Membuat Aplikasi Excel Di Android

Apakah kamu sering menggunakan Microsoft Excel untuk bekerja dan memudahkan pekerjaanmu? Jika ya, maka tentunya kamu sudah sangat familiar dengan aplikasi ini. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas bagaimana cara menjalankan aplikasi Microsoft Excel dengan menggunakan fasilitas yang tersedia.

Membuat Aplikasi Excel Di AndroidCara Menjalankan Aplikasi Microsoft Excel Dengan Menggunakan Fasilitas

Sebelum kita mulai membahas cara menjalankan aplikasi Microsoft Excel dengan menggunakan fasilitas, alangkah baiknya kalau kita terlebih dahulu mengenal lebih jauh tentang aplikasi ini. Microsoft Excel adalah aplikasi lembar kerja yang sering digunakan untuk membuat tabel dan mengorganisir data dalam bentuk angka serta rumus. Tidak hanya itu, Microsoft Excel juga memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan pekerjaanmu seperti, Pivot Table, VLOOKUP, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk menggunakan fitur-fitur tersebut, kamu tentunya perlu lebih terbiasa dan melakukan banyak pengaturan pada perangkat lunak ini. Namun, dengan menggunakan fasilitas yang tersedia pada aplikasi Excel, kamu dapat mengatur tampilan antarmuka dan pengaturan lainnya tanpa harus menguasai setiap fitur yang tersedia dalam aplikasi ini. Berikut cara menjalankan aplikasi Microsoft Excel dengan menggunakan fasilitas:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel dan pilih file yang ingin kamu buka.
  2. Pada ribbon, klik pada tab ‘View’ untuk melihat opsi yang tersedia.
  3. Kamu akan melihat beberapa opsi di bawah tab ‘View’ seperti Normal, Page Layout, dan Custom Views. Pilih Custom Views.
  4. Setelah itu, klik pada tombol ‘Add’ untuk menambahkan tampilan kamu sebagai custom view.
  5. Isi nama pada ‘View Name’ yang kamu inginkan.
  6. Jika kamu memiliki beberapa pengaturan yang ingin disimpan, misalnya mengatur tampilan cetak atau filter, kamu dapat membuat custom view yang terpisah untuk setiap pengaturan.
  7. Setelah selesai, klik OK dan kamu akan melihat tampilan custom view kamu di bawah tab ‘View’ di Microsoft Excel.

Dengan cara ini, kamu dapat melihat tampilan yang sudah disimpan dan mengubahnya dengan mudah sesuai kebutuhan kamu saat bekerja dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Selain itu, dengan adanya fasilitas ini, kamu masih tetap dapat menggunakan aplikasi ini dengan fasilitas lainnya seperti biasa.

Aplikasi Penjualan Excel - Guru PaudAplikasi Penjualan Excel

Selain untuk mengatur tabel dan data dalam bentuk angka serta rumus, Microsoft Excel juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi sederhana untuk kepentingan bisnis atau pekerjaan. Salah satu contohnya adalah aplikasi penjualan Excel yang sering digunakan oleh banyak orang untuk memudahkan proses penjualan, khususnya bagi mereka yang berbisnis secara online.

Aplikasi penjualan Excel ini juga sangat berguna untuk guru PAUD dalam mengorganisir transaksi pembelian dan penjualan mainan di kelas. Pembuatan aplikasi penjualan Excel untuk guru PAUD ini sangatlah mudah dan efektif untuk memberikan pengalaman belajar kepada anak-anak.

Namun, sebelum membuat aplikasi penjualan Excel, kamu perlu menentukan beberapa hal terlebih dahulu seperti barang atau layanan yang akan dijual, harga, dan jumlah stok yang tersedia. Setelah itu, kamu dapat membuat formulir untuk menginput data dari konsumen dan menghitung total harga pembelian.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan fitur-fitur seperti diskon dan pajak, serta memberikan laporan penjualannya secara otomatis dengan menggunakan fitur Pivot Table yang sudah tersedia dalam Microsoft Excel.

Cara Buat Aplikasi di Excel 2022 - Cara1001Cara Buat Aplikasi di Excel 2022

Bagi kamu yang ingin mengembangkan aplikasi selanjutnya, kamu bisa mencoba untuk membuat aplikasi di Excel 2022. Berikut ini adalah cara membuat data Excel menjadi aplikasi android:

  1. Buka Microsoft Excel dan buat pengaturan data yang ingin kamu buat menjadi aplikasi android. Disarankan untuk menggunakan format standar (.xlsx) agar aplikasi dapat terbaca dengan baik oleh perangkat mobile.
  2. Pilih tab ‘File’ dan klik pada opsi ‘Export’ yang berada pada tab ‘Menu’.
  3. Kamu akan melihat beberapa opsi seperti ‘Create PDF/XPS’, ‘Publish as Web Page’, dan ‘Change File Type’. Pilih ‘Change File Type’.
  4. Pilih tipe file yang kamu inginkan. Pada opsi ‘Other Formats’, kamu bisa memilih tipe file ‘.csv’ atau ‘TSV’ untuk membuat aplikasi menjadi lebih ringan dan mudah dibaca oleh perangkat mobile.
  5. Setelah itu, klik OK dan beri nama pada file aplikasi kamu.
  6. Untuk mengonversi file Excel ke dalam aplikasi mobile, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti ‘Convert Excel to Android App’ atau ‘Convert Excel to APK’.
Baca Juga :  cara membuat menu search pada macro excel √ cara membuat menu dropdown list di excel (+gambar)

Dengan cara ini, kamu dapat membuat aplikasi mobile dengan menggunakan data Excel yang sudah kamu buat. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa fitur lainnya seperti tampilan, menu navigasi, dan pengaturan lainnya agar aplikasi menjadi lebih interaktif.

Aplikasi dan cara membuat tugas excel di android - Android MediaAplikasi dan Cara Membuat Tugas Excel di Android

Selain itu, kamu juga bisa membuat aplikasi Microsoft Excel dan menyelesaikan tugas atau proyek di perangkat Android kamu. Berikut cara membuat tugas Excel di Android:

  1. Install aplikasi Microsoft Excel di perangkat Android kamu.
  2. Buka aplikasi dan pilih file yang ingin kamu buka atau mulai dari awal dengan membuat lembar kerja baru.
  3. Sebelum mulai, kamu perlu memahami interface aplikasi Excel di perangkat Android kamu. Pada layout default, kamu akan melihat tombol akses cepat untuk menyimpan, membagikan, mencetak, dan mengunduh file yang sedang diakses.
  4. Setelah itu, kamu akan melihat baris dan kolom dengan sel berwarna biru yang menunjukkan sel yang sedang kamu fokuskan.
  5. Kamu dapat memasukkan data seperti biasa dengan mengetik pada sel yang kamu pilih.
  6. Jika kamu ingin menggunakan rumus, ketuk pada sel yang kamu pilih dan masukkan rumus yang ingin kamu gunakan.
  7. Setelah selesai, kamu bisa menyimpan atau membagikan file yang sudah kamu buat.

Dengan cara ini, kamu dapat menggunakan Microsoft Excel di perangkat Android kamu dengan mudah dan praktis. Selain itu, kamu juga bisa mengakses berbagai fitur dan pengaturan yang tersedia di aplikasi ini seperti biasa.

FAQ

1. Apa saja fitur yang tersedia pada Microsoft Excel?

Microsoft Excel memiliki banyak fitur untuk memudahkan pekerjaanmu seperti Pivot Table, VLOOKUP, dan AutoSum. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan filter dan grafik pada data yang sedang kamu kerjakan. Pada Excel 2022, kamu juga dapat mengembangkan aplikasi sederhana dengan menyimpan data di dalam Excel dan mengonversinya menjadi aplikasi mobile.

2. Apakah aplikasi Microsoft Excel tersedia untuk perangkat mobile?

Ya, Microsoft Excel tersedia untuk perangkat mobile seperti Android dan iOS. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengakses file Excel kamu dan menyelesaikan tugas atau proyek di mana saja dan kapan saja.

Video Tutorial Mengenai Cara Membuat Aplikasi dengan Excel 2022

Berikut video tutorial mengenai cara membuat aplikasi dengan Excel 2022. Video ini akan membantumu memahami proses pembuatan dan pengembangan aplikasi di Excel 2022 dengan lebih baik. Selamat mencoba!