Cara Setting Suara Rekam Komputer Windows 7

Apakah Anda sedang mencari cara merekam layar komputer dengan suara? Tenang, JalanTikus punya solusinya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tutorial lengkap tentang cara merekam layar komputer atau laptop dengan mudah tanpa perlu alat tambahan atau software yang mahal.

Cara Merekam Layar PC dan Laptop dengan Mudah

Sebelum memulai tutorial, pastikan bahwa komputer atau laptop Anda sudah memiliki driver yang terinstal dengan benar. Jika belum, silakan unduh driver terbaru di situs resmi produsen.

Langkah 1: Buka Aplikasi VLC Media Player

Pertama-tama, buka aplikasi VLC Media Player di komputer atau laptop Anda. Jika belum menginstal aplikasi ini, silakan unduh di situs resmi VLC.

Cara Setting Suara Rekam Komputer Windows 7

Langkah 2: Buka Menu Media

Setelah membuka aplikasi, pilih Menu Media dan pilih opsi Open Capture Device.

Langkah 3: Pilih Sumber Video

Pada jendela Capture Device, pilih opsi Desktop pada bagian Capture mode dan pilih opsi Default pada bagian Audio device name. Jika ingin merekam suara dari mikrofon, pilih opsi yang tersedia di bagian Audio device name.

Cara Setting Suara Di OBS Studio

Langkah 4: Mulai Merekam

Klik tombol Play untuk memulai merekam layar komputer atau laptop Anda. Selama proses merekam, Anda dapat menetapkan resolusi dan frame rate yang diinginkan pada bagian Setting -> Preferences -> Input/Codecs -> Record directory atau menggunakan pengaturan default.

Langkah 5: Stop Merekam

Jika sudah selesai merekam, klik tombol Stop pada aplikasi VLC Media Player. Video rekaman akan tersimpan secara otomatis di lokasi yang telah ditentukan atau di folder video default.

3 Cara Membedakan Windows 10 Asli dengan Bajakan Lengkap

FAQ

Q: Apakah saya bisa merekam suara dari YouTube atau program lainnya?

A: Ya, Anda dapat merekam audio dari layar komputer atau laptop menggunakan VLC Media Player. Pilih bagian Audio device name yang sesuai dan jalankan video atau program yang ingin direkam.

Q: Apakah saya perlu membeli software tambahan untuk merekam layar komputer?

A: Tidak perlu. VLC Media Player adalah aplikasi gratis dan open source yang dapat digunakan untuk merekam layar komputer atau laptop dengan mudah.

Video Tutorial Rekam Suara di Komputer

Berikut ini adalah video tutorial singkat tentang cara merekam suara di komputer dengan software bawaan Windows:

Kesimpulan

Nah, itulah cara merekam layar komputer atau laptop dengan suara menggunakan VLC Media Player. Tutorial ini mudah diikuti bahkan oleh pemula sekalipun. Anda tidak perlu membeli software tambahan atau alat tambahan mahal untuk merekam layar komputer. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga :  CARA INSTAL WINDOWS 8 DI LAPTOP ACER ES1-432