CARA SPASI DI EXCEL

Excel merupakan salah satu program aplikasi kantor yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Berbagai fungsi dan fitur yang tersedia pada Excel mempermudah pengguna dalam mengatur data, membuat perhitungan, membuat chart, dan banyak lagi. Akan tetapi, terkadang dalam melakukan pengolahan data pada Excel, kita mengalami kendala karena adanya spasi yang tidak diinginkan. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan atau mengatur spasi pada Excel.

Cara Menghilangkan Spasi di Excel dengan Fungsi SUBSTITUTION

CARA SPASI DI EXCEL

Salah satu cara menghilangkan spasi pada Excel adalah dengan menggunakan fungsi SUBSTITUTION. Fungsi ini berfungsi untuk mengganti teks dengan teks lainnya pada sel yang kita tentukan. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Pilih sel tempat Anda ingin meletakan hasil penghilangan spasi.
  2. Ketikkan formula =SUBSTITUTE(A1,” “,””), dimana A1 adalah sel atau kolom yang memiliki spasi yang akan dihilangkan. Pada formula ini, ” ” yang diapit oleh tanda petik adalah spasi yang ingin dihilangkan dan diganti dengan teks kosong.
  3. Enter pada keyboard.
  4. Hasilnya, kolom atau sel pada Excel yang semula memiliki spasi sudah hilang.

Cara Menghilangkan Spasi di Excel dengan Fungsi TRIM

Cara Menghilangkan Spasi di Excel dengan Fungsi TRIM

Selain fungsi SUBSTITUTION, kita juga bisa menggunakan fungsi TRIM untuk menghilangkan spasi pada Excel. Fungsi TRIM berfungsi untuk menghilangkan spasi yang tidak diinginkan pada awal atau akhir teks pada sel pada Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Pilih sel tempat Anda ingin meletakan hasil penghilangan spasi.
  2. Ketikkan formula =TRIM(A1), dimana A1 adalah sel atau kolom yang memiliki spasi yang akan dihilangkan. Pada formula ini, fungsi TRIM akan menghilangkan spasi yang tidak diinginkan baik pada awal maupun akhir teks pada sel pada Excel.
  3. Enter pada keyboard.
  4. Hasilnya, kolom atau sel pada Excel yang semula memiliki spasi sudah hilang.
Baca Juga :  Cara Menghitung Rumus Usia Di Excel

FAQ Mengenai Cara Menghilangkan Spasi di Excel

1. Apa bedanya fungsi SUBSTITUTION dan fungsi TRIM dalam penghilangan spasi pada Excel?

Fungsi SUBSTITUTION dan fungsi TRIM memiliki perbedaan cara kerja dalam penghilangan spasi pada Excel. Fungsi SUBSTITUTION berfungsi untuk mengganti spasi pada suatu sel dengan teks kosong, sedangkan fungsi TRIM berfungsi untuk menghilangkan spasi yang tidak diinginkan baik pada awal maupun akhir teks pada sel pada Excel.

2. Apakah ada cara lain selain menggunakan fungsi SUBSTITUTION dan fungsi TRIM dalam penghilangan spasi pada Excel?

Ya, ada cara lain yang bisa dilakukan dalam penghilangan spasi pada Excel. Salah satunya adalah dengan menggunakan fungsi SUBSTITUTE. Fungsi SUBSTITUTE hampir sama dengan fungsi SUBSTITUTION, namun pada fungsi SUBSTITUTE kita bisa menentukan jumlah spasi yang ingin diganti dengan teks kosong. Selain itu, kita juga bisa menggunakan fitur Find and Replace pada Excel untuk menghilangkan spasi pada sel atau kolom dengan cara mengganti spasi dengan teks kosong.

Video Tutorial Cara Menghilangkan Spasi di Excel

Demikianlah beberapa cara menghilangkan dan mengatur spasi pada Excel. Dengan mengerti cara-cara di atas, kita bisa mengelola data pada Excel dengan lebih mudah dan teratur. Selamat mencoba!