CARA WRAP TEXT DI EXCEL

Wrap text adalah sebuah fitur dalam Microsoft Excel dan Google Sheet yang memungkinkan kita untuk menampilkan seluruh isi dari sebuah sel pada spreadsheet secara utuh, akan tetapi tidak memperlebar ukuran baris atau menganggap sel sebagai sel yang lebih lebar. Dengan menggunakan Wrap text, kita tidak perlu lagi memperbaharui lebar kolom menjadi lebih besar lagi, yang dapat melakukan penghematan waktu dan meningkatkan efisiensi kerja kita.

Wrap Text di Google Sheet

Cara melakukan Wrap text pada Google Sheet sangatlah mudah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih sel yang ingin kita lakukan Wrap text.
  2. Pilih opsi Format Cells pada menu bar.
  3. Klik Alignment dan selanjutnya Checklist pada Wrap.

Wrap Text di Microsoft Excel

Cara melakukan Wrap text pada Microsoft Excel juga sama mudahnya dengan Google Sheet, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih sel yang ingin kita lakukan Wrap text.
  2. Pilih opsi Format Cells pada menu bar.
  3. Klik Alignment dan selanjutnya Checklist pada Wrap Text.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT PERHITUNGAN OTOMATIS DI EXCEL

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa itu Wrap text?

Wrap text adalah sebuah fitur dalam Microsoft Excel dan Google Sheet yang memungkinkan kita untuk menampilkan seluruh isi dari sebuah sel pada spreadsheet secara utuh, akan tetapi tidak memperlebar ukuran baris atau menganggap sel sebagai sel yang lebih lebar.

2. Apa kegunaan dari Wrap text?

Wrap text memiliki banyak kegunaan, diantaranya:

  1. Melakukan tampilan usaha lebih estetik
  2. Tidak memerlukan kolom yang terlalu luas, pada dasarnya kita masih mengatur kolomnya tetap standar.
  3. Meningkatkan efisiensi dan kecepatan kerja.
  4. Menghindari mostingnya tampilan data pada spreadsheet,

Video Tutorial Wrap Text pada Microsoft Excel dan Google Sheet

Wrap Text pada Dokumen Microsoft Word

Terkadang ketika kita membuat sebuah dokumen pada Microsoft Word, kita menghadapi masalah dengan text wrap pada dokumen tersebut. Meskipun kita memilih untuk wrap text pada grafis misalnya, seluruh teks di dalam dokumen tetap tidak berubah dan tidak menampilkan teks dengan cara yang diinginkan.

Microsoft Word menyediakan cara lain untuk teknik wrap text, yaitu dengan menggunakan “Text Box”. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menggunakan “Text Box” pada Wrap Text:

  1. Buka dokumen Microsoft Word pada PC atau Laptop.
  2. Pada “Insert” Menu, pilih “Text Box”.
  3. Pilih Jenis Text Box yang diinginkan.
  4. Posisikan Text Box pada dokumen sesuai keinginan.
  5. Klik pada “Text Box” tersebut, dan ketikan teks yang diinginkan.
  6. Jika ingin merubah ukuran Text Box, caranya sebagai berikut:
  • Pilih “Text Box” tersebut.
  • Pilih Tab “Shape Format” pada Ribbon
  • Pilih “Size” yang disediakan

Gambar-gambar Tutorial Wrap Text

Wrap text dengan Google Sheet

CARA WRAP TEXT DI EXCEL

Wrap text pada Microsoft Excel

Tutorial Wrap Text pada Microsoft Excel

Wrap text pada dokumen Microsoft Word

Tutorial Wrap Text pada dokumen Microsoft Word

Wrap Text pada Google Sheet dengan Pokok Bahasan yang Lebih Spesifik

Kita dapat menggunakan Wrap Text pada Google Sheets dengan lebih spesifik, misalnya ketika kita ingin membuat sebuah Tabel Kontak, Kita ingin menampilkan E-mail dan Nama panjang (contoh: [email protected]) di mana biasanya sangat panjang dan akan melebar tidak sesuai dengan kolom yang sudah disiapkan. Dalam situasi seperti ini, kita dapat mengatur Column Width (lebar kolom) untuk saat menampilkannya, dan dalam membuat baris saat menulis formulanya pada Header secar separator, menggunakan “Wrap Text” untuk lebih mudah membaca cukup E-mail dengan comma (,).

Baca Juga :  CARA MEMBUKA FILE EXCEL BERPASSWORD

Gambar cara menggunakan Wrap Text pada Google Sheet dengan Pokok Bahasan yang Lebih Spesifik

Tutorial Wrap Text pada Google Sheet dengan Pokok Bahasan yang Lebih Spesifik

Menggunakan Wrap Text untuk Membuat Tabel Transaksi

Ketika kita membuat sebuah laporan atau pun tabel transaksi pada Google Sheet atau Microsoft Excel, ada saatnya kita mendapati sel dengan teks yang cukup panjang dan tidak muat ditampilkan pada satu baris saja, sehingga terkesan kurang rapih. Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat menggunakan Wrap Text agar sel selalu tampil rapi, mudah dibaca, dan tidak terkesan crowded.

Berikut adalah contoh penerapan Wrap Text pada sebuah Tabel Transaksi:

Menggunakan Wrap Text untuk Membuat Tabel Transaksi

Tampilan pada gambar diatas cukup rapi dan mudah dibaca, sel-sel pada tabel transaksi ditampilkan dengan wrap text dan teks tidak terkesan crowded.

Video FAQ Wrap Text pada Google Sheet dan Microsoft Excel

Kesimpulan

Dalam membuat sebuah spreadsheet, kita dapat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi kerja dengan menggunakan Wrap Text. Wrap text dapat membantu kita agar tampilan pada sel spreadsheet tetap rapih dan mudah dibaca, meskipun terdapat teks yang cukup panjang. Kita dapat menggunakan Wrap Text pada Google Sheet, Microsoft Excel, maupun pada dokumen Microsoft Word.

Kita juga dapat menggunakan Wrap Text pada dokumen yang lebih spesifik untuk mengatur baris dan kolom agar selalu rapih dan mudah dibaca di Google Sheet. Kita juga dapat menggunakan Wrap text untuk membuat sebuah tabel transaksi atau laporan pada Google Sheet atau Microsoft Excel.

Semua fitur pada spreadsheet merupakan fitur yang sangat bermanfaat bagi pekerjaan kantoran. Dan itu masih banyak menampilkan usaha yang lebih subur di bidang spreadsheet. Semua orang seharusnya belajar banyakmengenai kegunaan spreadsheet dalam pekerjaan kantor mereka, Apapun pekerjaan yang kita lakukan, sangat mungkin bahwa kita akan menggunakan spreadsheet beberapa kali – itulah mengapa mengetahui apa itu Wrap text sangatlah penting.

Baca Juga :  cara membuat matriks keputusan di excel Cara membuat bcg matrix dilengkapi studi kasus dan template excel