CARA VLOOKUP DATA EXCEL

Microsoft Excel adalah salah satu software yang popular bagi pengguna PC untuk mengelola data dan informasi. Dalam penggunakan Microsoft Excel, terdapat beberapa rumus yang dapat mempermudah pekerjaan dan pengelolaan data. Salah satu rumus tersebut adalah rumus VLOOKUP. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang penggunaan rumus VLOOKUP pada Microsoft Excel.

VLOOKUP: Apa itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Rumus VLOOKUP digunakan untuk mencari nilai tertentu dalam tabel dan mengembalikan nilai yang berada di kolom tertentu yang bersebelahan dengan nilai yang ditemukan. VLOOKUP adalah singkatan dari “Vertical Lookup” karena pencarian nilai dilakukan secara vertikal. Cara penggunaan rumus VLOOKUP adalah sebagai berikut:

Contoh Penggunaan Rumus VLOOKUP

Misalkan kita memiliki tabel data sebagai berikut:

Nama Usia No Telepon
Andi 20 0812345678
Budi 22 0823456789
Cindy 21 0834567890

Jika kita ingin mencari no telepon dari seseorang berdasarkan namanya, maka kita dapat menggunakan rumus VLOOKUP. Rumus ini dapat dituliskan pada suatu sel, misalnya sel D2, dengan sintaks sebagai berikut:

=VLOOKUP(B2, A2:C4, 3, FALSE)

Penjelasan dari sintaks tersebut adalah:

  • B2: nilai yang ingin kita cari
  • A2:C4: rentang kolom yang akan kita telusuri
  • 3: nomor kolom dari rentang A2:C4 yang ingin kita kembalikan nilainya (dalam hal ini kolom nomor telepon)
  • FALSE: mengindikasikan bahwa pencarian nilai harus tepat, bukan mencari nilai yang serupa
Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Terbilang Excel 2013

Dalam contoh di atas, jika nilai di sel B2 adalah “Andi”, maka rumus akan mengembalikan nilai “0812345678” yang berada pada kolom nomor telepon (kolom ke-3) yang bersebelahan dengan nilai yang dicari.

Menggunakan Variabel untuk Rentang dan Nomor Kolom

Salah satu tip dalam menggunakan rumus VLOOKUP adalah dengan menggunakan variabel untuk rentang dan nomor kolom. Hal ini dapat membantu memudahkan kita dalam memperbarui rumus ketika ada perubahan pada tabel data. Contohnya dapat dilihat pada sintaks di bawah ini:

=VLOOKUP(B2, data, kolom_telepon, FALSE)

Di mana “data” dan “kolom_telepon” dapat diartikan sebagai variabel yang mereferensikan rentang kolom dan nomor kolom yang ingin kita telusuri.

FAQs

1. Apa yang harus dilakukan jika nilai yang dicari tidak ditemukan?

Jika nilai yang dicari tidak ditemukan, maka rumus VLOOKUP akan mengembalikan nilai #N/A. Ada beberapa cara untuk menangani hal ini, salah satunya adalah dengan menggunakan fungsi IFERROR. Cara penggunaannya adalah dengan menuliskan rumus IFERROR di depan rumus VLOOKUP, seperti contoh berikut:

=IFERROR(VLOOKUP(B2, data, kolom_telepon, FALSE), “Data Tidak Ditemukan”)

Dalam contoh di atas, jika nilai yang dicari tidak ditemukan, maka rumus akan mengembalikan nilai “Data Tidak Ditemukan” sebagai gantinya.

2. Dapatkah rumus VLOOKUP digunakan jika rentang kolom yang ingin dicari nilai-nya berada di sebelah kanan dari nilai yang dicari?

Tidak, rumus VLOOKUP hanya dapat digunakan untuk mencari nilai yang berada di sebelah kiri dari nilai yang dicari (dalam hal ini, pencarian dilakukan secara vertikal). Jika kita ingin mencari nilai yang berada di sebelah kanan dari nilai yang dicari, maka kita dapat menggunakan rumus HLOOKUP. Rumus HLOOKUP serupa dengan rumus VLOOKUP, namun pencarian dilakukan secara horizontal.

Baca Juga :  Membuat Tombol Save Di Excel

Video Tutorial: Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP pada Microsoft Excel

Berikut adalah video tutorial tentang cara menggunakan rumus VLOOKUP pada Microsoft Excel:

Kesimpulan

Rumus VLOOKUP sangat berguna dalam penggunaan Microsoft Excel untuk mencari nilai tertentu dalam tabel dan mengembalikan nilai yang berada di kolom tertentu yang bersebelahan dengan nilai yang ditemukan. Penggunaan rumus VLOOKUP dapat memudahkan pekerjaan dan pengelolaan data, terutama jika kita terbiasa bekerja dengan jumlah data yang cukup besar. Dalam penggunaan rumus VLOOKUP, kita dapat menggunakan variabel untuk rentang dan nomor kolom untuk memudahkan pembaruan rumus. Selain itu, kita juga dapat menggunakan fungsi IFERROR untuk menangani kasus jika nilai yang dicari tidak ditemukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang penggunaan rumus VLOOKUP pada Microsoft Excel.