Cara Update Driver Laptop Windows 7

Jika kamu adalah seorang pengguna PC dan Laptop, maka kamu harus tahu bahwa update driver adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Update driver dilakukan agar perangkat kamu berjalan lebih baik, lebih aman dan lebih stabil. Ada beberapa cara untuk melakukan update driver, dan dalam artikel ini kita akan mempelajari cara update driver online.

Cara Mudah Update Driver Online

Cara pertama dan paling mudah adalah dengan menggunakan Windows Update. Windows Update adalah layanan online yang disediakan oleh Microsoft dan terintegrasi dengan sistem operasi Windows. Layanan ini memungkinkan kamu untuk mengunduh dan menginstal driver terbaru untuk perangkat keras kamu secara otomatis.

Step-by-Step Cara Update Driver Melalui Windows Update

Untuk memperbarui driver melalui Windows Update, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, klik tombol “Start” dan pilih “Settings” dari menu.
  • Setelah itu, pilih “Update & Security” dari menu Settings.
  • Pada halaman Update & Security, pilih “Windows Update” di bagian kiri.
  • Klik “Check for updates” dan Windows akan mencari pembaruan terbaru untuk sistem operasi dan driver perangkat keras kamu.
  • Jika ada pembaruan driver tersedia, Windows akan mengunduh dan menginstalnya secara otomatis.

Cara Manual Mengupdate Driver Online

Ada cara lain untuk melakukan update driver online, yaitu dengan mengunjungi situs web produsen perangkat keras yang kamu gunakan. Produsen biasanya menyediakan driver terbaru untuk produk mereka di situs web resmi mereka. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh dan memperbarui driver secara manual:

  • Langkah pertama adalah mengetahui merek dan model dari perangkat keras kamu.
  • Kunjungi situs web resmi produsen perangkat keras kamu.
  • Cari halaman “Support” atau “Downloads” di situs web produsen.
  • Cari model perangkat keras kamu di halaman Support atau Downloads.
  • Unduh driver terbaru untuk perangkat keras kamu.
  • Instal driver yang kamu unduh dengan mengikuti petunjuk instalasi.

FAQ

Q: Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak yakin merek dan model dari perangkat keras saya?

A: Klik kanan pada “Computer” atau “This PC” dan pilih “Properties”. Pada halaman System, informasi merek dan model perangkat keras kamu akan ditampilkan.

Q: Apa yang harus saya lakukan jika driver terbaru tidak tersedia untuk perangkat keras saya?

A: Jika driver terbaru tidak tersedia untuk perangkat keras kamu, kamu dapat mencoba mencari driver alternatif dari situs web pihak ketiga. Namun, kamu harus berhati-hati saat mengunduh driver dari situs web pihak ketiga, karena driver mungkin tidak terpercaya atau berisiko mengandung virus atau malware. Sebaiknya gunakan situs web resmi produsen perangkat keras kamu untuk menghindari risiko.

Tutorial Video

Kesimpulan

Jadi, update driver sangatlah penting untuk menjaga perangkat keras kamu agar berjalan lancar, aman dan stabil. Kamu bisa melakukan update driver melalui Windows Update atau situs web resmi produsen perangkat keras. Dengan mengikuti langkah-langkah atau tutorial yang telah dijabarkan di atas, kamu dapat memperbarui driver dengan mudah dan cepat. Ingat untuk selalu menggunakan sumber resmi untuk menghindari risiko dan menjaga keamanan perangkat kamu.

Baca Juga :  CARA MELIHAT APLIKASI STARTUP DI WINDOWS 7