Excel adalah salah satu program spreadsheet yang banyak digunakan di dunia bisnis dan perusahaan. Dalam penggunaannya, Excel memiliki berbagai macam fitur yang secara tidak langsung membantu pengguna dalam menyusun data dan angka menjadi sedemikian rupa hasilnya mudah dimengerti. Dalam artikel ini akan dijelaskan cara membuat tabel di Excel perbandingan tahun, cara urutkan nomor di Excel dan cara membuat nomor di Excel.
Cara Membuat Tabel Di Excel Perbandingan Tahun
Tabel di Excel merupakan salah satu fitur yang sangat berguna dalam mengelola data atau informasi. Tabel sangat membantu dalam membuat data terlihat rapi dan terstruktur. Kali ini, kita akan membahas cara membuat tabel di Excel perbandingan tahun.
- Buka program Excel, kemudian klik pada tab Insert.
- Pilih Table pada bagian Tables.
- Pilih data yang ingin dibuatkan tabel.
- Klik OK.
- Pilih salah satu cell pada tabel lalu klik kanan dan pilih format cell.
- Pilih kategori Number, kemudian pada bagian Decimal Place pilih 0.
- Klik OK.
- Gunakan fitur VLOOKUP untuk membandingkan data.
Cara Urutkan Nomor Di Excel
Saat bekerja dengan Excel, seringkali kita perlu mengurutkan data atau nomor. Ada berbagai cara untuk mengurutkan data di Excel, namun cara yang umum digunakan adalah dengan menggunakan fitur sort. Berikut ini adalah cara mengurutkan nomor di Excel.
- Pilih data atau nomor yang ingin diurutkan.
- Di bagian home, klik pada Filter dan pilih Sort.
- Pilih kolom yang akan di urutkan.
- Pilih jenis pengurutan, apakah urutkan dari terbesar ke terkecil atau sebaliknya.
- Klik OK.
Cara Membuat Nomor Di Excel
Salah satu fitur di Excel yang sering digunakan adalah membuat nomor. Ada berbagai cara untuk membuat nomor di Excel, namun berikut ini adalah cara paling mudah dan cepat.
- Isi sel pertama dengan angka 1.
- Pada sel selanjutnya, isi rumus : =SUM(A1,1), lalu tekan Enter.
- Klik pada cell yang telah diisi dengan rumus.
- Di menu Home, pada bagian Number klik pada drop-down arrow dan pilih kategori Number.
- Tentukan jenis format dan jumlah angka desimal, kemudian klik OK.
- Akan muncul nomor sesuai urutan yang telah kita tentukan.
FAQ
Pertanyaan 1: Apa itu fitur VLOOKUP di Excel?
Jawaban: VLOOKUP adalah salah satu fitur di Excel yang digunakan untuk mencari nilai dalam tabel. Fitur ini sangat membantu saat kita perlu mencari nilai pada tabel besar dan kompleks.
Pertanyaan 2: Bagaimana cara menggunakan VLOOKUP di Excel?
Jawaban: Cara menggunakan VLOOKUP di Excel sangat mudah. Pertama-tama, harus kita tentukan range data yang akan dicari dan range data target. Kemudian, tentukan kolom yang akan ditampilkan. Setelah itu, masukkan rumus VLOOKUP pada sel yang kosong dan kita akan mendapatkan nilai yang dicari.
Video Youtube
Berikut ini adalah video tutorial Excel untuk membuat tabel perbandingan tahun:
Berikut ini adalah video tutorial Excel untuk membuat nomor:
Dengan memahami cara membuat tabel di Excel perbandingan tahun, cara urutkan nomor di Excel dan cara membuat nomor di Excel, diharapkan pengguna akan lebih mudah dalam melakukan pengolahan data menggunakan program Excel.