan Excel dan meningkatkan produktivitas kerja Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!